5 Peternakan Sapi Terbesar di Indonesia

Pernahkah Anda berkunjung ke peternakan sapi di Indonesia? Sesekali cobalah bertandang bareng keluarga tercinta kesana.


Karinov
@karinovcoid
5 Peternakan Sapi Terbesar di Indonesia

Bertahun-tahun mengonsumsi susu sapi, apakah terbesik keinginan untuk berkunjung ke peternakannya? Di sana, Anda bisa melihat sekaligus menikmati keseruan proses memerah susu sapi yang masih segar.

Selain itu, sebagai pengunjung, Anda juga bisa turut belajar bagaimana cara mengembang-biakkan sapi-sapi hingga besar dan gemuk.

5 Peternakan Sapi Terbesar di Indonesia

Di antara ribuan peternakan sapi, mana saja sih yang paling populer dan produktif di Indonesia?

1. PT Greenfields Indonesia

Peternakan sapi ini sangat populer di Indonesia. Bahkan telah diakui oleh negara-negara di Asia Tenggara. Sejak dulu hingga sekarang, PT Greenfields Indonesia konsisten menghasilkan susu berkualitas dari jenis sapi holstein.

Sapi jenis holstein mulanya diimpor langsung dari Australia. Adapun pakan yang diberikan ke sapi-sapi juga berasal dari luar negeri, yakni California. Jadi, baik kualitas sapi, susu hasil perahan, hingga kebersihan lingkungan menjadi prioritas dari PT Greenfields Indonesia.

2. PT Tanjung Unggul Mandiri

Berbeda dengan PT Greenfields Indonesia, peternakan ini fokus pada penggemukan sapi. Jika hendak berkunjung, lokasinya berada di kawasan Tangerang, Banten.

Hingga saat ini, PT TUM fokus menggemukkan sapi dari jenis brahman yang didatangkan dari Australia. Sedangkan produktivitas PT TUM sejak dulu memang terlihat begitu kentara, mengingat luas lahannya mampu menampung hingga 23.000 ekor sapi. Kalau lagi ramai pesanan, bisa menyetok hingga lebih dari 30.000 ekor sapi.

3. PT Great Giant Livestock

Meskipun berstatus sebagai anak perusahaan Gunung Sewu Group, namun produktivitasnya terbukti sejak bertahun-tahun lalu. Peternakan ini fokus menekuni bidang penggemukan sapi potong. Tak lupa pula turut aktif memproduksi susu sapi segar.

Dalam satu tahun, PT Great Giant Livestock bahkan mampu memproses kurang lebih 100 ribu ekor sapi. Luar biasa, kan? Lokasinya sendiri berada di kawasan Terbanggi Besar, Lampung Tengah.

4. PT Widodo Makmur

Peternakan sapi ini memiliki luas lahan sekitar 1,5 hektar. Sedangkan jumlah sapinya ada lebih dari 1.000 ekor. Apakah PT Widodo Makmur bergerak di bidang produksi susu sapi? Sayangnya tidak. Sebab, sejak awal berdiri, peternakan ini hanya fokus pada proses penggemukan sapi.

Seluruh sapi dikembang-biakkan berasal dari Australia karena terbukti menghasilkan daging berkualitas. Seiring perusahaan bertumbuh, fokus usaha tidak hanya mengurusi sapi. Akan tetapi turut merambahi bidang perminyakan, bahan pangan, hingga bisnis properti.

5. PT Citra Agro Buana Semesta

Lokasi peternakan sapi ini ada di kawasan Garut, Jawa Barat dan mulai dikenal luas sejak tahun 2000-an. Sedangkan masa berdirinya ada pada waktu Indonesia tengah mengalami krisis moneter atau di tahun 1998.

Apakah fokus bidang PT Citra Agro Buana Semesta mencakup produksi susu segar dan penggemukan sapi? Tidak keduanya, melainkan hanya menggemukkan sapi potong saja. Sapi-sapi yang dikembang-biakkan berasal langsung dari Australia. Dulu, pernah diisi dengan sapi lokal, tapi rupanya tidak mampu bertahan di tengah tingginya animo masyarakat.

Ketika hendak pergi ke salah satu peternakan sapi tersebut, jangan lupa ajak keluarga dan si kecil. Hitung-hitung untuk menambah wawasan dan mengagumi betapa Indonesia memiliki ketahanan pangan kelas unggulan. Terutama di sektor ketersediaan daging dan susu sapi berkualitas tinggi.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Mitra Bisnis

Daftar Harga Les Privat Surabaya (Guru ke Rumah)

Dengan tingkat pendidikan hari ini yang semakin kompetitif, siswa dituntut untuk selalu mendapatkan nilai yang terbaik. Selain melalui pendidikan formal di bangku sekolah,...

Posted on by Editorial Staff
Mitra Bisnis

Mesin Reverse Osmosis: Harga Jual, Spesifikasi, dan Aplikasinya

Mesin reverse osmosis adalah teknologi yang digunakan untuk menyaring air dengan tujuan agar beberapa kontaminan, mineral ataupun beberapa ion dalam air tersebut dapat di...

Posted on by Editorial Staff

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam