Saat ini, semakin banyak pilihan untuk memulai bisnis. Salah satu pilihan yang saat ini masih digemari adalah bisnis franchise. Usaha franchise atau waralaba sering dipilih karena tidak perlu susah-susah membangun bisnis dari awal dan hanya butuh modal saja. Namun, usaha ini pun juga  memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah sekilas tentang usaha franchise dan kelebihan serta kekurangannya.

Sekilas Tentang Bisnis Franchise

Usaha franchise atau waralaba secara umum didefinisikan sebagai hak-hak untuk menjual suatu produk, jasa ataupun layanan. Dalam usaha ini terdapat franchisor (pengwaralaba), Franchisee (penerima waralaba), franchise fee dan royalty fee. Franchise fee adalah biaya awal di muka sebelum waralaba mulai beroperasi. Sedangkan royalty fee adalah biaya setelah usaha waralaba dijalankan.

Kelebihan Usaha Franchise

Banyak orang yang memilih franchise karena kelebihannya. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan dari usaha franchise :

Manajemen Bisnis Sudah Terbangun

Usaha ini cukup menguntungkan karena anda berbisnis di bawah bendera perusahaan yang sudah memiliki reputasi yang bagus. Anda tidak perlu pusing memikirkan manajemen, ide, dan lain-lain. Ide, penamaan dan manajemen bisnis tersebut pun  telah di uji coba dan siap untuk diaplikasikan pada lokasi  baru.

Sudah Dikenal

keunggulan dan kekurangan bisnis franchise

Brand dari sebuah franchise biasanya sudah dikenal di masyarakat

Anda tidak perlu takut bisnis anda tidak laku karena tidak terkenal. Biasanya usaha ini ternama sudah dikenal terlebih dahulu oleh masyarakat. Maka dari itu, Pemasarannya pun cenderung lebih mudah.  Anda tidak perlu susah-susah membangun reputasi bisnis dibandingkan jika anda memulai bisnis baru.

Dukungan Dan Keamanan Yang Lebih Kuat

Pemilik usaha ini biasanya akan memberikan pelatihan kepada para franchiseenya. Anda akan menerima pelatihan seperti pemasaran, manajemen finansial, periklanan dan lain lain. Pelatihan tersebut biasanya sudah termasuk dalam paket pembelian usaha waralaba.

Untung Lebih Besar

Usaha ini sudah terkenal di masyarakat, sehingga untungnya pun berpeluang lebih besar. Selain itu, anda tidak perlu mengeluarkan biaya-biaya ekstra untuk promosi dan lain-lain. Namun, untung besar atau tidak tergantung situasi dan para pelaku bisnisnya sendiri.

Manajemen Finansial Lebih Mudah

Apabila anda memilih usaha ini, sistem manajemen finansialnya telah di tetapkan oleh Franchisor. Maka dari itu, anda tidak perlu pusing lagi dengan manajemen finansial seperti dalam membangun bisnis baru.

Kekurangan Usaha Franchise

Dengan segala kelebihan yang telah disebutkan, usaha Franchise ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut antara lain ;

Tidak Bisa Memilih Supplier lain. Usaha ini sangat bergantung pada supplier yang bekerjasama dengan perusahaan. Untuk memiliki untung lebih besar, kita pasti memilih supplier yang dapat memberi harga lebih murah. Sayangnya, Anda tidak bisa memilih supplier yang lebih murah karena suppliernya sudah ditentukan oleh pemilik franchise.

Sangat Tergantung Pada Reputasi Waralaba Lain. Salah satu kekurangan yang dimiliki  adalah tergantungnya reputasi franchise dengan franchise yang lain. Jika usaha franchise yang lain melakukan kesalahan yang merusak reputasi, maka akan berimbas pada  usaha yang anda kelola juga.

Kurang Terkendali. Salah satu kekurangan dari usaha franchise lainnya adalah kurangnya kendali dari franchisee terhadap bisnisnya sendiri. Hal itu dikarenakan  sistemnya telah ditentukan oleh pemilik waralaba, sehingga ruang gerak franchisee terbatas. Anda tidak bisa memberi ide-ide kreatif yang baru untuk bisnis tersebut, karena adanya perjanjian.

Biaya Waralaba. Franchisor akan mengajukan biaya awal untuk membeli perjanjian. Biaya tersebut termasuk biaya lanjutan untuk pelatihan dan dukungan bagi para pembeli waralaba.

Ada Pemotongan Keuntungan. Franchisee diharuskan untuk membayar sejumlah royalti dari keuntungan yang didapatkan. Bila untungnya sedikit, bisa jadi keuntungan tersebut akan dipotong untuk menutupi biaya ini.

There are currently no comments.