Cara Menghapus Konten URL Web di Pencarian Google

Mau halaman Anda dihapus dari hasil pencarian Google? Ikuti langkah berikut ini


Karinov
@karinovcoid
Cara Menghapus Konten URL Web di Pencarian...

Walaupun sebagian besar pemilik situs menginginkan agar halamannya berada pada urutan teratas Google, namun adakalanya kita ingin menghapus laman dari hasil pencarian. Hal ini terjadi ketika laman tersebut mengganggu privasi, mengandung konten berbahaya, atau info yang disajikan sudah tidak relevan. Untungnya, Google menyediakan fitur khusus agar para webmaster dapat menghapus halaman yang mereka miliki dari listing pencarian, berikut tahapannya.

Menghapus Konten Usang

Apabila konten yang telah dihapus dari situs masih muncul kembali dalam hasil Google Penelusuran, chache atau deskripsi halaman, mungkin koten tersebut telah usang. Maka dari itu, konten usang akan meminta untuk dihapus.

Lantas bagaimanakah cara menghapusnya? Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka halaman Hapus konten usang. Kemudian masukkan URL atau alamat web halaman dengan konten usang yang ingin dihapus.

Selanjutnya pilih Minta penghapusan. Ikuti langkah layar untuk memberikan informasi lengkap pada Google bila anda melihat pesan “Kami merasa gambar atau halaman yang coba anda hapus belum dihapus oleh pemilik situs”. Namun, bila anda melihat pesan “Konten ini sudah tidak ada di situs”, maka anda bisa memilih Minta Penghapusan.

Menghapus URL dari Google Penelusuran

Mesin pencari Google akan mengizinkan pemilik web untuk tidak memasukkan URL pada hasil pencarian. Ada beberapa cara untuk dapat menghapus halaman tertentu pada web.

Google Search Console Remove URLs

Memblokir URL yang terdapat di web akan membuat Google berhenti mengindeks halaman web. Selain itu, pada hasil penelusuran juga tidak akan muncul. Apabila anda menginginkan halaman web tidak muncul di Google penelusuran, maka anda dapat melakukannya melalui Google Search Console.

Anda dapat mengaksesnya dengan cara pilih Google Index. Kemudian klik Removal URLs dan tekan Temporary Hide. Anda bisa memasukkan URL yang diinginkan agar muncul di Google Penelusuran. Selanjutnya anda akan dihadapkan pada pilihan apakah ingin membersihkan cache URL sementara atau dari cache. Setelah itu, pilih submit Request. Agar lebih mudah Anda dapat mengunjungi laman url-removals di bawah ini.

www.google.com/webmasters/tools/url-removal

Tools di atas sebenarnya merupakan fitur dari Google Webmaster Tools versi lama, jika Anda menggunakan Search Console terbaru, sebaiknya Anda menggunakan cara di bawah ini.

Google Remove Outdated Content

Anda hanya perlu mengunjungi Remove Outdated Content, kemudian masukkan URL yang ingin diblok. Cara ini hanya dapat dipakai saat halaman telah dihapus atau diubah dari halaman web. Untuk menghapus snipet atau cache yang telah usang dari hasil penelusuran juga bisa.

Caranya, anda tinggal memasukkan URL dalam kolom, kemudian tekan Request Removal. URL pun akan dengan cepat terhapus dari Google Pencarian.

www.google.com/webmasters/tools/removals?pli=1

Yoast SEO

Pemblokiran URLs masih dapat dilakukan melalui plugin Yoast SEO. Meskipun anda tidak memiliki akses ke Google Search Console. Yoast SEO terbilang sangat mudah untuk dilakukan.

Pertama-tama instal Yoast SEO. Kemudian aktifkan. Bukalah halaman yang ingin diblokir dari hasil pencarian setelah plugin aktif. Pada bagian bawah kolon editor ada beberapa opsi pada pengaturan Advance Setting. Agar halaman tidak terindeks oleh Google Penelusuran, maka anda harus mengisi No pada “Allow search engines to show this Post in search results?”. Isi juga pada “Should search engines follow links on this Post?”.

Pengaturan ini akan memberitahukan kepada mesin pencarian agar tidak menjalankan indeksasi ke halaman. Jangan lupa untuk menyimpannya setelah anda memilih pengaturan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memblokir atau menghapus halaman tertentu dari Google penelusuran. Anda dapat memilih banyak cara seperti yang telah kami sampaikan di atas. Gunakan cara yang menurut anda paling efektif dan mudah dilakukan.

Show Comments (3)

Comments

  • Leafcoder

    Nice info min! Akhirnya ketemu juga info yg sedang saya cari disini. Sebelum menghapus, wajib login akun google dlu gak min?

    • Article Author
    • Reply
    • Karinov

      Ya, harus login dahulu dan terdaftar di Google Search Console.

      • Article Author
      • Reply
  • data

    website ini sangat bermanfaat sekali. terima kasih sudah berbagi pengetahuan

    • Article Author
    • Reply

Related Articles

Tutorial

System Requirement Rekomendasi Untuk Install MotoGP 14

MotoGP 14 merupakan sebuah racing game atau game balapan motor yang dikembangkan dan dipublikasikan pada bulan Juni 2014 oleh Milestone S.r.l. Milestone memang sudah lama diakui...

Posted on by Karinov
Tutorial

Syarat dan Formulir Pengukuhan untuk SP PKP 2020 [PDF]

Bagi sebagian warga, singkatan SP PKP mungkin terdengar asing di telinga. Singkatan tersebut merupakan kepanjangan dari Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak. Patut dicatat, tidak...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam