Mengenal Inbound Marketing: Pemasaran Model Baru


Editorial Staff
@zaidmgn
Mengenal Inbound Marketing: Pemasaran Model...

Era digital membuat para konsumen justru yang mencari penjual. Mengapa begitu? Bukankah seringkali kita mencari produk hanya dengan mengetikkan keyword produk di social media atau google? Saat kita menemukan hasil pencarian, kemungkinan besar kita akan memilih blog atau web yang berada di urutan teratas. Web tersebut telah menerapkan salah satu teknik dari inbound marketing. Inbound marketing adalah teknik pemasaran yang mengupayakan agar konsumenlah yang menemukan penjual.

Teknik Inbound Marketing

Untuk lebih memahami tentang inbound marketing ini sebaiknya perhatikan teknik yang bisa dilakukan agar lebih memahami tentang inbound marketing. Berikut ini beberapa teknik dari Inbound marketing.

Search Engine Optimization

Teknik ini adalah asal mula dari munculnya Inbound Marketing. Pada tahun 2006 teknik inbound marketing disebut sebagai Search Engine Optimization (SEO) tetapi berubah karena semakin beragamnya teknik yang dilakukan. SEO adalah teknik agar blog menempati urutan pertama di hasil pencarian dengan cara memasukkan sebanyak mungkin keyword di blognya.

Blogging

Disebut sebagai salah satu teknik Inbound Marketing karena blogger akan berlomba-lomba meningkatkan trafiknya. Jika blog tersebut terus mengalami peningkatan trafik, maka blog tersebut akan sangat mudah ditemukan oleh konsumen. Proses itulah yang menyebabkan blogging termasuk dalam Inbound Marketing.

Berikut ini ialah trik meningkatkan trafik blog:

  1. Update konten sesering dan serutin mungkin

    Cara ini bertujuan agar blog tersebut selalu up to date. Blog yang up to date otomatis akan mengalami peningkatan page rank website. Page rank website adalah patokan google dalam merangking blog dari seluruh blog yang ada. Page rank website dapat diketahui dengan menginstal add-on page rank di mozila anda.

  2. Kunjungi blog orang lain

    Saat anda mengunjungi blog orang lain lalu memberikan komentar di blog tersebut, otomatis anda telah memperkenalkan situs blog tersebut. Tujuan dari cara ini ialah untuk meningkatkan trafik blog yang dikelola. Semakin tinggi trafik, maka blog anda semakin dikenal, lalu akan berdampak pada peningkatan terjualnya produk yang dipromosikan di blog tersebut.

  3. Tambahkan video di blog anda

    Penambahan video di blog ditujukan agar pembaca di blog anda tak mendapatkan paparan secara visual tapi juga secara audio. Seperti yang kita ketahui saat ini video blogging sudah marak dijalankan. Selain dapat menambah value blog, video ini dapat membuat pembaca lebih lama membuka blog yang anda kelola.

Pemanfaatan Social Media

Seperti yang kita ketahui saat ini seluruh informasi begitu cepat tersebar melalui social media. Jika ingin produk yang dijual semakin dikenal, social media juga harus menjadi sarana promosi selain blog. Pebisnis online selalu berusaha memposting produknya melalui social media sehingga semakin banyak postingan semakin banyak konsumen yang mengenal produknya.

Pemanfaatan Podcast

Seperti halnya radio, podcast memberikan informasi melalui audio bukan secara visual. Teknik inbound marketing melalui podcast digunakan untuk menarik konsumen yang sifatnya audiosonik (lebih suka mendengarkan daripada melihat gambar). Kelebihan dari teknik ini, konsumen dapat mendengar paparan produk kita sambil mengerjakan hal lain sehingga tidak mengganggu aktivitas konsumen.

Search Engine Marketing

Teknik inbound marketing ini tak berbeda jauh dengan teknik SEO (Search Engine Optimization) yang telah dijelaskan di point pertama. Perbedaannya terletak pada berbayar dan tidak berbayar. Teknik ini efektif karena konsumen dapat cepat menemukan situs web penjual tetapi tidak efisien karena memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Kesimpulan

Pada intinya inbound marketing ialah cara yang digunakan pebisnis online dengan mengupayakan agar dapat mudah ditemukan konsumen. Itulah paparan konkret mengenai inbound marketing. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemasaran yang maksimal dapat dilakukan dengan tidak menggunakan satu atau dua teknik dari ini. Perpaduan dari berbagai teknik dan pertimbangan mengenai efisiensi dan efektifitas pemasaran produk yang menjamin suksesnya teknik ini.

Show Comments (1)

Comments

  • koekoeh

    bagus infonya kak 🙂

Related Articles

Entrepeneurship

Cara Sukses Membuat Bisnis Plan

Tak ada orang yang mau bisnisnya tidak berkembang atau malah sudah berjalan lama namun masih stuck disitu – situ saja. Tidak. Pastinya semua orang ingin agar bisnis yang...

Posted on by Editorial Staff
Entrepeneurship

Cara Kerja Pemasaran Online

Saat ini selain digunakan untuk kepentingan umum media sosial juga dapat digunakan sebagai sarana pendapatan/income. Pemasaran online sangat penting dilakukan agar para pengguna...

Posted on by Editorial Staff

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam