Otomotif

Mengintip Generasi Honda Civic Dari Tahun 1972 Hingga 2019


Untuk anda para pecinta otomotif pastinya sudah tidak asing lagi dengan Honda Civic. Karena Honda Civic sudah diakui menjadi salah satu mobil yang paling sukses di dunia. Salah satu mobil yang dirilis namun kurang sukses di pasaran yaitu Honda 1300.

Belajar dari kesalahan pada Honda 1300, pada akhirnya mereka bisa menghasilkan mobil hatchback subcompact yang lebih praktis, irit, dan harganya lebih terjangkau. Kelahirannya pas sekali, sebab dunia saat itu sedang mengalami krisis harga minyak.

Generasi Honda Civic Dari Tahun 1972 hingga 2019

Perlu anda ketahui, dari generasi ke generasi, Civic pasti memiliki sesuatu yang unik untuk ditawarkan. Berikut Honda Civic dari generasi awal sampai generasi terbaru:

Baca juga: Modifikasi Honda Civic FD ala Mugen

1. Civic Generasi Pertama (1972 – 1979)

Ini merupakan generasi pertama Civic yang diluncurkan oleh Honda, sekaligus menunjukkan visi Honda ke depan dalam menghadirkan mobil dengan harga yang kompetitif namun  nyaman dikendarai.

Civic generasi pertama merupakan mobil pertama yang lolos dalam kurun waktu empat tahun berturut-turut sebagai mobil rendah emisi serta irit bahan bakar di AS.

2. Civic Generasi Kedua (1979 – 1983)

Pada era ini Civic sukses penjualan 2,5 juta unit. Civic versi 3,4 dan 5 pintu menyasak pada pasar utama dunia, dengan mesin 1,3L serta ,5L. Mesin CVCC juga lebih dikembangkan lagi  untuk efisiensi pembakaran yang lebih tinggi serta penambahan catalytic converter.

3. Civic Generasi Ketiga (1983 – 1987)

Pada generasi 1983 – 1987 muncul Civic Wonder yang mendominasi sedan hatchback pada kota-kota besar, khususnya di Jakarta. Mobil ini sangat populer dan menjadi mobil impian generasi muda ibukota di tahun 80-an.

4. Civic generasi keempat (1987 – 1991)

Di generasi ke empat ini pertamanya Civic memakai sistem suspensi double wishbone (depan sampai  belakang) untuk mencapai stabilitas dan pengendalian yang sempurna di era tersebut. Diterapkannya VTEC DOHC termasuk mesin pertama di dunia yang mengatur secara elektronik sistem bukaan katup serta lift.

5. Civic Generasi Kelima (1991 – 1995)

Elemen kunci Civic di masa 1991 – 1995 yaitu aerodinamika Honda Civic generasi kelima datang dengan varian mesin 1,3L, 1,4L, 1,5L serta 1,6L Teknologi VTEC yang juga diaplikasikan pada mesin SOHC. Jadi dapat meningkatkan keseimbangan antara ekonomi bahan bakar serta performa.

6. Civic Generasi Keenam (1995 – 2000)

Civic generasi ini merupakan top seller dengan produksi lebih dari 3,2 juta unit. Dihadirkan dengan varian 2, 3, 4, serta 5-pintu, serta pilihan mesin diesel masuk di generasi ke-6, termasuk juga  Civic-2.0-liter. Kapasitas mesin bensinnya juga bervariasi, diantaranya  yaitu 1,3L, 1,4L, 1,5L, 1,6L, serta 1,8-liter.

7. Civic Generasi Ketujuh (2000 – 2005)

Pada generasi ini, Civic menampilkan interior yang lebih luas, lantai yang lebih datar, termasuk dashboard-mounted gear lever. Dilengkapi kopling VTEC dengan VTC (Variable Timing Control), insinyur Honda sudah menciptakan mesin Civic yang bisa bekerja dengan lebih baik.

Mengenai lingkungan menjadikan Honda meluncurkan Civic IMA (Integrated Motor Assist). Sebuah motor listrik yang telah digabungkan dengan mesin i-DSI yang irit BBM. Dan ini merupakan suatu kombinasi yang unik. Pada generasi inilah Honda memperkenalkan Civic hybrid yang pertamanya. Yang mana sudah didukung dengan mesin 1.3-liter.

8. Civic Generasi Kedelapan (2006 – 2011)

Pada generasi 2006 Honda telah membagi Civic menjadi 2 model platform yang memiliki perbedaan. Untuk yang satunya untuk pasar Amerika Utara dan lainnya dirancang untuk pasar Eropa.

Kemudian, untuk versi Eropa tersedia dengan pilihan seperti  i-VTEC 1.8-liter, 1.4-liter i-DSI, serta mesin diesel 2.2-liter yang memiliki tenaga serta ekonomis. Interiornya juga lebih luas dari generasi yang sebelumnya, dan tingkat konsumsi bahan bakarnya juga bisa berubah menjadi yang lebih baik lagi.

Dan di tahun 2009 Civic sudah diperbaharui dengan tampilan yang lebih segar dengan mesin baru 1.4L i-VTEC yang ekonomis serta pilihan transmisi otomatis.

9. Civic Generasi Sembilan ( 2011-2016)

Di generasi ini, pada mulanya Honda hendak mendesain Civic menjadi yang lebih besar. Disebabkan adanya krisis global, hingga akhirnya Honda mengurungkan niat itu, dan mendesain Civic menjadi mobil yang lebih efisien untuk konsumsi bahan bakar.

Generasi ini dikenalkan mulai tahun 2011. Honda juga memberikan 3 pilihan varian mesin, diantaranya yaitu bensin, hybrid serta gas. Untuk jenis bensin ada pada sedan, coupe serta Si.

Untuk sedan bensin, Honda juga memperkenalkan varian Civic HF dengan mesin 1.8 L yang bertransmisi 5-speed automatic dengan dilengkapinya fitur Eco Mode. Sehingga dapat memperoleh konsumsi bahan bakar yang irit.

Interior yang ada di generasi kesembilan ini didesain dengan lebih canggih dari pada generasi sebelumnya dan juga mempertahankan sisi keergonomisan supaya berkendara dengan lebih nyaman.

Tak hanya itu saja, Civic juga sudah memiliki fitur Intelligent Multi Informational Display (iMID) yang menampakkan informasi odometer, tripmeter, waktu, konsumsi bahan bakar dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut contoh modifikasi Honda Civic FD gaya Mugen karya Byan dilansir dari Blackxperience.com

10. Generasi ke Sepuluh (2016 – 2019)

Nah, untuk generasi ke-10 dari Honda Civic ini hadir di akhir tahun 2015 dengan membawa teknologi mesin VTEC Turbo Earth Dreams Technology terbaru dari Honda. Generasi Honda Civic ke-10 ini akan mencakup beberapa model. Diantaranya seperti Sedan, Coupe, Hatchback 5 pintu, Si, dan juga versi Type-R.

Mobil generasi ke-10 ditargetkan juga menjadi model yang memiliki tingkat konsumsi bahan bakar terbaik yang ada di kelasnya. Tak hanya itu saja, mobil ini juga menyenangkan untuk dikendarai, dan juga menawarkan kemewahan pada kabinnya.

Otomotif
5 Spare Part Mobil Manual yang Harus Diganti Berkala
Otomotif
Modifikasi Toyota Calya dan Sigra: Dari Velg hingga Audio
Otomotif
Toyota Tacoma Indonesia: Harga, Spesifikasi, dan Varian nya
There are currently no comments.