Produk Bisnis

Fungsi Elco Atau Kapasitor Elektrolit [Ulasan Lengkap]

Sebelum kita membahas tentang peranan dan fungsi elco, kita akan membahas dulu apa itu elco? Elco atau kapasitor elektrolit...

· 1 min read >
fungsi elco atau kapasitor elektrolit

Sebelum kita membahas tentang peranan dan fungsi elco, kita akan membahas dulu apa itu elco? Elco atau kapasitor elektrolit juga disebut sebagai kondensator. Kapasitor elektrolit ini merupakan suatu komponen yang memiliki dua kaki yaitu kaki bersimbol negatif dan kaki bersimbol positif.

Fungsi elco juga disebut sebagai penyimpan arus listrik yang searah dc. Rangkaian tersebut biasanya digunakan didalam rangkaian apa saja semisal di bagian power supply regulator dan rangkaian yang lainnya. Lantas apa fungsi elco itu sendiri?

Fungsi Elco Atau Kapasitor Elektrolit

Fungsi elco didalam suatu rangkaian elektronika yaitu digunakan untuk mengetahui berapa nilai kapasitas sebuah elco didalam satuan uf (mikro farad). Fungsi tersebut seringkali disebut sebagai kapasitor polar.

Didalam kapasitor polar, terdapat dua buah kutub yang berlainan di setiap kakinya sehingga didalam pemasangan komponen ini tidak bisa terbalik atau salah didalam pemasangannya. Jika mengalami kesalahan maka akan berakibat fatal pada keseluruhan komponen sistem dari kondensitor.

Kapasitor elco sendiri terbagi ke dalam dua tipe. Dua tipe tersebut yaitu kapasitor polar dan kapasitor bipolar atau non polar. Pembagian tersebut didasarkan pada suatu polaritas yaitu kutub positif dan kutub negatif dimana masing – masing dari kapasitor sangat berperan sendiri – sendiri.

Komponen elco dapat berpotensi terhadap berbagai macam potensi kerusakan. Jadi jika seandainya kerusakan tidak diketahui atau elco mengalami letusan akibat kerusakan yang tidak diketahui, untuk melakukan pengetesan bisa dengan menggunakan avometer.

Bagaimana cara penggunaan atau cara pemakaian avometer?

Cara pemakaian avometer yaitu dengan cara menghubungkan kabel avo ke kaki elco. Jika elco dalam kondisi normal, maka jarum di bagian avometer akan menunjuk ke atas. Kemudian secara perlahan akan turun sampai di titik 0.

Sementara jika komponen elco mengalami kerusakan, maka jarum yang terdapat di bagian avometer tidak akan turun dan akan tetap naik ke arah atas. Kapasitor elektrolit tersebut juga sering disebut sebagai fungsi elco.

Hal tersebut dikarenakan  kapasitor tersebut memiliki sebanyak dua buah kaki. Kaki – kakinya ditandai dengan kaki panjang (positif) dan kaki pendek (negatif). Mengenai nilai kapasitas dari kapasitor ini adalah 47 uf (mikro farad) sampai beberapa ribu mikro farad yang memiliki voltase kerja dari beberapa volt sampai beberapa ribu volt.

Tidak hanya kapasitor elektrolit yang memiliki polaritas di bagian kakinya. Terdapat juga kapasitor yang berpolaritas yaitu kapasitor solid tantalum. Secara umum, kerusakan yang sering ditemukan adalah di bagian dalam.

Penggunaan elco sangat beragam. Setiap orang yang memanfaatkan elco harus tahu seberapa besar potensi kerusakan, bagaimana penggunaannya juga agar potensi kerusakan yang memungkinkan tidak terjadi.

Terlebih fungsi dari elco pada suatu kapasitor elektrolit atau sebuah kondensator elektrolit bersifat kering atau kapasitasnya yang berubah – ubah. Jika memang terjadi konsleting listrik dan kemudian meledak dikarenakan terjadinya kesalahan didalam pemasangan tegangan positif dan tegangan yang bersifat negatif.

Nah, jika kemudian batas maksimal voltase yang dilampaui juga dapat mengakibatkan suatu ledakan maka setiap elco memiliki tegangan kerja yang berbeda – beda. Secara umum batas maksimal dari suatu tegangan yang memang diperbolehkan untuk suatu elco akan tertulis di bagian badannya.

Nah, tegangan kerja pada elco sendiri bisa dinyatakan didalam satuan volt. Perhitungan yang tepat dengan satuan volt dalam menghitung suatu  kapasitor harus multak benar agar semuanya bisa lebih presisi.

Demikian penjelasan lengkap tentang fungsi elco atau kapasitor elektrolit yang perlu Anda tahu. Intinya bahwa semua perhitungan harus dalam nilai yang paten.

Written by Editorial Staff
Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *