Bisnis

Fungsi dan Tujuan Pemasaran bagi Bisnis Anda

Pemasaran adalah kegiatan dan proses menciptakan, menghubungkan, menyampaikan, mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi Pelanggan atau klien. Menurut salah satu...

· 1 min read >
panduan strategi pemasaran

Pemasaran adalah kegiatan dan proses menciptakan, menghubungkan, menyampaikan, mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi Pelanggan atau klien. Menurut salah satu ahli,  pengertian dari pemasaran adalah aktivitas manusia yang diarahkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan dari proses pertukaran (Philip Kotler). Adapun tujuan dan fungsi pemasaran dalam bisnis adalah sebagai berikut:

Tujuan Pemasaran Dalam Bisnis

Tujuan pemasaran antara lain adalah mengetahui dan mengartikan pelanggan sedemikian rupa sehingga produk tersebut dapat terjual dengan sendirinya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan diulas beberapa tujuan dan fungsi pemasaran dalam bisnis. 

1. Memahami Pasar Dan Konsumen

Tujuan utama yang harus dicapai adalah memiliki pemahaman mengenai pasar dan konsumen yang menjadi target pasar. Selain itu perlunya memahami peta persaingan, kebutuhan, selera dan keinginan pasar serta memahami kondisi dari pasar termasuk daya beli.

2. Membentuk Produk Sesuai Dengan Pasar

Tujuan yang kedua ini adalah hasil kesinambungan dari tujuan pemasaran yang di atas, yaitu memahami pasar. Dari pemahaman pasar inilah, pemasaran dapat membantu perusahaan pada bagian perancangan produk dan bagian produksi untuk menghasilkan produk sesuai hasil riset.

3. Membangun Popularitas Produk

Promosi dalam bisnis bertujuan untuk mendorong produk untuk terkenal dan populer di pasar. Jika produk tersebut sudah populer maka akan dengan sendirinya akan mendorong pasar untuk tergerak membelinya. Salah satu cara klasik mendongkrak popularitas yaitu memasang iklan.

4. Mencapai Citra Yang Ingin Dibentuk

Salah satu tujuan pemasaran lainnya adalah pencitraan. Contohnya,  produk kecantikan wajah harus mencitrakan kecantikan. Pencitraan dapat dibentuk menggunakan tokoh idola sebagai Brand Image. Selain itu, dapat pula mengadakan propaganda melalui event,iklan maupun konten.

5.Penjualan/Menciptakan Pembelian

Penjualan merupakan target utama dari tujuan pemasaran. Setiap bagian dari tim pemasaran bergerak bersama untuk meningkatkan tingkat penjualan. Pada umumnya, perusahaan akan menentukan target penjualan dan total permintaan yang diharapkan. Target target inilah yang kemudian menjadi  rujukan dalam pencapaian bagian pemasaran setiap tahun.

6. Kepuasan Konsumen

Tingginya tingkat penjualan yang terjadi hanya akan menjadi keuntungan sesaat jika tidak terjadi kepuasan pelanggan. Untuk setiap penjualan diharapkan ada feedback yang bisa jadi nilai lebih dari penjualan. Pencapaian tertinggi dari sebuah pemasaran adalah ketika konsumen merasa puas dan menjadi setia terhadap produk perusahaan.

Mengenal fungsi dan tujuan pemasaran dalam bisnis

Fungsi Pemasaran Dalam Bisnis

Konsep inti dari sebuah pemasaran meliputi kebutuhan, keinginan dan permintaan. Dasar dari proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Sedangkan fungsi dari pemasaran sendiri adalah sebagai berikut.

1. Fungsi Pembelian

Yaitu sebagai fungsi untuk pemenuhan barang yang tidak tersedia kemudian dibeli sesuai dengan kebutuhan konsumen dan selanjutnya dijual ke pasar.

2. Fungsi Penjualan

Yaitu sebagai fungsi untuk pemenuhan barang yang tidak tersedia kemudian dibeli sesuai dengan kebutuhan konsumen dan kemudian dijual ke pasar. Fungsi ini meliputi kegiatan kegiatan untuk mencari pasar dan mempengaruhi permintaan melalui periklanan.

3. Fungsi Standarisasi

Merupakan fungsi yang bertujuan menyederhanakan keputusan keputusan dengan mengelompokkan barang tertentu yang didasarkan pada kriteria seperti ukuran, berat, warna dan rasa. Standarisasi sebagai fungsi tolak ukur dan filterisasi terhadap barang hasil produksi.

4. Fungsi Keuangan

Yaitu sebagai usaha untuk mencari dan mengurus modal dan kredit yang langsung bersangkutan dengan transaksi dalam mengalirkan produk dari produsen ke konsumen.

Itulah beberapa tujuan dan fungsi pemasaran dalam bisnis yang dapat menjadi target setiap tenaga pemasar dalam perusahaan. Pencapaian terbaik dari pemasaran akan berperan besar dalam meningkatnya perkembangan kemajuan perusahaan.

Written by Editorial Staff
Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya. Profile
sukses membuat bisnis plan

Cara Sukses Membuat Bisnis Plan

Editorial Staff in Bisnis
  ·   1 min read

One Reply to “Fungsi dan Tujuan Pemasaran bagi Bisnis Anda”

  1. pemasaran adalah hal utama yang harus menjadi perhatian pelaku usaha agar bisnisnya bisa terus berkembang sesuai dengan harapan.
    terimakasih telah berbagi informasi yang sangat bermanfaat.
    saya ingin bertanya, jika saya ingin berwirausaha di daerah terpencil, strategi pemasaran seperti apa yang cocok di wilayah tersebut? karena di wilayah ini belum terjangkau sinyal internet.
    mohon sarannya, terimakasih sebelumnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *