Jenis – Jenis Box Subwoofer, Pilih Sesuai dengan Selera Anda!


Editorial Staff
@oto_id
Jenis – Jenis Box Subwoofer, Pilih...

Suatu sistem speaker berbasis bass yang dapat menghasilkan frekuensi yang bunyinya cenderung lebih rendah, itulah yang disebut dengan subwoofer. Agar performa subwoofer dapat lebih ditingkatkan, maka kita butuh yang namanya box subwoofer.

Ya, box subwoofer inilah yang menjadikan performa subwoofer jauh lebih ideal. Box subwoofer memiliki berbagai macam jenis. Nah, dalam pemilihannya bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda. Berikut berbagai jenis box subwoofer yang dapat Anda kantongi. Miliki sekarang juga!

Jenis – Jenis Box Subwoofer

Sealed box

sealed box

Bentuk dari sealed box ini memanfaatkan kalkulasi volume untuk membantu dalam melakukan control atas berbagai perubahan serta membantu mengurangi volume. Model sealed box ini biasanya memiliki ruang box yang tidak memiliki lubang.

Bentuknya sendiri dipercaya mampu memberikan suatu gebukan bass yang memberikan respon tepat dan sangat halus. Jenis box woofer yang satu ini merupakan jenis yang paling banyak dipilih oleh mereka yang suka dengan audio kosmetik.

Sealed box memiliki berbagai macam kelebihan. Salah satu kelebihannya yaitu boxnya kecil seperti yang kita sebutkan sebelumnya. Selain itu, tenaga yang dikeluarkan besar, respon yang tepat serta dapat menghindari kesalahan dalam pembuatannya. Hanya saja satu kekurangan dari box ini yaitu sealed box memiliki tingkat efisiensi yang terbatas.

Lebih lengkap: Skema Box Subwoofer berbagai Ukuran

Vented ported

Model box vented ported ini memanfaatkan suatu port atau lubang dimana lubang tersebut memberikan peran untuk menambah output frequency rendah, udara didalam box dikeluarkan seperti motor atau piston dimana tahap perpindahan udaranya dapat memperbesar frequency subwoofernya.

Box yang semacam ini jenisnya, secara umum banyak orang gunakan di sistem SQ atau di sistem SPL. Ada beberapa kelebihan dari box ini. Beberapa kelebihan tersebut yaitu mampu menambah tingkat efisiensi, menopang output frequency yang rendah serta memiliki tingkat distorsi yang kecil.

Hanya saja karena ukuran box besar dan tak ada control tuning frequency sehingga menyebabkan pembuatan box agak susah dari proses awal sampai akhirnya.

Jenis infinite baffle yang anti air

infinite baffle

Subwoofer yang satu ini memiliki bentuk menempel di permukaan dengan memisahkan antara gelombang bagian depan dengan gelombang di bagian belakang. Bentuk ini tidak perlu ukuran yang terlalu besar.

Modelnya juga sering digunakan di kendaraan jenis sedan. Ada berbagai macam kelebihan dari box ini diantaranya yaitu resonansi yang cenderung rendah serta penggunaan tempat yang tidak terlalu besar.

Namun ada juga beberapa kekurangan dari box ini yaitu output yang terbatas dimana biasanya kesulitan untuk memperkuat gelombang depan dari arah belakang.

Acoustic couple

Acoustic couple ini merupakan dua subwoofer yang terpasang didalam sebuah box rapat. Hal ini sangat penting demi menambah tingkat volumenya. Acoustic couple memiliki berbagai macam kelebihan. Salah satu kelebihannya yaitu kemudahan dalam membuat untuk membagi ukuran.

Namun acoustic couple juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah perbedaan data output dari masing – masing driver. Bentuk ini cenderung lebih lentur tanpa adanya tambahan penguat.

Reflex bandpass

reflex bandpass

Bentuk sealed dari reflex bandpass ini dipasang ke dalam bentuk port untuk mendapatkan penyaring lowpadd. Hal ini perlu digunakan dalam rangka menambah tingkat efisiensi dari suara yang dihasilkan.

Bentuk subwoofer reflex bandpass ini terdiri atas dua jenis.

Jenisnya yaitu single reflex bandpass dan juga dual reflex bandpass. Keduanya membutuhkan tuning yang tidak sama. Box subwoofer ini memang sangat tepat untuk tenaga power. Akan tetapi ada beberapa kekurangan.

Kekurangannya yaitu distorsi yang tinggi, subwoofer yang mudah rusak, ukuran yang relatif besar serta memiliki pembuatan yang cenderung sulit.

Itulah berbagai jenis box subwoofer yang dijual di pasaran. Selain jenis diatas sebenarnya masih banyak jenis – jenis yang lain. Anda bisa menyesuaikan pemilihannya sesuai dengan selera Anda.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Produk Bisnis

Panduan Reset Password Brankas Krisbow

Punya hobi bongkar-bongkar brankas yang tak terpakai namun sulit membukanya? Jangan khawatir, karena saat ini sudah ada panduan reset password Safety Box Krisbow yang bisa Anda...

Posted on by Editorial Staff
Produk Bisnis

Ardium, Obat Rekomendasi untuk Ambeien / Wasir

Meskipun bisa diderita oleh anak – anak, tetapi yang paling banyak mengidap penyakit satu ini adalah orang dewasa pada usia 50 tahun ke atas. Ambeien atau wasir pada dasarnya...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam