Daftar Plat Nomor Pejabat dan Cara Tahu Keasliannya

Pernah lihat plat nomor khusus seperti RI1 dan semacamnya? Lewat tulisan ini, kami akan berikan daftar lengkap plat nomor pejabat tinggi di Indonesia


Karinov
@karinovcoid
Daftar Plat Nomor Pejabat dan Cara Tahu...

Mungkin anda pernah melihat mobil dengan nomor polisi berakhiran huruf seperti RFP, RFS atau RFD. Ini merupakan plat nomor mobil pejabat. Lantas sebenarnya seperti apa daftar plat nomor pejabat dan artinya? Kita akan kupas tuntas disini.

Daftar Plat Nomor Pejabat dan Artinya

Beberapa plat nomor seperti yang sudah disebutkan tadi memang dikhususkan untuk kendaraan dinas pejabat dan bukan untuk mobil kepentingan warga sipil.

Untuk memperoleh plat kendaraan tersebut harus memiliki surat rekomendasi yang berasal dari badan atau departemen yang menaunginya yang kemudian dikirim ke Samsat.

Karena saat ini akhiran pada plat mobil berubah dari 2 digit huruf menjadi 3 digit. Maka plat dinas telah berubah dengan fungsi yang sama. Berikut ini adalah beberapa daftar plat kendaraan dinas lengkap dengan artinya.

Daftar nomor plat kendaraan pejabat RI
Daftar nomor plat kendaraan pejabat RI

Bila anda bekerja di Polda Metro Jaya, jika ingin memperoleh jatah plat nomor rahasia maka anda bisa mendapatkan plat dengan akhiran RFP atau Reformasi Polisi. Sementara itu untuk plat nomor RFS memiliki makna Reformasi Sekretariat Negara. RFU Reformasi Udara. RFD Reformasi Darat dan RSL Reformasi Laut.

Perlu juga diketahui bahwa plat RF* untuk pejabat ini hanya mempunyai masa aktif setahun saja. Ciri lainnya diawali dengan angka 1 atau 2 dan harus ada angka sebanyak 4 digit.

Bila ada kendaraan dengan Plat RF* dengan angka nomor plat sebanyak 2 atau 3 digit dengan masa aktif 5 tahun, itu berarti plat ini merupakan plat nomor pribadi atau warga biasa yang dipesan secara khusus. Ciri-ciri plat RF yang bukan nomor milik pejabat:

  • Diawali dengan angka 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
  • Terdapat kurang dari 4 digit angka
  • Masa aktif lebih dari satu tahun

Plat Nomor Mobil Milik Korps Diplomatik

Sedangkan untuk mobil milik korps diplomatik atau organisasi internasional dan kedutaan besar mempunyai kode khusus yaitu CD yang merupakan singkatan dari Corps Diplomatique.

Atau CC yang merupakan singkatan dari Corps Consulaire, diikuti angka. Untuk memperoleh STNK serta BPB seperti ini harus memperoleh rekomendasi dari kementerian luar negeri.

Untuk mobil operasional staf korps diplomatik mempunyai nomor polisi serupa dengan kendaraan pribadi dengan dasar warna hitam dan tulisan putih tetapi formatnya khusus. Cirinya adalah dengan 5 angka dan kode angka negara dicetak lebih kecil dengan format sub bagian.

Daftar plat nomor pejabat dan artinya ini menjadi informasi penting untuk anda ketahu, supaya anda bisa mengenali manakah mobil pejabat dan bukan mobil warga sipil. Lihat juga daftar arti plat nomor setiap wilayah di Indonesia di DMO.or.id.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Berita

Mengenal Sistem Transportasi di Negara Jepang

Jepang adalah salah satu negara paling maju di dunia. Untuk urusan alat transportasi pun Jepang menjadi panutan negara-negara berkembang karena kecanggihan teknologinya. Dalam hal...

Posted on by Karinov
Berita

Solusi iPhone Dinonaktifkan dan Sambungkan ke iTunes

Bagi pemilik iPhone, mungkin Anda pernah mengalami masalah ketika perangkat Anda dinonaktifkan, muncul layar perintah untuk disambungkan ke iTunes. Layar tersebut merupakan salah...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam