Mitra Bisnis

Harga Mesin & Cara Berbisnis Depot Air Minum (Isi Ulang)

Bisnis Depot air minum isi ulang semakin berkembang pesat, Seiring dengan berkurangnya sumber mata air bersih. Tingginya aktivitas dan...

· 2 min read >
mesin depot air minum

Bisnis Depot air minum isi ulang semakin berkembang pesat, Seiring dengan berkurangnya sumber mata air bersih. Tingginya aktivitas dan kebutuhan akan efisiensi menjadi faktor pendorong diperlukannya air minum yang praktis. Depot isi ulang adalah suatu usaha yang menyediakan air minum yang di isi ulang, Usaha Depot air isi ulang merupakan salah satu usaha yang banyak berkembang pesat. Dengan margin Profit yang cukup tinggi, mendorong munculnya depot air isi ulang dimana mana.

Cara Pembuatan Depot Isi Ulang

Produk dari Air isi ulang tidak dapat di pasarkan melalui toko ataupun distributor. hasil dari Depot air minum biasanya di jual dengan harga berkisar Rp 3.500 – Rp 12.000. Dengan nilai penjualan tersebut, Biasanya si pengusaha akan mendapatkan keuntungan sebesar 70% dari nilai penjualan setelah dikurangi dengan biaya Listrik, Biasa sumber daya manusia, biaya air dan biaya lainnya. Harga jual mesin depot air minum isi ulang sangatlah bervariatif.

Tata ruang Mesin depot air minum

Tata ruang merupakan hal yang penting diperhatikan oleh pemilik depot air isi ulang, karena memiliki nilai atau tata ruang dari tampilan utama di restorannya atau di tokonya sebagai strategi mereka untuk menarik pengunjung atau pembeli. tapi ada hal yang tidak kalah pentingnya, yaitu desain atau tata ruang dari dalam depot tersebut.

Jika kita mengacu kepada Standar Nasional Indonesia (SNI), maka seharusnya tata ruang dalam pengolahan dan pengemasan air minum harus memiliki standar tertentu untuk menjamin air minum yang dihasilkan hiegenis dan layak untuk di minum. Pembagian Ruang harus dilakukan sesuai dengan standar air minum, diantaranya:

  • Ruang proses / filtrasi

Untuk ruang proses harus di pisahkan dengan ruang lainnya, karena semua proses penyaringan terletak dalam ruang tersebut, dimana dari awal penyaringan sampai dihasilkan air bersih terletak dalam ruangan tersebut, Untuk ruangan proses diperlukan ruangan yang tertutup sehingga debu atau kotoran lainnya dapat di minimalkan didalam ruangan ini.
Untuk beberapa perusahaan menerapkan standar yang lebih tinggi, yang dimana digunakan hepa filter dan ultraviolet untuk proses sterilisasi ruangan tersebut.

  • Ruang Pencucian galon

Untuk galon yang akan di isi dengan air minum yang sebelumnya sudah di proses dan disterilkan, terlebih dahulu harus dilakukan pencucian supaya kondisi galon dalam keadaan steril saat air bersih dimasukan. untuk ruangan pencucian harus dibuat terpisah dengan ruangan lainnya, karena galon yang dikembalikan dapat tercemar oleh beberapa kotoran, debu maupun bakteria. sehingga dibuatkan suatu ruangan khusus untuk proses pencucian tersebut. proses pencucian galon dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya: sikat galon, cairan pembersih galon, Ozon 03, Ultraviolet, Steam ataupun metode pencucian lainnya.

  • Ruang Pencucian galon

Untuk ruangan pengisian galon merupakan ruangan khusus yang dimana proses pengisian galon dilakukan oleh operator. untuk ruangan ini didesain khusus, sehingga kebersihan dan tingkat sterilisasinya tinggi. Untuk operator yang melakukan proses pengisian air minum kedalam galon, diperlukan test kesehatan secara berkala untuk memastikan bahwa air yang sedang di isi kedalam galon tidak terkontaminasi oleh operator. dan operator yang digunakan dalam proses pengisian air isi ulang tersebut haruslah operator yang sudah terlatih dan sehat dari segi jasmani dan rohani.

Biaya Investasi / Harga Mesin Depot Air Minum

Depot isi ulang air minum merupakan usaha yang sangat diminati saat ini. Keadaan dimana Air minum kemasan ber-merk mematok harga yang cukup tinggi, mendorong munculnya berbagai harga jual mesin depot air isi ulang dimana-mana.

Dan Depot isi ulang menjadi momok yang cukup menakutkan bagi pengusaha yang memiliki pabrik air minum, Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai hal ini, silahkan kunjungi Pabrik air minum kemasan. Rendahnya biaya investasi dalam memulai bisnis air isi ulang dan perijinan yang mudah, semakin mempercepat pertumbuhan dari bisnis Depot isi ulang air minum.

Besarnya investasi yang harus dikeluarkan oleh pengusaha untuk Depot isi ulang air minum, tergantung pada system yang ingin digunakan. Semakin tinggi teknologi yang digunakan, maka biaya yang dikeluarkan akan semakin tinggi. Biaya Investasi dimulai dari RP 12.000.000 hingga Rp 110.000.000.

Written by Karinov
Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *