foto sandiaga salahudin uno

Foto Sandiaga saat menjabat wagub DKI Jakarta

Sandiaga Uno kini menjadi Calon Wakil Presiden yang mendampingi Calon Presiden Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden 2019 yang akan datang. Bisa dibilang, Sandiaga Salahuddin Uno merupakan nama yang tidak diduga-duga sebelumnya.

Sebelumnya Ia menjabat  wakil gubernur DKI Jakarta. Tak hanya itu saja, ternyata dirinya juga dikenal sebagai salah satu orang paling kaya di Indonesia. Berbagai bisnis Sandiaga Uno menjadi sumber penghasilan yang selama ini. Inilah 5 perusahaan milik sandiaga Salahudin Uno:

Saratoga Investama Sedaya

Sandiaga Salahuddin Uno mendirikan perusahaan ini bersama dengan Edwin Soeryadjaya di tahun 1998. Edwin sendiri adalah anak dari pemilik Astra internasional, William Soeryadjaya.  Saratoga Investama sedaya saat itu dibangun dengan tujuan dapat memberikan investasi di dalam bentuk dana segar ke beberapa perusahaan.

Apalagi ketika itu Saratoga muncul tepat di saat krisis moneter sedang melanda Indonesia. Saat itu banyak saham yang berguguran dan tak sedikit perusahaan pun memerlukan tambahan dana. Beberapa perusahaan pun sudah pernah diakuisisi, namun setelah itu sahamnya dijual kembali. Sebagai contohnya PT Dipasena Citra Darmaja, PT Astra Microtronics, dan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional atau BTPN.

Adaro Energy

Melalui Saratoga Investama, Sandiaga Uno pun mempunyai hak milik atas Adaro Energy di tahun 2001. Bisnis ini merupakan perusahaan tambang batu bara paling besar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh sebuah perusahaan yang berasal dari Spanyol di tahun 1982. Namun atas dasar konsorsium perusahaan Australia serta Indonesia perusahaan ini pun dapat dibeli sahamnya sebesar 80%

Tak hanya sandiaga Uno terdapat beberapa konglomerat Indonesia lainnya yang juga memegang kekuasaan di Adaro. Sebut saja Theodor Ahmad yang merupakan Bos Triputra Group, Benny Subianto Bos Persada Capital Investama, dan Garibaldi Thohir Bos Tri Nugraha Thohir.

Mitra Pinasthika Mustika

Mitra Pinasthika Mustika (MPM) juga merupakan usaha dari sandiaga Uno. Perusahaan ini sendiri didirikan oleh William soeryadjaya di tahun 1987. MPM memfokuskan sektor otomotif. Perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan seperti Federal Karya Utama perusahaan oli Federal, MPM Motor, Artha Finance, MPM Rent, MPM distributor, sampai dengan MPM Insurance.

Perusahaan milik Sandiaga Salahudin Uno ini berasal dari pemberian dana investasi. Grup bisnis yang satu ini memperoleh keuntungan yang sangat besar, bahkan di tahun 2013 Keuntungan bisnis ini mencapai 411 miliar rupiah hanya dalam 9 bulan saja.

Provident Agro

Sandiaga Uno pun menggarap bisnis di sektor perkebunan kelapa sawit. Provident Argo berdiri di tahun 2006 melalui investasi di Saratoga. Pada saat itu kepemilikan Saratoga pada perusahaan ini mencapai 50%, namun akhir-akhir ini berkurang menjadi 44,8%. Padahal perusahaan ini di tahun 2017 mendapatkan keuntungan yang sangat besar, sehingga hanya untuk dividen pemegang saham saja mencapai Rp 177,99 miliar. Jadi sudah bisa dibayangkan berapa pendapatan perusahaan ini?

Medco Power Indonesia

Perusahaan yang satu ini berada di sektor energi, Sandiaga Uno juga berinvestasi di Medco Power Indonesia. Perusahaan ini sendiri didirikan oleh Arifin Panigoro di tahun 1980. Kemudian melalui Saratoga, Thomas Andi membeli saham Medco di tahun 2012 yang bernilai Rp 1, 62 triliun. Dengan investasi yang sangat besar ini, Sandiaga sukses menguasai 50% saham Medco.

Itulah 5 perusahaan milik Sandiaga Salahudin Uno. Bisnis-bisnis yang mengagumkan ya? Pantas saja jika pria yang satu ini menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Meskipun saat ini jabatan strategis di perusahaan perusahaan tersebut sudah dilepas, nyatanya pengaruh Sandiaga masih sangat terasa. Hal itu terbukti dari harga saham perusahaan yang terangkat naik di saat Sandiaga mencalonkan diri menjadi calon wakil presiden. Itu saja baru calon, bagaimana kalau memang benar-benar jadi wakil presiden ya?

There are currently no comments.