Berita

Panduan Cara Bayar Zakat secara Online di Zakat.or.id


Bagi umat Islam, zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus ditunaikan baik oleh laki-laki dan perempuan. Hal tersebut karena zakat fitrah merupakan salah satu perintah Allah SWT. 

Seiring perkembangan zaman bersama dengan perkembangan dunia digital di mana segala hal dapat dilakukan secara online maka pembayaran zakat fitrah pun dapat dilakukan secara online melalui platform situs tertentu. Salah satu situs yang memberikan layanan pembayaran adalah situs Zakat.or.id.

Nah, bagaimana panduan bayar zakat secara online di situs zakat.or.id? Dan berapa takarannya? Kapan waktunya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, simak cara bayar zakat fitrah online berikut ini.

Syarat – syarat Membayar Zakat Fitrah

Sudah bukan rahasia lagi, zakat fitrah merupakan rukun Islam yang ke-4. Oleh karena itu, wajib bagi seluruh umat Islam yang merdeka baik laki-laki maupun perempuan. Dan syarat untuk membayar zakat adalah sebagai berikut:

  • Tentu saja syarat utama membayar zakat fitrah adalah beragama Islam dan bukan budak atau seorang individu yang merdeka.
  • Selain seorang muslim yang merdeka, syarat lain membayar zakat fitrah adalah belum meninggal dan masih bernyawa di antara bulan Ramadhan dan bulan Syawal. 
  • Memiliki harta yang lebih. Nah, jika Anda termasuk orang yang cukup dan berlebih dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari baik untuk kebutuhan diri Anda sendiri dan orang-orang yang termasuk dalam tanggungan Anda pada hari raya Idul Fitri dan di malam harinya maka Anda wajib membayar zakat fitrah.

Waktu yang Tepat Membayar Zakat Fitrah

Setelah Anda mengetahui syarat-syarat membayar zakat fitrah, tentunya Anda ingin tahu kapan waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah. Dan inilah waktu yang biasa digunakan untuk membayar zakat fitrah.

  • Anda harus membayar zakat fitrah dari awal bulan Ramadhan hingga akhir bulan Ramadhan. Nah, waktu ini termasuk waktu harus membayar zakat fitrah.
  • Zakat fitrah menjadi wajib hukumnya saat waktu telah menunjukkan matahari terbenam ketika hari sudah memasuki akhir bulan Ramadhan. Artinya Anda tidak boleh terlewat membayar zakat fitrah jika hari sudah masuk akhir bulan Ramadhan. Hal tersebut karena jika sudah melewati akhir bulan Ramadhan maka zakat fitrah yang telah Anda tunaikan dianggap tidak sah.
  • Waktu membayar zakat fitrah menjadi afdhal jika zakat ditunaikan setelah menjalankan salat subuh di hari akhir Ramadhan hingga waktu sebelum mengerjakan salat Idul Fitri.

Hukum Membayar Zakat di Hari Terakhir Ramadhan

Apabila Anda membayar zakat fitrah saat datangnya hari terakhir Ramadhan maka hukum waktu membayar zakat fitrah menjadi sebagai berikut.

  • Hukum zakat fitrah menjadi makruh, jika Anda membayar zakat fitrah saat melaksanakan salat Idul Fitri sampai dengan waktu memasuki sebelum matahari terbenam. Pembayaran zakat fitrah pada waktu tersebut dinamakan dengan waktu makruh.
  • Hukum zakat fitrah menjadi haram jika pembayaran zakat fitrah dilakukan setelah terbenamnya matahari hingga pada saat hari raya Idul Fitri.

Jenis dan Besaran Zakat Fitrah yang Harus Ditunaikan 

Di Indonesia jenis zakat fitrah dibagi menjadi dua, antara lain: pertama makanan pokok kita yaitu beras dan yang kedua dapat juga berzakat berupa uang. Adapun besaran zakat fitrah yang harus ditunaikan adalah sebagai berikut.

  • Jika Anda membayar zakat fitrah dalam bentuk makanan pokok yaitu beras, maka besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah sebesar 2,5 kg atau 3,5 liter beras.
  • Jika Anda membayar zakat fitrah dalam bentuk uang maka nominal uang yang harus Anda keluarkan sebesar harga 2,5 kg atau 3,5 liter beras.

Cara Membayar Zakat Fitrah Online di Situs zakat.or.id

Setelah Anda mengetahui besaran zakat fitrah yang harus Anda tunaikan, tentunya Anda ingin segera membayarnya nanti saat datangnya bulan Ramadhan. Anda dapat membayar zakat dengan menyalurkannya ke masjid di lingkungan Anda atau lembaga amil zakat.

Namun, saat ini ada platform zakat yaitu situs zakat.or.id untuk menyalurkan zakat Anda. Soal keamanan, situs tersebut aman dan mudah cara pembayaranya. Selain itu, situs ini dikelola oleh Dompet Dhuafa Indonesia yang sudah terkenal kiprahnya baik skala nasional maupun internasional.

Adapun cara membayar zakat fitrah online di situs zakat.or.id adalah sebagai berikut.

  1. Kunjungi Zakat.or.id

    Kunjungi alamat website https://zakat.or.id/ Dhompet Dhuafa. Kemudian pilih dan klik menu Bayar Zakat.

  2. Isi form portal donasi

    Setelah Anda klik menu Bayar Zakat akan ditampilkan formulir portal donasi, yang berisi sebagai berikut.

    Jenis donasi
    Pengkhususan donasi
    Keterangan donasi
    Jumlah dengan ketentuan minimal
    donasi Rp10.000,00.
    Profil Donatur berisi: Sapaan Anda Bapak/Ibu/Saudara, Nama Lengkap Anda, Email Anda, Nomor Telepon/HP Anda, Alamat Anda, Tipe donatur, Anda diminta memilih personal atau institusi, NPWP, Kota , Kodepos, Propinsi, Negara
    Pilihan metode pembayaran, antara lain: Melalui transfer bank dengan pilihan bank BCA, Bank Mandiri, BNI dan Bank Muamalat. Melalui online payment, seperti: CIMB Clicks, IB Muamalat, Kartu Kredit Master Card dan Visa serta OVO.

  3. Klik menu Donasi Sekarang

    Langkah terakhir setelah Anda mengisi formulir dengan lengkap dan benar sesuai dengan data diri Anda, yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah klik menu Donasi Sekarang.

Itulah cara membayar zakat fitrah secara online di situs Zakat.or.id. Namun, untuk saat ini pilihan pembayaran zakat fitrah belum tersedia. Hal tersebut karena zakat fitrah harus ditunaikan saat memasuki bulan Ramadhan hingga akhir bulan Ramadhan. Nah, jika Anda ingin membayar zakat lainnya, seperti zakat maal, zakat penghasilan dan fidyah, Anda dapat melakukannya saat ini. Semoga informasi ini bermanfaat.

Berita
[Panduan Lengkap] Sensus Penduduk Online 2020 di BPS.go.id
Berita
Sandiaga Uno, Inspirasi Pengusaha Sukses di Usia Muda
Berita
Airy Syariah, Hadirkan Nuansa Islami Saat Anda Menginap
There are currently no comments.