Mengenal Program Beasiswa Jepang Monbukagakusho


Karinov
@karinovcoid
Mengenal Program Beasiswa Jepang...

Jepang merupakan negara yang terkenal sebagai salah satu negara dengan teknologi yang maju. Bahkan, negara tersebut kini mampu bangkit dalam kurun waktu yang lebih cepat setelah dibom atom tepatnya di Hiroshima dan Nagasaki pada lebih dari 70 tahun silam.

Kemampuan yang dimiliki oleh negara maju tersebut membuatnya sangat disegani oleh beberapa negara bahkan negara adidaya sekalipun. Jepang kini juga telah menguasai pasar otomotif di seluruh dunia. Tak hanya itu, bahkan negara ini juga telah menguasai pasar elektronik dengan menggunakan teknologi yang lebih mutakhir.

Dengan kehebatannya itu, tak ayal jika Jepang juga menjadi salah satu negara yang banyak diincar oleh sebagian orang untuk bisa menuntut ilmu. Tak terkecuali masyarakat Indonesia sendiri. Saat ini, sudah banyak masyarakat Indonesia yang melanjutkan pendidikan di negeri sakura tersebut.

Ada yang melanjutkan sekolah dengan biaya sendiri, bahkan tidak sedikit pula yang melanjutkan sekolah ke Jepang dengan menggunakan beasiswa. Ada beberapa beasiswa yang bisa Anda dapatkan untuk bisa meneruskan pendidikan di negeri matahari terbit tersebut.

Namun, salah satu beasiswa yang cukup familiar adalah Beasiswa Monbukagakusho. Beasiswa ini merupakan beasiswa yang berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT). Dimana, beasiswa satu ini meliputi biaya studi dan biaya hidup tanpa ada ikatan dinas.

Untuk Kedutaan Besar Jepang yang ada di Indonesia dan konsulatnya berada di beberapa daerah seperti Medan, Surabaya, Makassar dan Denpasar. Kedutaan Besar Jepang tersebut setiap tahunnya menyelenggarakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat Beasiswa Monbukagakusho yang satu ini.

Terdapat beberapa program yang dimiliki oleh beasiswa satu ini, diantaranya adalah Teacher Training untuk para guru, Japanese Studies untuk mahasiswa program studi Jepang, College of Technology dan Profesional Training College untuk lulusan SMA, Undergraduate, dan Program Research Student untuk lulusan perguruan tinggi.

Setiap program tersebut tentu saja memiliki ketentuannya masing-masing, seperti penjelasan berikut ini.

Beasiswa-Monbukagakusho
Ilustrasi Beasiswa Monbukagakusho dari unej.ac.id

Persyaratan untuk Japanese Studies

  • Mahasiswa aktif jenjang S1 jurusan sastra atau pendidikan bahasa Jepang.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Usia maksimal adalah 29 tahun pada tanggal 1 April 2019 (lahir antara 2 April 1989 sampai 1 April 2001).
  • Minimal merupakan mahasiswa semester 3.
  • Direkomendasikan oleh institusi tempat berkuliah saat ini, berdasarkan seleksi internal di institusi masing-masing.
  • Belum akan mengikuti sidang skripsi selama proses berlangsung ataupun saat sudah ditetapkan sebagai penerima beasiswa.
  • Pelamar harus segera kembali ke Indonesia dan melanjutkan kuliah setelah program ini berakhir.

Sementara itu, Anda bisa membaca ketentuan dan persyaratan untuk program beasiswa lainnya. Karena, setiap program yang ada tentu memiliki ketentuan dan persyaratan yang berbeda-beda. Selamat mencoba.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Pendidikan

Panduan Program Sekolah Ke Jepang bersama Jeducation

日本語学校 Belajar langsung di negara Jepang merupakan wahana yang tepat untuk mempersiapkan kemampuan bahasa Jepang bagi para siswa yang tertarik mempelajari bahasa dan budaya Jepang...

Posted on by Karinov
Pendidikan

Mengenal Learning Pyramid dalam Pola Belajar Anak

Belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah tingkat pengetahuan yang telah dicapai yaitu dengan menggunakan beberapa...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam