Cara Mengatasi Karburator Mbandang dan Penyebabnya

2 min read

Foto Hi Res Karburator Motor

Motor yang sulit dihidupkan bisa terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya terjadi karena karburator mbandang atau sulit langsam. Lantas sebenarnya adakah penyebab karburator mbandang dan solusinya seperti apa?

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi karburator mbandang dan penyebab-penyebab pada umumnya. Berikut kami berikan khusus untuk Anda informasi selengkapnya!

Penyebab Karburator Mbandang dan Solusinya

Foto Hi Res Karburator Motor
Foto Hi Res Karburator Motor

Kebocoran di bagian intake manifold

Motor mbandang atau susah langsam bisa terjadi karena intake manifold atau komponen penghubung karburator dan lubang inlet yang mengalami kebocoran. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap rasio bahan bakar karena terdapat gas palsu yang masuk ke elemen ruang bakar.

Mengenai seperti apa cara mendeteksi kebocoran ini cukup gampang. Caranya dengan menyemprotkan cairan pembersih karburator menuju ke elemen sambungan intake ketika mesin motor dalam kondisi sedang dihidupkan.

Jika putaran mesinnya menurun, besar kemungkinan kondisi intake manifold motor akan mengalami kebocoran dan Anda harus sesegera mungkin melakukan perbaikan.

Kebocoran pada bagian kompresi

Biasanya paking head tidak menapak dengan baik sehingga posisinya terjepit atau bisa mengalami kerobekan. Lemnya bahkan bisa jadi sudah tak lagi merekat dengan kuat sehingga kebocoran akan jauh lebih mudah terjadi.

Bagian Bagian Karbu Motor
Bagian Bagian Karbu Motor (Foto: Autoexpose.org)

Jika kondisinya seperti ini, motor Anda bukan hanya susah langsam melainkan bisa jadi malah akan kehilangan tenaga. Oleh karena itu senantiasalah melakukan pengecekan apakah ada kebocoran kompresi pada motor atau tidak.

Lihat pula:  Ulasan dan Spesifikasi Lengkap Mobil New Suzuki SX4 S-Cross [+ Foto]

Mengganti knalpot standar dengan knalpot racing

Ganti knalpot menjadi salah satu penyebab karburator mbandang atau susah langsam? Ya, penggantian knalpot jadi penyebab karburator mbandang dan solusinya bagaimana?

Ada baiknya jika memang Anda sudah terlanjur mengganti knalpot motor standar dengan knalpot racing, Anda juga harus melakukan penyetelan ulang pada bagian karburatornya. Dalam penyetelan ulang karburatornya, jika Anda malas bolak – balik ke bengkel maka Anda bisa melakukan penggantian spuyer dengan ukuran yang lebih besar. Setelan udaranya juga perlu Anda atur sebagaimana mestinya.

Lihat pula: Perbedaan Injeksi dan Karburator

Lakukan pengecekan pada karburator vakum

Jika model vakum digunakan, maka karburator vakum ini bisa jadi salah satu aspek penyebab mengapa karburator motor Anda mbandang. Karburator vakum memang menjadi jenis karburator yang sangat irit bahan bakar.

Akan tetapi setelah tiga tahun, potensi langsam akan jadi lebih tinggi sehingga hal ini secara otomatis akan membuat konsumsi bahan bakar kendaraan malah bertambah. Hal ini terjadi karena vakum terlalu sering dipakai sehingga daya vakumnya mengalami penurunan dan skep motor pun tidak tertutup secara sempurna.

Jika saja per karbu banyak dijual di pasaran, maka masalah mbandangnya tidak akan terlalu rumit. Hanya saja kabar buruknya per karbu tidak dijual bebas di pasaran sehingga jika terjadi masalah akan rumit. Terlebih harganya pun mahal dan pembeliannya tidak bisa diecer melainkan harus satu paket.

Aliran bahan bakar tidak dalam kondisi yang lancar

Biasanya masalah yang satu ini terjadi karena terdapatnya penyumbatan baik oleh udara atau karena kotoran. Jika Anda mengalami masalah yang satu ini solusinya cukup sederhana. Anda hanya perlu melepas selang bahan bakar yang terhubung ke elemen karburatornya. Biarkan bahan bakarnya mengalir keluar sampai terlihat lancar dan tak ada lagi sumbatan sehingga masalah karburator pun teratasi.

Lihat pula:  Ini Harga, Keunikan dan Spesifikasi Vespa Sprint I-Get

Setelan yang tidak pas

Perbaikan Carburator
Perbaikan Carburator

Setelan tinggi namun pelampung bensin yang terlalu rendah juga berakibat terhadap pasokan bahan bakar yang kurang ideal. Jika masalah ini Anda alami, cara mengatasinya yaitu dengan memutar sekrup yang terdapat pada elemen karburator.

Untuk pengaturan gasnya, putar sekrup searah jarum jam. Sementara untuk mengatur udara, Anda bisa memutar searah jarum jam untuk membuat udara yang masuk jauh lebih sedikit atau bisa Anda putar ke arah yang berlawanan jika Anda ingin hasil yang sebaliknya.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa karburator mbandang dan solusinya. Jika Anda mengalami salah satu dari beberapa penyebab di atas, segera cari solusi untuk mengatasinya agar motor Anda memberikan kenyamanan selama Anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Karinov Wiki: Direktori UMKM Online