Berita

Barang Impor China Bebas Corona? [Cek Fakta]


Hingga saat ini barang impor masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, terutama barang impor China. Barang impor China terkenal dengan harganya yang murah dengan kualitas barang yang bagus. Adanya Covid-19, membuat orang lebih khawatir saat harus membeli barang dari China. Banyak masyarakat takut tertular virus melalui barang impor China.

Masih banyak beredar berita di masyarakat mengenai virus Corona yang dapat menular melalui barang impor. Jadi, apakah terdapat virus Corona dalam barang impor asal China? Sebelum percaya terhadap berita yang tersebar bebas, masyarakat perlu mencari info yang lebih jelas agar tidak termakan informasi yang salah dan dibuat-buat.

Benarkah Barang Impor China Bebas Corona?

Walaupun impor, namun biaya pengiriman dari China juga terbilang terjangkau sehingga peminatnya sangat banyak. Sejak awal tahun 2020 ini muncul virus Corona yang membuat masyarakat menjadi khawatir, termasuk dengan kemungkinan adanya virus pada barang impor asal China. Namun, hingga saat ini kejadian seperti itu tidak terjadi. Virus Corona bisa hidup di permukaan benda dalam beberapa jam atau hari saja, tergantung pada jenis benda tersebut.

Virus Corona memiliki kemungkinan yang kecil bisa bertahan pada permukaan barang yang telah melalui berbagai kondisi saat pengiriman dari China ke negara tujuan. Berdasarkan literatur yang ada mengenai virus Corona, virus ini baru bisa menyebar melalui droplet atau percikan air liur. Virus Corona juga akan mati dalam waktu 24 jam jika berada di luar tubuh manusia.

Wajar saja masyarakat merasa khawatir jika barang impor yang dibeli dapat terkena percikan droplet dari orang-orang di sepanjang perjalanan. Namun, sampai detik ini WHO belum mengeluarkan rilis mengenai adanya penularan virus melalui barang. Virus Corona dapat mati pada suhu sekitar 50 sampai 70 derajat celcius. Barang impor juga melalui proses pengiriman yang sangat panjang.

Perlu Anda ketahui, saat ini belum ada laporan mengenai kasus virus corona yang menular dari barang impor asal China. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir ketika mendapatkan barang impor China.

Hal yang Perlu Anda Lakukan Setelah Menerima Barang Impor

Walaupun berita mengenai penyebaran virus melalui barang impor tidak ada, Anda tetap harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan sebagai bentuk perlindungan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika membeli barang impor China ataupun dari luar lingkungan, yaitu:

1. Bersihkan barang menggunakan antiseptik

Setelah mendapatkan paket barang, Anda bisa menyemprotkan paket tersebut dengan larutan antiseptik atau alkohol. Jika Anda masih ragu, Anda juga bisa membersihkan barang isi paket tersebut dengan antiseptik. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat membersihkan dan lakukan di ruangan yang terbuka.

Saat ini, sudah banyak larutan antiseptik yang dijual di pasaran dengan harga yang normal. Anda dapat menggunakan larutan antiseptik untuk membersihkan barang dan tempat yang sering dipegang oleh orang lain.

2. Cuci tangan setelah menerima paket

Cuci tangan Anda setelah menerima paket agar kebersihan selalu terjaga. Cuci tangan di air yang mengalir menggunakan sabun secara menyeluruh ke sela-sela jari. Jika dalam keadaan mendesak, Anda bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% agar tangan tetap bersih.

Cuci tangan dilakukan minimal 20 detik secara menyeluruh agar setiap bagian tangan dapat dibersihkan dengan baik. Lebih baik Anda cuci tangan jika memungkinkan daripada menggunakan hand sanitizer.

3. Mencari informasi dari sumber terpercaya

Pandemi ini membuat orang lebih takut dan khawatir, sehingga ketika menerima informasi yang belum jelas masyarakat cenderung mudah panik. Oleh karena itu, saat Anda menerima berita dan informasi mengenai virus Corona dan kondisi terbaru, Anda harus tetap kritis.

Pilah informasi yang benar dan bermanfaat. Jangan sebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya. Jadilah masyarakat yang pintar dan kritis saat melalui masa pandemi ini.

4. Menerapkan langkah pencegahan dasar

Adanya pandemi ini membuat masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Lakukan langkah pencegahan dan perlindungan diri dasar agar meminimalisasi kemungkinan terkena virus. Selalu gunakan masker ketika menerima barang dan cuci tangan dengan benar agar kebersihan diri selalu terjaga.

Jika Anda takut menerima paket barang dari China, Anda bisa meminta pihak ekspedisi untuk menyimpan paket tanpa harus kontak langsung. Anda juga bisa menyimpannya di ruangan terbuka agar terkena panas matahari.

Agar lebih yakin dan tidak terlalu khawatir dengan kondisi saat ini, Anda harus selalu update berita setiap hari untuk mengikuti perkembangan mengenai Covid-19. Sebagai masyarakat yang bijak, jangan langsung percaya ketika mendapatkan berita. Anda perlu mencari informasi yang jelas dan bertanya pada orang yang mengerti jika diperlukan.

Jasa Import China – Eastexpress.co.id

PT. Mentari Timur Ekspedisi makes international shipments from East Asian Trisula (China, Taiwan, Singapore) safe & easy for everyone. Join and grow your business.

Contact: 0878 2660 0987 | cs@eastexpress.com

Berita
Cara Mudah Lapor Pajak secara Online
Berita
Panduan Download eSPT PPh Badan dan Cara Penggunannya
Berita
Syarat Perpanjang dan Pembuatan Paspor Baru
There are currently no comments.