Cara Cek Nomor Porsi Haji 2020

Aplikasi Haji Pintar 2019 dari kemenag dapat memudahkan menegcek nomor porsi haji


Karinov
@karinovcoid
Cara Cek Nomor Porsi Haji 2020

Ibadah haji merupakan salah satu ibadah wajib bagi mereka yang mampu. Yang dimaksud dengan kata mampu di sini adalah mampu tidak hanya dalam finansial saja, akan tetapi juga dari segi fisik dan kesehatan. Jika dibandingkan dengan ibadah yang lain, ibadah haji ini menjadi salah satu yang paling istimewa, sebab menggabungkan antara finansial dengan fisik.

Alasannya, karena selain harus mengerahkan jerih payah secara fisik, seseorang yang akan melaksanakan ibadah haji juga diharuskan untuk mengorbankan harta bendanya. Seseorang yang ingin menunaikan ibadah haji harus pergi meninggalkan tanah airnya dan mengalami berbagai rintangan serta menjalani kehidupan sebagai pengembara.

Lihat juga: Daftar Haji Umroh, Kanal Konsultasi Paket Haji Umroh

Tidak hanya itu saja, mereka juga harus merelakan harta bendanya sebagai biaya transportasi, tentu saja semua itu butuh biaya yang tak sedikit. Oleh sebab itu, dalil Al-Quran menyebutkan bahwa ibadah haji diwajibkan bagi mereka yang mampu.

“Bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan

QS Ali Imran : 97

Cara Cek Porsi Haji

Apabila Anda memang berminat untuk melaksanakan ibadah haji dalam waktu dekat ini, maka sebagai calon jamaah haji Anda sebaiknya lebih rutin lagi dalam melakukan pengecekan nomor porsi haji. Alasannya, karena estimasi tahun keberangkatan haji bisa saja berubah di setiap saat, dimana hal tersebut sering sekali disebabkan oleh banyak hal. Seperti adanya pengurangan kuota akibat renovasi Masjidil Haram, ada calon jamaah yang meninggal dunia duluan sebelum keberangkatan ibadah haji, dan lain – lain.

Cek Porsi Haji via Smartphone

Cara cek porsi haji ini sebenarnya mudah sekali, Anda bisa memanfaatkan salah satu aplikasi terbaik yang bisa di download secara gratis di Play Store, yakni aplikasi Haji Pintar 2019. Aplikasi Haji Pintar 2019 tersebut memang dibuat secara khusus untuk memudahkan para calon jamaah haji untuk mengakses berbagai informasi porsi haji, juga tahun keberangkatan yang disediakan Kementrian Agama Republik Indonesia.

aplikasi haji pintar playstore
Aplikasi haji pintar playstore | Indonesia.go.id

Berikut link download aplikasi Haji Pintar

Aplikasi Cek Porsi Haji ini tentu saja butuh koneksi data untuk bisa memberikan informasi secara jelas dan terperinci mengenai tahun keberangkatan ibadah haji, porsi haji, dan informasi lain yang masih ada kaitannya dengan ibadah haji. Dalam penggunaannya, Anda pastinya harus lebih bersabar lagi, sebab aplikasi tersebut nanti akan dihubungkan dengan data publik yang disediakan Kementrian Haji Republik Indonesia.

Kadang kalanya ada masalah koneksi sehingga bisa saja mengganggu untuk mendapatkan data yang diinginkan. Untuk itu Anda perlu melakukannya beberapa kali lagi setelah menunggu beberapa waktu. Ada kalanya Kementrian Agama Republik Indonesia juga tidak mempublish data porsi haji, misalnya saja ketika musim haji sedang berlangsung sehingga data keberangkatan haji tidak bisa didapatkan. Cara cek porsi haji lewat aplikasi tersebut selain mudah, juga bisa dilakukan secara gratis kapan pun Anda mau.

Cek Porsi Haji 2020 via Website

Adapun cara yang kedua terbilang lebih simpel karena tak perlu mengunduh aplikasi apapun. Hanya perlu mengakses website Kementerian Agama untuk mendapatkan data-data tersebut, berikut langkahnya:

  1. Buka website haji.kemenag.go.id

  2. Klik menu dropdown Basis Data

  3. Klik Perkiraan Keberangkatan

  4. Masukkan nomor porsi yang Anda punya ke kolom yang disediakan

  5. Klik cari

  6. Seluruh informasi yang Anda butuhkan akan ditampilkan

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara cek porsi haji. Semoga informasinya bisa bermanfaat.

Show Comments (1)

Comments

  • Ahmad Khalakul Khairi

    Sudah positif berangkat 2020, tp kami perlu info cara daftar ulang, melalui link mana?

    • Article Author
    • Reply

Related Articles

Berita

Daftar Tunggu Haji dan Kuota Tiap Kota/Kab di Indonesia

Jika dilihat, daftar tunggu Haji yang sudah dirilis oleh Kemenag di tahun 2019 ini sudah semakin panjang. Hal ini karena meningkatnya keinginan masyarakat Indonesia untuk...

Posted on by Karinov
Berita

BBM Naik Lagi: Harga Pertamax Naik Jadi Rp 10.400 Siang Ini

Harga bahan bakar minyak (BBM) PT Pertamina (Persero) Pertamax Cs naik mulai hari ini. Kenaikan ini dipengaruhi kenaikan harga minyak mentah dunia. “Penyesuaian harga BBM...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam