Pendidikan

Mengenal Level Tes JLPT (Japanese Language Proficiency Test)


Ada banyak orang yang tertarik belajar dan bekerja di Jepang, namun kebanyakan justru mengurungkan niat setelah mengetahui persyaratan apa saja yang harus dipenuhi. Salah satu syarat wajib adalah lulus tes JLPT, standar ini telah ditetapkan sejak lama oleh pemerintah Jepang tepatnya sejak tahun 1984.

Definisi JLPT

Mempelajari bahasa merupakan kegiatan yang gampang-gampang susah, apalagi bahasa Jepang yang tulisannya bukan tulisan latin. Tapi jika Anda bertekad untuk belajar atau bekerja di negeri sakura tersebut, mau tidak mau Anda harus menguasai bahasa ibu mereka.

Japanese Language Proficiency Test (JLPT) merupakan serangkaian tes bahasa Jepang yang sengaja diselenggarakan oleh pemerintah Jepang bagi WNA yang tertarik untuk melanjutkan study atau bekerja di Jepang. 

Dari informasi JLPT 2018 lalu, dihimpun data yang menyatakan jika 86 negara di seluruh dunia dengan total peserta 1,186,000 telah melaksankan JLPT. Maka sudah bisa dipastikan jika JLPT merupakan ujian bahasa Jepang paling besar dan diminati di dunia saat ini. 

Macam-Macam Level Japanese Language Proficiency Test (JLPT)

Kegiatan JLPT dilakukan setidaknya 2x setiap tahunnya, pertama di minggu pertama Juli dan selanjutnya di minggu pertama Desember. Agar lebih memahami JLPT, simak beragam level tesnya berikut ini:

Sistem Scoring dalam JLPT setiap Level
Sistem Scoring dalam JLPT setiap Level

Level N5

Levelnya mungkin memiliki angka yang paling tinggi yaitu angka lima, tapi bukan berarti peserta yang berada di Level N5 disebut sebagai master bahasa Jepang. Justru Level N5 ditujukkan bagi peserta yang memahami standar sederhana penulisan kanji dan hiragana. 

Total kanji yang dikuasainya sekitar 100 dengan penguasaan kosakata yang tidak lebih banyak dari 800 kata. 

Level N4

Naik ke Level N4 artinya peserta sudah menguasai kanji juga kosakata lebih banyak dari sebelumnya. Selain penambahan kosakata, peserta Level N4 umumnya mampu membaca informasi simple berbahasa Jepang. 

Jika diajak bercakap-cakap dengan bahasa sehari-hari mereka cukup memahaminya meskipun pelafalan bahasa Jepangnya masih belum lancar.

Level N3

Masuk ke Level N3 sebenarnya sudah cukup baik dan menjanjikan untuk belajar maupun bekerja di negara ini. Karena di Level N3, seorang peserta telah memiliki keterampilan untuk memahami kata-kata yang diucapkan warga local tanpa meminta mereka memperlambat pelafalannya. 

Level N2

Peserta Level N2 telah menguasai kanji sekitar 1000 dan kosa kata mencapai 6000 yang memungkinkannya untuk mengerti berita atau percakapan warga local secara normal. 

Level N1

Bisa disebut sebagai level master karena artinya peserta mampu memposisikan dirinya dengan baik jika bicara dengan orang tua, anak muda maupun teman sebaya. Peserta juga mampu memahami bahasa Jepang yang dimaksud meskipun pelafalan dan aksen pembicara kurang jelas.

Anda tertarik mengikuti JLPT? Maka persiapkan diri dan ikuti tesnya di salah satu kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Padang atau Denpasar. 

Saat ini menemukan tempat kurus bahasa Jepang sangat mudah, Anda juga bisa belajar otodidak dari anime, dorama atau film berbahasa Jepang. Tingkatkan terus level bahasa Jepang Anda sehingga mencapai Level N1.

Pendidikan
Belajar dari Akselerasi Pendidikan ala Sudan
Pendidikan
Cara Cek NISN Terbaru di 2021 (Tips jika Site Maintenance)
Pendidikan
Contoh Laporan Hasil Observasi Limbah Pabrik Kelapa Sawit
There are currently no comments.