Berita

Bali Map Vector dan Letak Geografis Pulau Bali


Berdasarkan kondisi geografisnya, Bali terletak di salah satu kepulauan Sunda Kecil yang berada di sebelah timur Pulau Jawa. Dari segi ukuran, Pulau Bali bisa dikategorikan termasuk pulau yang sedang. Bali map vector peta Bali hanya memiliki panjang sekitar 153 km dan lebar 112 km.

Meskipun begitu, untuk sebuah pulau wisata, luasan tersebut bisa dikatakan sudah sangat luas ketika menampung semua wisatawan yang datang berkunjung.

Peta dan Koordinat Geografis Pulau Bali

Pulau Bali berada di titik koordinat 8⁰25’23’’ LS (Lintang Selatan) serta 115⁰14’55’’ BT (Bujur Timur).

Jarak dari Pulau Jawa sekitar 3,2 km di sebelah sisi timur. Sama seperti pulau yang lainnya di Indonesia, Bali ini juga termasuk pulau dengan iklim tropis yang memiliki dua musim yaitu musin kemarau dan musim penghujan dengan suhu normal berkisar di 24⁰-38⁰C. Musim kemarau biasanya berlangsung antara Maret hingga November, sedangkan musim penghujan jatuh pada Desember hingga Februari.

Dari sisi luas, Pulau Bali memiliki luas 5.780,06 km², atau sekitar 0,29% dari total wilayah Indonesia. Dengan ibukota nya adalah Denpasar, Bali telah dibagi menjadi beberapa daerah meliputi 9 kabupaten dengan 57 kecamatan.

Kompilasi Bali Map Vector dan Icon

Buat Anda yang ingin tahu lebih lengkap mengenai penampakan pulau Bali atau membutuhkan ilustrasi untuk desain promo, Anda dapat menggunakan gambar vektor pulau Bali berikut ini.

Lihat juga: Kumpulan Peta Indonesia Terlengkap [HD Version]

Bali Map Vector (Transparan)

vektor pulau Bali hijau transparan
vektor pulau Bali hijau transparan
Bali island blue vector transparent
vektor pulau Bali biru transparan
vektor pulau Bali hitam transparan
vektor pulau Bali hitam transparan

Icon made by Inipagistudio from www.flaticon.com

Data Administratif Pulau Bali

Secara administratif, Bali memiliki jumlah penduduk sebanyak 4.230.051 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk sekitar 732 jiwa/km².

Sensus Penduduk tahun 2007

Tingkat kepadatan ini masih dinilai normal dan sampai saat ini juga belum terjadi lonjakan jumlah penduduk. Provinsi Bali ini memiliki 57 titik kecamatan dan 9 kabupaten yaitu:

  • Kabupaten Badung
  • Kabupaten Bangli
  • Kabupaten Gianyar
  • Kabupaten Buleleng
  • Kabupaten Karangasem
  • Kabupaten Klungkung
  • Kabupaten Jembrana
  • Kabupaten Tabanan
  • Kota Denpasar

Pulau Bali yang terletak di pulau kecil di perairan Indonesia ini, juga mempunyai batas wilayah yang menjadi wilayah teritorial. Kebanyakan batas wilayahnya adalah pulau kecil dan juga perairan laut dan samudra.

Berdasarkan peta geografis, maka batas wilayah administratif Pulau Bali yaitu:

  • Sebelah Utara Pulau Bali ini berbatasan dengan Laut Bali.
  • Sebelah Selatan Pulau Bali memiliki batasan dengan perairan Samudra Hindia.
  • Sebelah Barat Pulau Bali mempunyai batasan dengan wilayah Pulau Jawa terutama Provinsi Jawa Timur dan Selat Bali.
  • Sebelah Timur Pulau Bali memiliki batasan dengan wilayah perairan Selat Lombok dan wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Peta Sebaran Lokasi Wisata di Bali

Dari peta geografis Bali map vector, dapat dilihat banyaknya wilayah Pulau Bali yang dijadikan sebagai tujuan wisata. Hampir seluruh wilayah di Bali merupakan tujuan wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Keberadaan lokasi wisata ini juga sebagai penyumbang devisa yang cukup besar untuk Indonesia dan banyak membantu perekonomian masyarakat Bali.

Bali memang memiliki pesona tersendiri untuk dikunjungi, baik dari kecantikan alamnya maupun dari kebudayaan yang dimilikinya. Budaya yang turun temurun dari para leluhur masih dijaga serta dilestarikan hingga saat ini.

Adat istiadat yang sakral juga menjadi pesona tersendiri untu menarik perhatian turis. Beberapa tempat yang sering dijadikan destinasi wisata di Bali antara lain:

  • Di utara, Anda bisa mengunjungi Ubud dan Kintamani.
  • Untuk wilayah timur dan wilayah selatan Pulau Bali, Anda dapat berkunjung menikmati pesona Pantai Sanur dan Jimbaran secara berurutan.
  • Beberapa pantai yang dapat Anda kunjungi untuk menikmati iklim tropis antara lain: Pantai Kuta, Pantau Lovina, dan Pantai padang-Padang
  • Beberapa objek wisata menarik lainnya seperti: Pura Tanah Lot, Danau Beratan Bedugul, Garuda Wisnu Kencana, Pura Besakih, Uluwatu, Kintamani, Tulamben, dan Munduk.
  • Wisata pendidikan dan area anak-anak bisa dikunjungi di Museum Tiga Dimensi, Kebun Binatang, tempat penangkaran kura-kura.

Setelah mengetahui informasi administratif dan geografis, setidaknya Anda sudah tahu batas wilayah Pulau Bali itu dimana saja, bagaimana iklimnya, serta kabupaten dan kecamatan yang termasuk di dalamnya.

Berita
Ini Isi Dari Klausul ISO 14001 Versi Terbaru Tahun 2015
Berita
Unbox.id: Situs Review Produk Kekinian di Indonesia
Berita
Podomoro Park: Peluang Investasi Properti bagi Milenial Bandung
There are currently no comments.