Panduan Memilih Blog untuk Content Placement

Ingin konten placement Anda viral dengan sendirinya? Panduan singkat ini mungkin dapat membantu Anda


Karinov
@karinovcoid
Panduan Memilih Blog untuk Content Placement

Ketika anda sedang asik berselancar di dunia maya dan mengunjungi suatu website, entah itu portal berita ataupun blog pribadi, tidak jarang kamu akan menemukan artikel dalam blog tersebut mengulas suatu produk atau brand dari perusahaan tertentu. Artikel ini bisa saja berupa product knowledge, reviews, atau bahkan hanya tulisan informatif yang memang sedang kamu cari.

Artikel-artikel semacam ini yang disebut Content Placement. Sederhananya, content placement merupakan sebuah metode untuk memasarkan sesuatu menggunakan konten yang ditempatkan di media luar selain media dari pemilik brand tersebut. Tujuan dari adanya content/blog placement seperti ini paling tidak terbagi menjadi 2, tujuan yang pertama agar konten tadi bisa dibaca oleh market yang lebih luas dengan ditempatkan pada blog yang sudah dikenal, ataupun dengan tujuan agar laman content placement dapat memberikan relevant backlink untuk website klien demi meningkatkan SEO metrik seperti DA/PA untuk memperkuat authority website di mata Google.

Logikanya, jika sebuah website sudah mendapatkan authorship di mata Google, maka apapun artikel yang ada di website tersebut akan mudah masuk di pencarian Google. Otomatis, jika Anda menaruh content di sana, akan banyak orang yang membaca artikel “titipan” Anda.

Model guest posting atau content placement Ini sebenarnya seperti simbiosis mutualisme, ada pihak perusahaan yang membutuhkan media promosi, dan ada pemilik blog yang akan mendapatkan uang sebagai imbalan telah menyediakan tempat untuk mereka memasarkan produknya. 

Syarat blog untuk Content Placement

Berikut ini, beberapa tips yang dapat anda praktekkan dalam mencari website atau blog yang ideal untuk menjadi mitra content placement bisnis Anda. Tentu bukan hanya sekedar metrik SEO seperti DA/PA tapi kembali ke tujuan awalnya, apakah platform penyedia layanan tersebut bisa memberika result sesuai yang Anda harapkan atau tidak.

Perhatikan SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan suatu langkah wajib yang harus anda pikirkan untuk memilih website atau blog yang baik. SEO merupakan salah satu cara untuk mendatangkan pengunjung secara organik dengan berusaha meraih peringkat paling tinggi pada halaman pencari. 

Cara yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan SEO ini antara lain adalah, dengan cara mencari kata kunci pada judul artikel website tersebut di Google. Lihatlah apakah artikel dari website yang sedang Anda pilih muncul di hasil pencarian atau tidak. Ini bisa jadi parameter sederhana sebuah blog pantas mendapat predikat SEO Friendly atau tidak.

Selain memperhatikan aspek SEO, pastikan artikel atau isi blog nantinya disajikan dengan gaya bahasa yang baik, lebih baik lagi apabila diulas dari sudut pandang yang baru. Mungkin anda dapat membahas tentang sesuatu yang sedang viral, atau sesuatu yang banyak disukai atau mungkin sesuatu yang sedang dicari oleh banyak orang. . 

Design Website yang menarik

Carilah website dengan desain yang semenarik dan se-eye catching mungkin dengan perpaduan permainan warna dan gambar sehingga dapat membuat orang betah untuk berlama – lama berselancar disana. Atau jika ada ingin membandingkan dari sisi konten sebuah blog, anda dapat mencari blog yang berisi artikel – artikel menarik, cerita pendek, berbagai macam tips, ataupun life hack kekinian. 

Pemilihan design untuk tipe blog bisa dicari yang lebih lebih simple, dengan font standart yang mudah dibaca. Yang terpenting dalam suatu blog adalah isi yang dapat memudahkan pengunjung menemukan content berkualitas nan informatif. 

Rutin Mengupdate Blog Post

Jika kedua langkah diatas sudah anda teliti, maka langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah, anda harus mengecek apakah website tersebut selalu diupdate secara rutin dan berkala. Paling tidak blog tersebut memiliki posting baru seminggu sekali, kemudian, lihat juga apakah artikelnya orisinil dan bukan hanya hasil copy paste

Satu hal yang perlu anda perhatikan adalah, segala sesuatu yang anda posting haruslah original, bukan plagiat, dan bukan Spam. Alangkah baiknya, jika sejak awal blog atau website yang Anda pilih sudah punya karakter penulisannya sendiri. 

Mau dapat paltform content palcement lebih dari sekedar kriteria di atas? Check layanan media buying dari Karinov.co.id.

Oke, itulah ulasan singkat mengenai cara memilih blog untuk content placement yang tepat. Kembali ke tujuan awal dari model guest posting seperti ini, buatlah artikel/blog post yang memang bermanfaat buat audience blog tersebut, bukan hanya sekedar mengiklankan produk Anda. Itulah mengapa model ini bisa memiliki reach yang tinggi secara organik karena jika pembaca Anda suka, konten bisnis kamu bisa viral dengan sendirinya!

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Entrepeneurship

Cara Mudah Membuat Artikel SEO Masuk Google

Untuk membuat artikel SEO friendly bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi, untuk bisa masuk ke dalam kategori SEO friendly, artikel tersebut harus bisa...

Posted on by Editorial Staff
Entrepeneurship

Mengenal Perbedaan Hosting dan Domain Untuk Pemula

Dalam membuat sebuah website, tentu Anda pernah mendengar tentang hosting dan domain. Kedua istilah itu memang saling berhubungan namun mempunyai peranan yang berbeda. Sayangnya,...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam