Mengenal Pengertian Bisnis dan Tujuannya – Direktori UKM

Bisnis

Mengenal Pengertian Bisnis dan Tujuannya

Kata bisnis sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Namun apakah sebenarnya pengertian bisnis (kewirausahaan)? Bisnis sendiri merupakan kegiatan...

· 1 min read >
kewirausahaan (bisnis)

Kata bisnis sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Namun apakah sebenarnya pengertian bisnis (kewirausahaan)? Bisnis sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan baik perorangan maupun organisasi yang melibatkan sebuah aktivitas produksi. Bukan hanya itu saja, didalam bisnis sendiri terdapat aktivitas penjualan, pembelian, serta pertukaran barang atau jasa.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Kata bisnis sendiri berasal dari bahasa inggris yakni business yang mempunyai arti kesibukan. Dalam konteks sederhananya, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang, sedangkan pengertian bisnis menurut para ahli adalah sebagai berikut.

  1. Menurut Hughes Dan Kapoor
    Menurut Hughes dan Kapoor sendiri, bisnis merupakan suatu kegiatan individu yang sangat terorganisasi. Yang bertujuan untuk menghasilkan serta menjual barang dan jasa yang berguna untuk mendapatkan keuntungan dalam memenuhi suatu kebutuhan pada masyarakat.
  2. Menurut Brown Dan Pratello
    Menurut Brown Dan Pratello, pengertian dari bisnis sendiri adalah sebuah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarkat. Selain itu semua hal yang mencakup berbagai macam usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta yang tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.
  3. Menurut Jeff Madura
    Sedangkan menurut Jeff Madura, pengertian bisnis adalah sebuah perusahaan yang menyediakan produk atau sebuah layanan yang diinginkan oleh para pelanggan.
  4. Menurut L. R. Dicksee
    Dan pengeritan bisnis yang terakhir dari L. R. Dicksee. Ia mengatakan bahwa bisnis merupakan suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh sebuah keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinnya sebuah aktivitas tersebut.

Tujuan Dari Bisnis

kewirausahaan (bisnis)
Tujuan dari wirausaha

Tujuan utama dari semua bisnis sendiri adalah untuk mendapatkan keuntungan dengan memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun ada beberapa tujuan bisnis lainnya yang sangat penting untuk diketahui.

Untuk Memperoleh Keuntungan Dari Kegiatan Bisnis

Memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis sendiri merupakan salah satu dari tujuan yang utama dari kegiatan bisnis tersebut. setiap orang yang berbisnis baik individu maupun kelompok pasti mempunyai tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya dari produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Untuk Pengadaan Barang Ataupun Jasa Yang Dibutuhkan Oleh Masyarakat

Selain untuk mencari keuntungan, kegiatan bisnis pun bertujuan agar barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat pun bisa terpenuhi. Maka dari itu, dengan adanya bisnis maka diharapkan segala keperluan sehari-hari setiap orang dapat terpenuhi.

Untuk Mencapai Kesejahteraan Pemilik Faktor Produksi Dan Masyarakat

Tujuan bisnis sendiri juga agar kesejahteraan baik pemilik faktor produksi dan masyarakat sendiri bisa terpenuhi. Sehingga antara pemilik faktor produksi dan masyarakat pun sama-sama diuntungkan.

Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Dengan adanya kegiatan bisnis, maka semakin banyaknya lapangan pekerjaan. Dengan begitu, para pengangguran pun bisa teratasi dengan kegiatan bisnis tersebut. sehingga kegiatan bisnis pun bermanfaat sekali bagi mereka yang benar-benar membutuhkan pekerjaan.

Untuk Menunjukkan Eksistensi Suatu Perusahaan Dalam Jangka Panjang

Kegiatan bisnis sendiri merupakan sebuah eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang. Suatu perusahaan dikatakan ada jika didalamnya terdapat kegiatan bisnis yang berkepanjangan dari waktu ke waktunya.

Untuk Menunjukkan Prestise Dan Presentasi

Dan tujuan terakhir dari bisnis adalah untuk menunjukkan prestise dan prestasi. Jika kegiatan bisnis ini pun naik maka akan terlihat juga sebuah prestise dan prestasinya. Semakin bagus bisnis tersebut, maka akan menunjukkan pestise dan prestasi yang baik pula.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian bisnis dan tujuan dari bisnis itu sendiri. dengan adanya kegiatan bisnis, maka semua kebutuhan manusia pun akan terpenuhi, selain itu baik orang yang berbisnis maupun konsumen pun sama-sama saling diuntungkan.

Written by Karinov
Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *