Akademik

Daftar IQ Tertinggi dan Tingkatan IQ Rata-Rata Manusia


Setiap manusia diberikan kecerdasan oleh Tuhan dengan kapasitas kecerdasan yang berbeda. Kecerdasan ini biasa disebut dengan IQ atau Intelligence Quotient.  Di dunia ini banyak orang memiliki IQ sangat tinggi dan bisa dikatakan orang tersebut sangatlah cerdas.

Sedangkan rata-rata IQ orang Indonesia sendiri adalah sebesar 84. Hal ini dapat dikatakan jika orang Indonesia masih memiliki kecerdasan di bawah rata-rata dunia. Anda mungkin penasaran siapakah orang yang memiliki IQ tertinggi di dunia. Berikut adalah daftar tingkatan IQ tertinggi dan IQ rata-rata manusia.

Manusia dengan IQ Tertinggi

1. Albert Einstein

Siapakah yang tidak mengenali Albert Einstein? Beliau adalah seorang ilmuwan berdarah Yahudi yang memiliki IQ kisaran 160-190.

Ilustrasi Albert Einstein Orang Tercerdas Di Dunia
Ilustrasi Albert Einstein Orang Tercerdas Di Dunia

Albert Einstein adalah satu dari beberapa ilmuwan yang paling dikenali oleh banyak kalangan. Hal ini dibuktikan dengan karya-karyanya yang terkenal dan berpengaruh terhadap filsafat ilmu fisika.

2. Stephen Hawking

Sama seperti halnya Albert Einstein, Stephen Hawking adalah seorang ilmuwan fisika teoritis, kosmologi, pengarang serta direktur peneliti Centre for Theoretical Cosmology di salah satu universitas ternama di Inggris yaitu Universitas Cambridge.

Stephen Hawking On Ny Times
Stephen Hawking On Ny Times

Ilmuwan ini memiliki IQ sebesar 160. Stephen Hawking sendiri berhasil menemukan beberapa penemuan serta teori yang berkaitan dengan kosmologi.

3. Judit Polgar

Judit Polgar digadang-gadang sebagai anak ajaib. Pasalnya beliau adalah seorang grandmaster catur Hongaria yang telah mendunia dengan IQ sebesar 170. Beliau dianggap sebagai pemain catur terbaik pada masanya.

Pada saat usianya 15 tahun beliau telah meraih gelar penghargaan dunia sebagai grandmaster catur dunia. Hal ini dapat dikatakan ia dapat menyaingi seorang ilmuwan.

4. Garry Kasparov

Pemain catur biasanya memiliki IQ yang lumayan tinggi. Hal itu karena permainan catur adalah permainan yang banyak menguras pikiran seorang manusia. Garry Kasparov adalah seorang grandmaster catur dunia yang belum pernah terkalahkan.

Sebelumnya ia pernah meraih nilai ELO tertinggi dengan nilai 2804, pada tahun 1991 ia juga sempat memiliki nilai ELO yang dapat dikatakan sempurna yaitu 2851. Garry Kasparov sendiri memiliki IQ sebesar 194.

5. Marilyn Vos Savant

Wanita berdarah Amerika yang lahir pada tanggal 11 Agustus 1946 ini tercatat memiliki kecerdasan yang paling tinggi dibandingkan orang ternama lain yang memiliki IQ tinggi.

Tercatat dalam Guinness Book of Records Marilyn Vos Savant yang memiliki kecerdasan atau IQ mencapai 228. Ini adalah pencapaian yang sangat tidak masuk akal, pasalnya wanita tersebut dapat melebihi IQ seorang ilmuwan yang sudah melakukan beberapa penemuan.

Pendidikan terakhir Marilyn Vos Savant sebagai mahasiswa di Universitas Washington di St. Louis.

IQ Rata-Rata Manusia

Tuhan telah memberikan kita kecerdasan yang cukup untuk menempuh dan mencapai pendidikan. Namun banyak di antaranya diberi kelebihan oleh Tuhan dengan kecerdasan yang tinggi, sebagai gambaran seorang manusia agar terus belajar.

Contoh Soal Logika Dalam Uji Iq
Contoh Soal Logika Dalam Uji IQ

Sebagian besar manusia di bumi umumnya dilahirkan dengan kecerdasan atau IQ standar. IQ rata-rata manusia berkisar 90-110, jika seseorang telah mencapai IQ 110 itu dapat dikatakan mempunyai IQ di atas rata-rata.

IQ Kategori Normal

Pada dasarnya manusia normal memiliki IQ rata-rata 80-119. IQ tersebut menjadi standar seseorang untuk melamar suatu pekerjaan.

Normal sendiri dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Below average atau dibawah normal, manusia yang memiliki IQ dibawah normal berkisar 80-89. Seseorang dengan IQ tersebut dikatakan normal tetapi tidak terburu-buru dalam proses memahami sesuatu.
  • Normal sedang, seseorang yang memiliki IQ 90-109 disebut normal sedang. Kebanyakan manusia berada pada tingkat normal ini. Karena mampu mengikuti kegiatan belajar dengan baik meski ada beberapa kesulitan.
  • Above average atau diatas normal, kemampuan manusia yang memiliki IQ 109-119 dikatakan diatas normal karena keinginan memahami lebih dari yang lainnya.

IQ Kategori Cerdas

Manusia yang cerdas biasanya memiliki IQ berkisar 120-129. Manusia yang memiliki kecerdasan itu lebih mengutamakan individu dalam pendidikan formal. Manusia seperti ini sering kali mendapatkan nilai terbaik di kelas.

IQ Sangat Cerdas

Kemampuan yang dimiliki manusia yang sangat cerdas seperti ini biasanya membaca, menulis, memahami pengetahuan serta ketangkasan lain yang lebih baik dari yang lain. Dikatakan sangat cerdas karena memiliki IQ yang berkisar 130-139.

Tetaplah mengasah kemampuan Anda untuk terus meningkatkan IQ yang Anda punya. IQ sendiri tidak selalu berada pada skor yang sama, bisa saja meningkat dengan berjalannya pertumbuhan atau Anda dapat mengaturnya melalui pola hidup serta mindset yang Anda jalani.

Dengan selalu memahami serta mempelajari hal-hal yang baru itu akan mempengaruhi kecerdasan otak Anda. Selalu berpikir abstrak juga dapat mempengaruhi IQ. Kebanyakan manusia meningkatkan kecerdasan otaknya melalui kesenian.

Beberapa daftar IQ tertinggi dan IQ rata-rata manusia di atas, bisa Anda jadikan referensi untuk tetap mengasah kemampuan dalam berpikir serta meningkatkan kecerdasan Anda.

Tutorial
Cara Cek Saldo dan Pencairan BPJS Ketenagakerjaan [2020]
Berita
Daftar Vaksin Rekomendasi Sebelum Menikah: Manfaat dan Jadwalnya
Akademik
Contoh Cover Laporan Praktikum Akademik Standar PTN [DOC]
There are currently no comments.