Untuk memasuki industri Pabrik Air minum AMDK, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha tersebut dalam membangun Bisnis pabrik air minum dalam kemasan, antara lain: Sumber bahan baku air, Lokasi pabrik, Pangsa pasar dan kebiasaan dari konsumen.

Sumber Bahan Baku Air Minum

Bahan baku air yang akan diolah merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan apakah pabrik air minum amdk yang dijalankan akan berhasil atau tidak. karena kondisi bahan baku air sumber akan mempengaruhi Rasa dari air hasil dan biaya produksi bisnis pabrik air minum dalam kemasan tersebut.

Saran kami, sebelum memulai usaha pabrik air minum amdk, alangkah lebih baik kalau terlebih dahulu dilakukan uji laboraturium air sumber tersebut, dan dipastikan mendapatkan sumber air yang baik kualitasnya. Sehingga Pabrik amdk dapat di bangun tanpa mengeluarkan investasi yang terlalu besar.

  • Rasa dari air akan semakin enak kalau air yang diolah sudah memiliki mutu bahan baku yang cukup baik
  • Semakin jelek kualitas dari bahan baku air yang akan digunakan, maka unit penyaringan yang akan digunakan akan semakin banyak, sehingga secara tidak langsung, biaya yang akan dikeluarkan untuk mengolah air yang kualitasnya jelek akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan pengolahan air yang kualitasnya lebih baik.

Lokasi pabrik air minum kemasan

Lokasi pabrik / perusahaan merupakan faktor kedua yang harus dipertimbangkan dalam membangun pabrik air kemasan amdk. Beberapa hal yang perlu diketahui oleh pengusaha Pabrik, antara lain:

  1. Semaksimal mungkin jarak sumber air baku dengan pabrik air kemasan amdk (proses pengolahan) berdekatan, karena lokasi sumber air yang jauh akan membuat kita sulit untuk menjaga atau memantau kualitas sumber air baku yang ada.
  2. Transportasi dari pabrik air minum amdk ke daerah pemasaran harus cukup dekat sehingga perusahaan dapat menekan biaya transportasi yang akan merupakan biaya tambahan produk bisnis pabrik air minum dalam kemasan.
  3. Semakin mudah jalur distribusi maka akan semakin baik, karena meminimalkan kerusakan kemasan pada produk

Pangsa pasar bisnis perusahaan air minum

Untuk mendukung agar pabrik amdk lebih cepat berkembang, maka diperlukannya analisa akan pangsa pasar yang akan di bidik oleh perusahaan. Untuk mendukung agar industri air kemasan yang dijalani perusahaan lebih cepat berkembang, maka diperlukannya analisa akan pangsa pasar yang akan di bidik oleh perusahaan.

Pangsa pasar terbagi 3, antara lain:

  1. Kelas Bawah,
  2. Kelas menengah dan
  3. kelas atas.

Dengan ditentukannya pangsa pasar, maka perusahaan akan dapat menentukan jenis produk yang akan ditawarkan kepada pangsa pasar tersebut dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti: harga, kemasan dan teknologi yang akan digunakannya.

Kebiasan dari konsumen

Faktor lain yang perlu diperhatikan, pada saat Pabrik AMDK hendak menentukan produk yang akan dibuat adalah dengan memperhatikan kebiasaan pada konsumen. Setiap teknologi yang diterapkan oleh perusahaan tersebut akan mempengaruhi rasa dari air minum yang diproduksi. Disini kepekaan dari perusahaan diperlukan untuk mempelajari kebiasaan dari konsumen tersebut, sehingga perusahaan amdk dapat dengan tepat sasaran memproduksi produk air minum kemasan amdk dengan tepat, sehingga produk tersebut dapat diterima oleh pangsa pasar.

Salah satu contoh: Saat ini banyak diterapkan teknologi RO dalam pengolahan air pada Pabrik AMDK. yang akan menghasilkan air yang kualitasnya hampir mendekati murni. Dan tidak semua pangsa pasar mempunya selera yang cocok dengan rasa air reverse osmosis yang cenderung murni.

Contoh alat reverse osmosis
Contoh alat reverse osmosis

Tetapi tidak semua kalangan masyarakat terbiasa untuk meminum air hasil pengolahan air RO tersebut, meskipun dari segi kualitas, RO saat ini adalah sistem penyaringan paling baik. oleh karena itu diperlukannya sosialiasi dan edukasi bagi masyarakat terutama pembeli kaitannya dengan faktor kebiasaan konsumen.

Strategi Marketing/Pemasaran

Tenaga penjualan merupakan ujung tombak perusahaan. Tanpa strategi marketing yang baik, perusahaan tidak akan dapat berjalan dengan baik. Banyak cara yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam melakukan pemasaran, antara lain: Brosur, Multi level marketing, Iklan, Bonus, promo maupun hadiah kepada distributor.

Pada awal pemasaran, kami sarankan si pelaku usaha terlebih dahulu membidik segmen tertentu atau daerah pemasaran tertentu dengan alasan supaya lebih fokus. Dengan mempelajari peluang peluang maupun hambatan yang ada, maka perusahaan dapat menerapkan beberapa kebijakan yang berkaitan dengan pangsa pasar yang dimasuki.

Pada beberapa daerah, strategi marketing dapat berbeda, karena setiap daerah memiliki karakter dan budaya masyarakat yang berbeda pula. Oleh karena itu, pengusaha pabrik amdk perlu strategi yang matang sebelum memasuki daerah tertentu.

There are currently no comments.