Produk Bisnis

Mengenal Macam-Macam Nasi Tumpeng Khas Indonesia


Nasi tumpeng adalah salah satu jenis makanan tradisional khas Indonesia, yang biasanya dibuat/dikonsumsi ketika ada suatu acar besar atau penting. Nasi tumpeng ini terdiri dari nasi dan beragam lauk pauk yang bentuknya unik karena sengaja dibuat bentuk kerucut/segitiga menjulang ke atas. Bentuk tersebut berhubungan dengan kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari banyak gunung.

Nasi tumpeng biasanya dibuat dari nasi kuning, nasi uduk atau nasi putih biasa kemudian dihias supaya tampak indah. Tambahkan juga beberapa lauk pauknya seperti ayam goreng, perkedel, timun, tempe orek dan lain sebagainya. Jenis lauknya biasanya tergantung jenis acara atau keinginan dari pemilik acara.

Artikel ini disponsori oleh: Nasi Tumpeng Surabaya

4 Jenis Nasi Tumpeng Khas Indonesia

Jika kita lihat sekilas, jenis dan model nasi tumpeng ini sama saja dan sudah biasa. Namun sebenarnya ada beberapa macam nasi tumpeng yang biasa disajikan di suatu acara tertentu. Seperti misalnya :

Nasi Tumpeng Megana

Biasanya nasi ini dibuat untuk acara kelahiran bayi. Nasi yang digunakan adalah nasi putih dengan lambang kesucian, ditambah dengan sayur mayur yang melambangkan harapan untuk bayi baru lahir itu di masa mendatang.

Nasi Tumpeng Robyong

Anda akan menemukan lidi yang telah disulut oleh kapas pada nasi tumpeng robyong ini. Lidi tersebut akan diberi minyak di masing-masing titiknya kemudian dibakar. Biasanya nasi tumpeng ini disajikan untuk acara-acara seperti meminta turun hujan, mengusir penyakit, serta musim panen.

Nasi Tumpeng Punar

Nasi tumpeng punar dibuat atau disajikan sebagai ekspresi dari rasa syukur serta kegembiraan. Nasi yang digunakan pada tumpeng punar ini biasanya berupa nasi kuning, kemudian ditambahkan lauk pauk berupa kering tempe, kedelai goreng, abon dan lain sebagainya.

Nasi Tumpeng Pungkur

Nasi yang digunakan pada nasi tumpeng pungkur ini biasanya adalah nasi putih yang hanya dicetak setengah saja. Lalu nasi ini dibagi dua secara vertikal, setelah itu dipasang lagi dengan cara terbalik. Nasi ini biasanya khusus dibuat jika ada peristiwa kematian.

Nasi tumpeng ini identik dengan adat dan budaya masyarakat Jawa yang sangat kental. Walaupun begitu, kini nasi tumpeng sudah dimodifikasi bentuk dan hiasannya seiring dengan perkembangan zaman.

Entrepeneurship
Ini Sederet Nama Pengusaha Muda yang Sukses di Bisnis Kuliner
Produk Bisnis
Daftar Harga Paket Umroh Terbaru 2019-2020
Produk Bisnis
Fungsi Elco Atau Kapasitor Elektrolit [Ulasan Lengkap]
There are currently no comments.