BKN Perkenalkan Aplikasi E-Kinerja ke Daerah


Editorial Staff
@zaidmgn
BKN Perkenalkan Aplikasi E-Kinerja ke Daerah

Badan Kepegawaian Nasional atau BKN memperkenalkan sebuah sistem baru yang disebut dengan E-Kinerja. Tentu saja penggunaan sistem IT yang canggih ini nantinya diharapkan bisa secara maksimal meningkatkan performa kerja para Aparatur Sipil Negara (ASN), istilah baru untuk menyebut Pegawai Negeri Sipil (PNS). Adalah menjadi hal yang sangat penting untuk melakukan pemantauan dan penilaian atas kinerja para ASN tersebut mengingat mereka memang digaji dengan uang rakyat dan untuk melayani rakyat.

BKN (Badan Kepegawaian Negara) sendiri merupakan sebuah badan non kementerian milik pemerintah yang memiliki tugas untuk melaksanakan manajemen di bidang kepegawaian termasuk penyusunan kebijakan bagi para ASN. Yang menjadi landasan hukum bagi tugas dan tanggungjawab BKN telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomer 32 tahun 1972. Demi mendukung suksesnya tugas BKN dalam menyelenggarakan sistem manajemen terhadap para pegawai negara maka disusunlah kebijakan teknis dan sarana pendukungnya.

Salah satu gebrakan yang dibuat oleh BKN guna memantau performa kerja para ASN adalah dengan dibuatnya sistem penilaian berbasis IT yang disebut dengan E-Kinerja. Sistem tersebut akan diadopsi dan dipergunakan oleh SKPD atau Satuan Kerja Perangkat Daerah yang ada di seluruh instansi pemerintah. Untuk lebih jelasnya akan dipaparkan dibawah ini.

Tentang E-Kinerja

Pengertian E-Kinerja

Yang dimaksud dengan E-Kinerja adalah sebuah aplikasi atau sistem berbasis IT berupa website. E-Kinerja tersebut akan digunakan sebagai alat atau cara untuk memantau para ASN di lingkungan instansi pemerintah atau SKPD. Jadi bisa dikatakan juga bahwa E-Kinerja merupakan sebuah sistem yang terpadu yang digunakan untuk mengukur, menilai, mengawasi serta mengelola kinerja para ASN.

Fungsi E-Kinerja

Pembuatan dan penyusunan teknologi berbasis IT oleh BKN untuk memantau prestasi kerja para ASN tentunya bukan tanpa tujuan yang jelas. Di masyarakat sering terdengar penilaian negatif terhadap para pegawai negeri yang katanya hanya kelayapan pada jam kerja.

Tentunya dengan program E-Kinerja tersebut perilaku negatif ASN bisa dikurangi. Selain itu masih ada lagi beberapa fungsi dari E-Kinerja yang dibuat oleh BKN tersebut, antara lain adalah sebagai berikut.

▪ Mempermudah penilaian ASN baik oleh atasan, rekan kerja maupun oleh bawahannya.

▪ Mengukur tingkat performa dan kinerja ASN dalam melakukan setiap tugas yang diberikan oleh instansi atau SKPD.

▪ Memotivasi para ASN untuk bisa bekerja lebih baik dan berprestasi lebih tinggi dari yang lainnya.

▪ Sebagai indikator untuk menentukan gaji ASN berdasarkan pada nilai yang diperolehnya atau hasil kinerjanya.

▪ Mengurangi potensi terjadinya tindakan negatif yang mungkin bisa dilakukan oleh aparatur negara seperti pungli dan sejenisnya.

▪ Sarana untuk meningkatkan kualitas kerja ASN dalam melayani masyarakat.

Jika dilihat dari beberapa fungsinya di atas memang dengan adanya E-Kinerja akan sangat membantu pemerintah untuk mendapatkan ASN yang berkualitas unggul. Di samping beberapa fungsi dari E-Kinerja bagi instansi pemerintah, SKPD maupun bagi para ASN yang telah dijabarkan secara singkat di atas masih ada beberapa manfaat lain yang bisa diambil.

daftar perusahaan sandi uno
Ekinerja, upaya optimalisasi peran ASN

Manfaat E-Kinerja

Beberapa manfaat yang akan diperoleh jika sistem E-Kinerja dilaksanakan dengan benar dan sebaik-baiknya bukan hanya akan dirasakan oleh ASN maupun instansi saja. Dengan adanya pemantauan kerja melalui E-Kinerja tersebut secara tidak langsung juga bisa berdampak baik bagi masyarakat atau publik. Inilah beberapa manfaat yang akan dihasilkan dari pelaksanaan sistem E-Kinerja dengan benar.

▪ Pelayanan terhadap publik atau masyarakat akan semakin baik sebagai dampak dari semakin meningkatnya kualitas kerja para ASN.

▪ Pelaksanaan sistem pemerintahan di dalam instansi atau SKPD akan semakin efisien dan efektif sehingga diharapkan akan mendapatkan output yang semakin bagus.

▪ Pengawasan terhadap kinerja dan aktivitas para ASN akan semakin mudah dan terstruktur.

▪ Lebih mudah dalam melakukan penilaian kerja dan prestasi terhadap ASN yang nantinya akan digunakan untuk memberikan reward dan punishment kepada yang bersangkutan.

▪ Sebagai landasan untuk menentukan besaran gaji, kenaikan pangkat otomatis atau KPO dan juga proses pensiun otomatis atau PPO bagi para ASN.

▪ Membantu terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih atau good governance di lingkungan instansi pemerintah dan SKPD.

▪ Membantu transparansi administrasi karena semua surat tidak rahasia harus diunggah ke dalam website E-Kinerja tersebut.

▪ Mempermudah pemberian tunjangan pada para ASN yang besarannya akan ditentukan berdasarkan pada hasil penilaian serta prestasi yang dimuat dalam E-Kinerja.

▪ Memacu para ASN untuk bisa bekerja dengan lebih baik, lebih profesional dan bermartabat.

Banyak manfaat positif yang akan didapatkan oleh para ASN pada khususnya dan masyarakat pada umumnya dengan adanya penerapan sistem E-Kinerja oleh BKN tersebut. Dengan adanya sistem tersebut maka otomatis sudah tidak ada alasan lagi bagi para ASN mengatakan bahwa mereka tidak tahu apa yang menjadi tugas dan pekerjaannya.

Show Comments (1)

Comments

  • Herry

    Cepat di berlakukan e_kinerja ASN di semua Daerah, biar tahu mana yang bisa kerja dan tidak, tidak hanya absensi saja.

    • Article Author
    • Reply

Related Articles

Berita

Solusi Lupa Sandi Password iPhone dan Hp Dinonaktifkan

Dengan kesan mewah, siapa saja pasti mengidam-idamkan bisa memiliki iPhone. Tak hanya mewah, ponsel premium ini juga didukung dengan tingkat keamanan yang tinggi. Dimana pengguna...

Posted on by Karinov
Berita

Yansfruit di bawah PT Dailygreen deal kontrak $4.5M di TEI 2019

Geliat ekonomi Nasional kini semakin menunjukan performa yang bagus, hal ini bisa kita lihat dari beberapa pameran perdagangan international yang terselenggara, salah satunya...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam