Kehidupan masyarakat selalu diidentikkan dengan sebuah perubahan. Baik itu perubahan secara individu maupun dalam kehidupan sosial yang dijalaninya. Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sosial tersebut. Salah satunya adalah dengan semakin berkembangnya teknologi yang semakin maju, akan semakin mendorong pula para perubahan yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat, khususnya di Indonesia.

Untuk memahami lebih dalam apa itu definisi perubahan sosial dan beberapa contoh perubahan sosial yang dialami oleh masyarakat, berikut akan dibahas dalam pembahasan kali ini.

Definisi Perubahan Sosial Dalam Masyarakat

Perubahan sosial sering diartikan sebagai sebuah dinamika atau kejadian sosial dimana norma sosial, ciri-ciri sosial, sistem lapisan sosial, maupun kelompok-kelompok sosial yang mengalami perubahan dalam segala sisi kehidupan. Definisi perubahan sosial biasanya lebih mengacu kepada sebuah perubahan struktur maupun fungsi yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat.

Terjadinya perubahan sosial tersebut dapat dikarenakan dengan adanya berbagai akulturasi, asimilasi, maupun difusi yang mempengaruhi perubahan tersebut. Dengan sebuah proses bertemunya dua kebudayaan ataupun datangnya kebudayaan baru, dapat menjadi salah satu faktor penting terjadinya perubahan sosial. Seperti teknologi, kesenian, ilmu pengetahuan, dan hal lainnya.

Contoh Perubahan Sosial Pada Masyarakat Indonesia

Beberapa contoh nyata perubahan sosial yang terjadi masyarakat akan dibahas pada pembahasan kali ini. Perubahan sosial yang terjadi dapat dikategorikan ke dalam kelompok-kelompok perubahan sosial itu sendiri sesuai dengan dampak maupun pengaruh yang terjadi dalam perubahan sosial. Berikut contoh beberapa perubahan sosial yang pernah terjadi pada masyarakat Indonesia:

Contoh Perubahan Lambat

Perubahan sosial yang lambat diartikan sebagai perubahan yang membutuhkan suatu penyesuaian tertentu pada kehidupan masyarakat. Hal ini dikarenakan adanya suatu keinginan dari masyarakat untuk mengalami perubahan tersebut. Contohnya seperti proses modernisasi yang terdapat dalam sistem perbankan, transportasi, ataupun dalam hal spesialisasi sebuah pekerjaan.

Contoh Perubahan Cepat

Selain perubahan yang lambat, perubahan secara cepat juga dapat terjadi dalam kalangan masyarakat Indonesia. Rasa keingintahuan dan keinginan yang besar dapat mendorong terjadinya perubahan secara cepat tersebut. Misalnya saja seperti sebuah revolusi yang dicanangkan pemerintah sebagai program untuk melaksanakan sistem dan cara kerjanya.

Contoh Perubahan Kecil

Definisi perubahan sosial yang tidak memberikan dampak atau pengaruh secara langsung dapat diartikan sebagai perubahan kecil. Perubahan ini dapat terjadi pada sebuah unsur struktur sosial tertentu dalam masyarakat. Sebagai contoh, perubahan mode pakaian atau mode rumah, hal ini tidak akan memberikan pengaruh secara langsung dalam lembaga suatu masyarakat.

Contoh Perubahan Besar

Perubahan besar berarti suatu perubahan sosial yang membawa sebuah dampak atau pengaruh terhadap masyarakat maupun lembaganya. Hal ini akan berakibat dengan terjadinya suatu perubahan dalam struktur kemasyarakatan tertentu. Contoh perubahan besar yaitu perubahan masyarakat agraris menjadi masyarakat industrialis yang berdampak terhadap sistem kerja wilayah industri tertentu.

Contoh Perubahan Yang Direncanakan

Berbagai perubahan sosial yang dialami masyarakat, beberapa diantaranya ada yang direncanakan. Perubahan tersebut biasanya memiliki sebuah agen of change atau suatu agen perubahan. Sebagai contoh yaitu tokoh masyarakat ataupun komunitas mahasiswa yang dibentuk untuk membawa perubahan yang berfungsi untuk mempengaruhi masyarakat dengan rekayasa atau planning sosial.

Itulah informasi mengenai definisi perubahan sosial beserta beberapa contoh perubahannya. Perubahan sosial yang terjadi dalam lingkup masyarakat tentunya akan memiliki dampak positif maupun negatif. Asal kita bisa secara bijak menyikapi berbagai perubahan yang ada seperti kemajuan teknologi maupun modernisasi lainnya yang bermanfaat untuk kehidupan bermasyarakat.

There are currently no comments.