Panduan RDTR Provinsi DKI Jakarta Lengkap [+Download Peta]


Karinov
@karinovcoid
Panduan RDTR Provinsi DKI Jakarta Lengkap...

RDTR atau Rencana Detail Tata Ruang merupakan suatu konsep tata ruang kota yang dirancang untuk mendapatkan konsep tata ruang terbaik. Provinsi DKI Jakarta juga memiliki konsep RDTR tersendiri untuk mendapatkan konsep tata ruang terbaik di kotanya.

Kebijakan terbaru tentang konsep tata ruang, pemprov DKI Jakarta bersama warga DKI Jakarta berharap agar semua pihak bisa secara konsisten menjaga tata ruang kota dan tata ruang hijau yang diterapkan nantinya agar DKI Jakarta tetap menjadi kawasan percontohan bagi daerah yang lainnya.

Mengenai seperti apa konsep RDTR provinsi DKI Jakarta, berikut ulasannya!

Konsep RDTR Provinsi DKI Jakarta

Mengenai tata konsep RDTR provinsi DKI Jakarta, hal tersebut telah dijelaskan oleh Anggota Komisi D, Bestari Barus ketika moment penerimaan tamu daerah DPRD kota Batam yang diselenggarakan di gedung DPRD bulan Agustus 2019 lalu.

Ketika ditanyakan juga tentang kondisi tata ruang hijau dan tata ruang kota milik DKI Jakarta, Bestari Barus mengungkapkan bahwa konsep tata ruang DKI Jakarta memiliki prinsip dasar terletak pada aturan RDTR sesuai peraturan daerah atau Perda nomor 1 tahun 2014 mengenai Rencana Detail Tata Ruang dan juga Peraturan Zonasi (PZ).

Jadi konsep kota kita (DKI Jakarta) sudah bukan lagi dibuat sekedar hanya untuk memenuhi syarat tempat publik saja, akan tetapi juga telah dijadikan sebagai taman kota dengan prosentase sebesar 20% untuk tanaman hijau public dan mencapai 10% sebagai lahan tanaman hijau private.

Sebagai contoh, Taman Monas kemudian di Jalan Jenderal Sudirman dan juga di area bawah Jembatan Semanggi. Disana telah berpusat menjadi konsep – konsep RDTR yang sesuai konsep.  Hal tersebut benar – benar dipaparkan oleh Bestari Barus ketika ditanyakan mengenai RDTR provinsi DKI Jakarta.

Sementara itu ketua komisi III DPRD kota Batam dalam hal ini Nyanyang Haris Pratamurra memberikan apresiasi atas langkah dari DPRD DKI terkait upaya percepatan penataan ruang hijau dan kota yang diterapkan Pemprov DKI.

Ia berpandangan bahwa konsep milik DKI sudah jauh lebih baik dari segala aspek, termasuk juga soal syarat tata ruang ibu kota yang ada. Nyanyang Haris Pratamurra mengatakan bahwa ada banyak aturan di daerah mereka yang harus segera ditangani, dilakukan dan ditindaklanjuti.

Darisana mereka akan melakukan berbagai macam upaya koordinasi dengan dinas terkait. Perda RDTR dan juga peraturan zonasi yang terdiri atas 23 bab pun memberikan tata aturan tentang RDTR dengan sangat kompleks. Tata aturannya sebagai berikut:

  • Pola pengembangan kawasan dan sifat lingkungan
  • Rencana detail mengenai tata ruang kecamatan
  • Peraturan zonasi yang sesuai konsep
  • Perizinan dan juga rekomendasi
  • Insentif dan disinsentif
  • Pengendalian pemanfaatan ruang
  • Hak, kewajiban serta peran dari anggota masyarakat
  • Pembinaan dan model – model pengawasan yang sesuai

Semua konsep tersebut menjadi landasan awal RDTR provinsi DKI Jakarta akan berjalan nantinya. Untuk mendapatkan peta RDTR Provinsi DKI Jakarta untuk semua kecamatan, Anda dapat mengunduhnya pada tautan yang kami sediakan di bawah ini.

contoh peta zonasi kecamatan tebet
Contoh peta zonasi kecamatan Tebet

Peta RDTR DKI Jakarta

Berikut beberapa tautan download yang tersedia di situs resmi milik Pemprov DKI Jakarta. File di bawah ini dibagi berdasarkan Kota Administrasi yang ada di Jakarta, sedang pembagian petanya dibuat per kecamatan.

Untuk unduhan lengkap baik RDTR maupun PZ setiap kecamatan, Anda dapat langsung menuju halaman resmi dari pemprov DKI Jakarta yaitu Dcktrp.jakarta.go.id. File peta dalam format PDF dapat Anda temukan pada bagian Lampiran di dalam tab Buku 2. Semoga bermanfaat!

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Berita

2 Cara Sederhana Berburu Tiket Pesawat Murah

Salah satu kendala bagi semua orang ketika liburan adalah tiket pesawat dan akomodasi yang mahal. Orang-orang sibuk mencari tiket promo dari beberapa maskapai penerbangan....

Posted on by Editorial Staff
Berita

Unbox.id: Situs Review Produk Kekinian di Indonesia

Perkembangan teknologi mengharuskan kita untuk bisa selalu update dan mengetahui banyak hal. Dan untuk memberikan beragam informasi ini juga banyak kelompok yang memberikan...

Posted on by Editorial Staff

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam