Panduan Mengajukan Klaim Perawatan RS Untuk Pasien Covid19


Karinov
@karinovcoid
Panduan Mengajukan Klaim Perawatan RS Untuk...

Wabah Covid-19 yang melanda dunia membuat banyak orang merasa takut terkena virus tersebut. Untuk membantu dan bertanggung jawab terhadap masyarakat, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah mengatur klaim untuk penggantian biaya perawatan pasien yang terkena Covid-19 berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan tanggal 24 April 2020.

Pengajuan klaim oleh rumah sakit memang tidak bisa dilakukan begitu saja, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak rumah sakit. Hal tersebut memiliki tujuan agar klaim yang dibayarkan sesuai bagi semua pihak.

Pengajuan Klaim Covid-19

Penanganan Covid-19 dengan RS rujukan (Indonesiabaik.id)
Penanganan Covid-19 dengan RS rujukan (Indonesiabaik.id)

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat edar yang berisi hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengajuan klaim untuk pasien Covid-19. Beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Rumah sakit dapat mengajukan klaim untuk biaya perawatan pasien Covid-19 secara kolektif kepada Dirjen Pelayanan Kesehatan.
  2. Berkas klaim untuk penggantian biaya dapat diajukan untuk pasien yang dirawat sejak tanggal 28 Januari 2020 oleh rumah sakit.
  3. Berkas klaim dapat berupa softcopy hasil dari scanning atau foto berkas klaim dan selanjutnya di-upload secara online (berkas berupa hard copy disimpan oleh pihak rumah sakit).
  4. Pengajuan klaim penggantian biaya bisa diajukan setiap 14 hari kerja oleh rumah sakit.
  5. Pihak BPJS Kesehatan akan mengeluarkan berita verifikasi mengenai pembayaran klaim paling lambat selama tujuh hari kerja setelah klaim yang dikirimkan diterima.
  6. Pihak dari Kementerian Kesehatan akan membayar klaim tagihan yang telah diajukan oleh rumah sakit dan membayarkan secara langsung pada pihak rumah sakit. Pembayaran dilakukan dalam waktu tiga hari kepada pihak rumah sakit.
  7. Klarifikasi serta verifikasi ulang akan dilakukan pada kasus yang ditangguhkan.

Berkas klaim yang diperlukan untuk proses verifikasi harus berupa softcopy atau foto berkas. Beberapa berkas yang harus dipersiapkan, yaitu:

  • Surat pertanggungjawaban mutlak atau SPTJM yang dibuat oleh rumah sakit dan dilengkapi dengan tanda tangan pimpinan rumah sakit. Surat tersebut menyatakan bahwa pihak rumah sakit akan bertanggung jawab jika ternyata ditemukan ketidaksesuaian jumlah klaim yang akan merugikan negara sesuai dengan formulir 1.
  • Permohonan pembayaran klaim tagihan pasien. Usulan permohonan harus dilengkapi dengan rekapitulasi pasien yang dibuat oleh rumah sakit. Permohonan mengenai pembayaran biaya harus terdapat tanda tangan dari pimpinan rumah sakit sesuai formulir 2.
  • Surat perintah kerja yang dibuat oleh pihak rumah sakit dan harus terdapat tanda tangan pimpinan rumah sakit dan pejabat pembuat komitmen sesuai formulir 3.
  • Berita acara verifikasi pembayaran. Berita acara perlu ditandatangani oleh pimpinan rumah sakit sesuai formulir 4.
  • Tanda tangan.
Prosedur klaim perawatan pasien covid-19 (Indonesiabaik.id)
Prosedur klaim perawatan pasien covid-19 (Indonesiabaik.id)

Verifikasi yang Dilakukan oleh BPJS Kesehatan

Agar klaim yang diiberikan kepada rumah sakit sesuai, maka pihak BPJS harus melakukan verifikasi. Verifikasi yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Verifikasi Administrasi
  2. Pemeriksaan administrasi dalam hal kelengkapan setiap berkas klaim yang dikirimkan oleh pihak rumah sakit yang dilakukan oleh tim verifikator dari BPJS Kesehatan. Pemeriksaan yang dilakukan adalah melihat kesesuaian antara berkas klaim dengan berkas syarat.
  3. Tim verifikator akan melakukan cek dan mencocokkan tagihan yang diajukan pihak rumah sakit dengan bukti-bukti yang terlampir.
  4. Verifikasi Pelayanan
  5. Tim verifikator wajib memastikan bahwa berkas klaim yang diajukan telah lengkap.
  6. Tim verifikator melakukan perhitungan biaya, biaya meliputi biaya pelayanan dan waktu perawatan yang diperlukan. Perhitungan dilakukan sesuai dengan pelayanan yang diterima oleh pasien dari pihak rumah sakit. Klasifikasi ketentuan waktu lama perawatan pasien, yaitu:
  7. Pihak rumah sakit merawat pasien selama kurang atau sama dengan 6 jam, klaim akan dibayar sesuai tarif INA-CBG rawat jalan.
  8. Pihak rumah sakit merawat pasien lebih dari 6 jam sampai 2 hari, klaim akan dibayar sebesar 70 persen tarif klaim.
  9. Pihak rumah sakit merawat pasien lebih dari 2 hari sampai 5 hari, klaim akan dibayar sebesar 80 persen dari tarif klaim.
  10. Pihak rumah sakit merawat pasien lebih dari 5 hari, klaim akan dibayar sebesar 100 persen.
  11. Pelayanan dan lama perawatan merupakan satu rangkaian, yaitu pengambilan swab, administrasi pelayanan, serta kamar (akomodasi). Selain itu, jasa dokter, tindakan di ruangan, pemakaian ventilator, pemeriksaan penunjang diagnostik, biaya obat, alat kesehatan, rujukan, serta pelayanan lain berdasarkan indikasi medis.
  12. Pihak BPJS Kesehatan akan membuat hasil verifikasi dalam bentuk berita acara hasil verifikasi klaim.

Jika BPJS Kesehatan telah menyatakan bahwa proses verifikasi selesai maka klaim sudah layak dibayarkan oleh negara.

Pembiayaan untuk klaim perawatan pasien Covid-19 oleh rumah sakit berasal dari DIPA atau Daftar Isian Pelaksana Anggaran yang dimiliki oleh BNPB atau sumber lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan. Oleh karena itu, diharapkan setiap pasien dan pihak rumah sakit dapat fokus pada proses pemulihan agar negara bisa segera terbebas dari wabah Covid-19.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Berita

Ini Daftar 5 Perusahaan / Bisnis Milik Sandiaga Uno

Sandiaga Uno kini menjadi Calon Wakil Presiden yang mendampingi Calon Presiden Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden 2019 yang akan datang. Bisa dibilang, Sandiaga Salahuddin...

Posted on by Editorial Staff
Berita

Solusi iPhone Dinonaktifkan dan Sambungkan ke iTunes

Bagi pemilik iPhone, mungkin Anda pernah mengalami masalah ketika perangkat Anda dinonaktifkan, muncul layar perintah untuk disambungkan ke iTunes. Layar tersebut merupakan salah...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam