Produk Bisnis

Daftar Harga Hand Sanitizer di Pasaran [Terbaru 2020]


Merebaknya virus corona di berbagai wilayah di Indonesia membuat masyarakat berbondong-bondong membeli masker dan hand sanitizer. Tak ayal, fenomena ini menyebabkan keduanya mengalami kelangkaan di pasaran. Sayangnya, oknum tidak bertanggung jawab justru memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menjual masker serta hand sanitizer dengan harga selangit.

Beberapa pihak menawarkan hand sanitizer dengan harga tak wajar, bahkan hingga berkali-kali lipat dari harga normal. Lantas, berapa kisaran harga pembersih tangan yang beredar di pasaran saat ini?

Tabel Harga Hand Sanitizer Terbaru

Tercatat beberapa e-commerce yang menjual hand sanitizer mematok harga yang relatif lebih tinggi dari biasanya. Misalnya saja, hand sanitizer Antis berukuran 60ml yang biasanya dijual dengan kisaran harga 10 ribuan kini dijual dengan harga hingga 80 ribu rupiah. Begitu juga dengan hand sanitizer merek Dettol yang melesat hingga di angka 70 ribuan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa permintaan terhadap cairan pembersih tangan memang semakin meningkat. Meningkatnya permintaan berimbas pada kelangkaan barang serta naiknya harga barang tersebut. Bagi Anda yang ingin membeli hand sanitizer melalui ecommerce, ada baiknya untuk mengecek harga terlebih dahulu dan membandingkan antar marketplace satu dengan yang lainnya.

Inilah kisaran harga hand sanitizer terbaru dari berbagai merek yang tersedia di berbagai ecommerce di Indonesia. Harga mungkin saja bervariasi dengan yang Anda temukan karena pengaruh berbagai faktor.

Merek Hand SanitizerKisaran Harga
AntisRp 15.000 – Rp 80.000
DettolRp 15.000 – Rp 75.000
NuvoRp 25.000 – Rp 50.000
ScarlettRp 20.000 – Rp 52.000
C&C Anti BacterialRp 55.000
FC Clean Handrub FocustRp 95.000
NatureCareRp 10.000 – Rp 70.000
LifebuoyRp 42.000
Bio Air Aseptic Gel HandRp 75.000
Bambi BabyRp 79.000
Aseptic FrescoRp 58.000
PocBac BBWRp 65.000
Onemed Aseptic GelRp 45.000
Spray PrimoRp 35.000
HerboristRp 10.500

Cara Membuat Hand Sanitizer di Rumah

Kenaikan harga serta kelangkaan yang terjadi pada produk hand sanitizer memaksa masyarakat untuk memutar otak lebih keras. Beruntung, kini ada solusi praktis yang bisa Anda pilih untuk tetap terlindung dari virus corona tanpa merogoh kantong lebih dalam. Anda bisa membuat hand sanitizer rumahan.

Cara pembuatannya sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang bisa didapatkan di toko kimia terdekat.

Alat:

  • Gelas ukur 25 ml, 50 ml, dan 1000 ml
  • Becker Glass
  • Batang pengaduk
  • Botol

Bahan:

  • Gliserol 98%
  • Etanol 96%
  • Hidrogen peroksida 3%
  • Air steril

Cara pembuatan:

  1. Masukkan etanol 96% sebanyak 833 ml ke dalam gelas ukur 1000ml.
  2. Masukkan hidrogen peroksida sebanyak 41,7 ml.
  3. Tambahkan gliserol sebanyak 14,5ml.
  4. Masukkan air steril hingga campuran mencapai 1000ml. Aduk hingga merata.
  5. Pindahkan campuran yang telah diaduk ke dalam botol yang telah disiapkan.
  6. Diamkan dan simpan selama 3 hari atau 72 jam. Pastikan botol benar-benar bersih dan steril serta tidak ada kontaminasi bakteri di dalamnya.
  7. Hand sanitizer rumahan siap untuk digunakan.

Sangat mudah bukan? Anda bisa membuatnya dalam jumlah banyak. Pastikan bahan-bahan yang digunakan sesuai dengan takaran agar cairan pembersih tangan tersebut dapat bekerja secara efektif untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus.

Tidak bisa dipungkiri bahwa harga hand sanitizer mengalami kenaikan yang signifikan. Di berbagai marketplace, hand sanitizer dijual dengan harga beberapa kali lipat dibandingkan dengan harga normal. Solusinya, Anda bisa membuat hand sanitizer sendiri dengan mencampurkan etanol dan bahan-bahan lain. Selamat mencoba!

Produk Bisnis
Ini 8 Produk Herbal HPAI yang Populer di Pasaran
Pendidikan
Ulasan Lengkap Apa Itu Virus Corona (COVID-19)
Produk Bisnis
Perbedaan Kereta Api Kelas Ekonomi, Bisnis dan Eksekutif
There are currently no comments.