Pendidikan

Cara Cek NISN Terbaru di 2021 (Tips jika Site Maintenance)


NISN merupakan kode untuk mengenali identitas siswa secara nasional. Tiap-tiap kode pun mempunyai perbedaan satu dengan lainnya dan berlaku sampai akhir masa. Biasanya NISN dipakai untuk melakukan pendaftaran studi ke jenjang berikutnya.

Di samping itu, NISN juga dapat digunakan untuk mendapatkan bantuan dana sekolah, ujian hingga masuk ke universitas pilihan. Cara mengetahui NISN saat ini bukan persoalan yang sulit. Anda bisa melakukan pengecekan NISN terbaru di 2021 dengan metode yang gampang.

Cara Cek NISN Paling Update

Untuk mengetahui NISN yang dimiliki, Anda bisa melakukan tiga hal berikut. Pilihlah yang menurut Anda paling gampang dilakukan. Cara berikut di antaranya untuk melihat rincian NISN, cek NISN online maupun melalui aplikasi.

Terbaru: Cara Cek NISN untuk Pencairan PIP Kemdikbud 2021

Cara Mengecek NISN Online

Saat Anda belum mengetahui informasi tentang NISN, maka sebaiknya bisa mengeceknya melalui sistem online. Cara mengecek NISN online juga sangat mudah seperti berikut:

  • Bukalah halaman NISN milik Kemendikbud dengan menggunakan link http://nisn.data.kemdikbud.go.id.
  • Pada bagian sisi kiri layar, ketuk pilihan pencarian nama.
  • Tuliskan informasi yang diminta. Misalnya, nama lengkap siswa, tempat lahir hingga nama ibu kandung.
  • Lanjutkan dengan mengisikan informasi kode captcha untuk melakukan verifikasi.
  • Ketuk menu “Cari Data”.
  • Tunggu beberapa saat sampai layar memunculkan informasi yang Anda minta secara lengkap.

Cara Mengecek NISN berdasarkan Nama

Selain mengunjungi website Kemendikbud, Anda juga dapat mengecek NISN menggunakan nama lengkap siswa yang bersangkutan. Cara mengecek NISN memakai nama di antaranya seperti berikut.

  • Buka tautan berikut: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama
  • Setelah membuka halaman di atas, masukkan detail yang diminta
  • Masukkan nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu kandung
  • Masukkan kode captcha untuk memverifikasi bahwa Anda bukan robot
  • Masukkan informasi seputar data diri yang diperlukan guna mengisi Klik Cari Data dan tunggu hingga hasil pengecekan NISN tampil di layar Anda

Cara Alternatif Pengecekan NISN

Di awal tahun 2021, Kemdikbud melalui tim PDSPK (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan) sedang melakukan sistem perbaikan data secara keseluruhan. Oleh karenanya, tidak heran apabila saat ini, jika Anda ingin mengecek NISN secara online, sebagian besar situs hanya menampilkan pesan seperti di bawah ini:

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, kami sedang melakukan pemeliharaan rutin. Kami segera kembai secepatnya!

PDSPK

Solusinya, Anda hanya perlu menunggu hingga perbaikan yang dilakukan tim Kemdikbud ini selesai dengan cara mengecek halaman resmi NISN dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Diantara website dan url official pengecekan NISN dapat dilihat pada daftar di bawah ini:

Selain ketiga link diatas, keaslian informasi dan data yang ditampilkan belum tentu bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Salah satu yang harus dihindari diantaranya adalah pengecekan NISN lewat aplikasi Android seperti yang banyak tersedia di Play Store. Sejauh pengamatan tim kami, tidak ada aplikasi cek NISN resmi yang dibuat oleh pihak Kemdikbud. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mencari apalagi menginstall aplikasi cek NISN di smartphone Anda.

Situs Nisn Tidak Bisa Diakses
Situs Nisn Tidak Bisa Diakses

Jika NISN Tidak Ditemukan

Jika Anda sudah mencari informasi NISN menggunakan beragam cara tersebut dan tidak mendapatkan hasil, maka sepertinya ada persoalan yang perlu diatasi. Bisa jadi data atau informasi yang hendak ditampilkan belum sepenuhnya selesai diproses.

Di samping itu, bisa jadi juga bahwa ada ketidakcocokan data yang diberikan saat pengisian kolom permintaan. Untuk mengobati rasa penasaran Anda, sebaiknya bisa langsung menerapkan beberapa langkah mudah berikut. Kiranya bisa menjawab persoalan Anda dengan baik.

  1. Lakukan kunjungan ke pihak sekolah. Tanyakan saja sejauh mana proses input NISN yang telah dilakukan oleh pihak sekolah. Apabila masih berstatus dalam proses, Anda bisa coba menunggunya.
  2. Apabila pihak sekolah justru tidak tahu menahu soal NISN tersebut, maka Anda bisa segera datang ke SD atau MI tempat bersekolah dulu. Pada dasarnya sifat NISN adalah seumur hidup, maka jenjang sekolah tersebutlah yang mempunyai tanggung jawab terhadap informasi tersebut.
  3. Akan tetapi, jika kedua langkah tersebut masih belum memberikan hasil sebaiknya Anda bisa langsung menghubungi layanan CC Kemendikbud untuk mendapatkan solusi.

Sebagai salah satu warga negara Indonesia yang baik dan taat administrasi, maka sebaiknya Anda perlu melakukan cek informasi NISN. Bahkan Anda bisa mengeceknya secara online dengan menggunakan website resmi yang sudah kami sebutkan di atas. Cobalah dan temukan informasi NISN Anda sekarang.

Pendidikan
Ini 5 Website Belajar Online Gratis dari Pemerintah dan NGO
Pendidikan
Mengenal SMA Jepang Meitoku Gijuku Senior High School
Pendidikan
Definisi Perubahan Sosial dan Pengaruhnya
There are currently no comments.