Cara Mudah Lapor Pajak secara Online


Editorial Staff
@zaidmgn
Cara Mudah Lapor Pajak secara Online

Wajib pajak merupakan perseorangan atau badan yang wajib baginya untuk membayar dan menyetorkan sejumlah uang pajak yang dibebankan terhadapnya. Setelah menunaikan kewajiban untuk membayar pajak, wajib pajak memiliki kewajiban untuk melaporkan pajak yang telah dibayarkan.

Dalam upaya pelaporan pajak oleh seorang wajib pajak, sekarang prosedur pelaporan pajak tidak hanya bisa dilakukan dengan mengunjungi kantor Direktorat Jenderal Pajak secara langsung. Melainkan pelaporan perpajakan sekarang bisa dilakukan secara online.

Hal ini tentu menjadi suatu kebijakan yang sangat baik untuk memudahkan wajib pajak dalam menyetor dan melaporkan pajak yang telah dibayarkan. Lantas seperti apa cara lapor pajak online yang dapat dilakukan oleh seorang wajib pajak?

Cara Lapor Pajak Online yang Paling Mudah

Cara lapor pajak online yang bisa dilakukan oleh seorang wajib pajak baik wajib pajak perorangan atau badan adalah melalui E-Filing. Apa itu E-Filing?

E-Filing ini merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk membantu wajib pajak dalam upaya melaporkan surat pemberitahuan (SPT) secara online. Sistem E-Filing ini sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 2005 silam akan tetapi masih masif dan tak banyak digunakan.

Terlebih pada waktu itu, E-Filing menggunakan jasa penyedia aplikasi yang merupakan suatu perusahaan swasta sehingga penggunaannya masih berbayar. Namun sekarang, semua hal itu sudah tidak lagi berlaku. Masyarakat Indonesia yang ingin melaporkan SPT melalui E-Filing dapat mengaksesnya secara gratis.

Untuk dapat mengakses E-Filing dan menggunakannya, syarat – syarat yang harus dipenuhi wajib pajak diantaranya :

  • Memiliki Kode EFIN (Electronic Filing Identification Number)
  • SPT baik dalam bentuk lembaran atau elektronik
  • Sudah terdaftar di Online Pajak

Jika semua syarat tersebut sudah Anda perhatikan dan sudah Anda penuhi, selanjutnya ikuti langkah – langkah berikut ini untuk memanfaatkan, menggunakan atau mengakses E-filing dan melaporkan SPT pajak. Langkah-langkahnya yaitu :

Dapatkan EFIN terlebih dahulu

Agar Anda bisa melakukan pengisian E-Filling, lebih dulu yang Anda harus lakukan adalah mendapatkan EFIN. Jika Anda sudah memiliki EFIN dan juga sertifikat elektronik, maka Anda tidak perlu lagi meminta EFIN yang baru.

Sertifikat elektronik atau EFIN yang dimaksud disini adalah suatu sertifikat yang berisi tanda tangan elektronik dan juga identitas bagi setiap wajib pajak. Sertifikat elektronik tersebut diberikan oleh pihak Dirjen Pajak pada seorang Pengusaha Kena Pajak (PKP) sebagai bukti yang otentik atas pengguna layanan pajak.

Hal tersebut juga berupa aplikasi pajak yang telah disediakan oleh Dirjen Pajak ataupun layanan permintaan nomor seri faktur pajak melalui website. Jika Anda masih belum, maka Anda harus mengajukan permintaan EFIN ke tempat pelayanan pajak. Langkah – langkahnya sebagai berikut ini :

  • Pertama – tama Anda harus unduh dulu formulir permohonan aktivasi EFIN melalui link https://www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-efin
  • Kemudian selanjutnya pastikan bahwa Anda memiliki semua persyaratan secara lengkap.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang asli dan fotocopy diperuntukkan bagi warga negara Indonesia
  • Paspor dan kartu izin tinggal sementara atau KITAS atau kartu izin tinggal tetap atau KITAP
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau surat keterangan terdaftar sebagai wajib pajak email
  • Dapatkan dan kemudian aktifkan EFIN di kantor pelayanan pajak terdekat atau melalui booth pelayanan pajak. Biasanya pihak kantor pajak yang membuka booth layanan pajak setiap bulan Maret berlangsung di area – area perkantoran demi memudahkan karyawan.

Butuh bantuan konsultasi pajak? Tanya kami via WhatsApp

Buat akun melalui website resmi DJP online

Bagi Anda yang sudah pernah melakukan E-Filing sebelumnya bisa secara langsung login melalui https://djponline.pajak.go.id/account/login dengan melakukan pengisian nomor NPWP dan juga password Anda.

Sementara untuk Anda yang sebelumnya belum pernah melakukan registrasi, ada beberapa langkah berikut ini yang perlu Anda lakukan meliputi :

  • Pertama – tama Anda harus masuk ke link https://djponline.pajak.go.id/account/login kemudian setelah itu pilih menu “Anda belum terdaftar? Daftar disini”
  • Selanjutnya masukkan nomor dari kartu NPWP dan EFIN yang telah Anda terima dan klik verifikasi
  • Kemudian Anda akan menuju ke laman yang menunjukkan identitas Anda secara otomatis. Periksa kembali apakah data yang tertera sudah benar. Kemudian buat password sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan klik simpan. 
  • Selanjutnya cek pesan masuk di email Anda. Anda akan mendapatkan email yang berisi tentang nomor identifikasi dan password atau kata sandi serta juga link aktivasi. Setelahnya klik link tersebut untuk melakukan aktivasinya. 
cara lapor pajak secara online
cara lapor pajak secara online

Login dan laporkan pembayaran pajak Anda secara online

Setelah Anda daftar dan sudah memiliki suatu akun, sekarang Anda tinggal melakukan proses pelaporan pembayaran pajak dan upload SPT. Langkah – langkah pelaporan atas pembayaran pajak yang Anda harus lakukan sebagai berikut :

  • Pertama – tama login ke situs https://djponline.pajak.go.id/account/login dengan cara masukkan nomor kartu NPWP dan juga password Anda
  • Setelah itu klik E-Filing untuk diarahkan ke laman “Daftar SPT”. Kemudian klik “Buat SPT” untuk menuju pada halaman yang selanjutnya. Nanti Anda akan segera menemukan terdapat berbagai pertanyaan yang bertujuan untuk menentukan jenis – jenis formulir SPT Anda baik itu jenis 1770, 1770-S atau 1770-SS.
  • Setelah itu Anda bisa memilih apakah akan mengisi SPT dengan formulir atau pertanyaan panduan.
  • Isikan semua halaman sampai dengan halaman yang terakhir. Kemudian selanjutnya klik kotak dialog “Disini” untuk meminta kode verifikasi. Setelah Anda klik maka kode verifikasi akan segera dikirimkan ke email yang sudah didaftarkan.
  • Selanjutnya klik “kirim SPT” dan terakhir, simpan data yang telah diisi dengan cara klik simpan.

Sangat mudah dan cepat bukan cara lapor pajak online diatas? Selamat mencoba dan semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.

This article is contributed by PEPconsult.co.id

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Berita

Sandiaga Uno, Inspirasi Pengusaha Sukses di Usia Muda

Siapa yang tidak kenal dengan Sandiaga Uno, pengusaha muda yang saat ini sedang fenomenal. Pria kelahiran Pekanbaru 28 Juni 1969 ini berhasil menjadi panutan anak muda untuk bisa...

Posted on by Karinov
Berita

Yansfruit di bawah PT Dailygreen deal kontrak $4.5M di TEI 2019

Geliat ekonomi Nasional kini semakin menunjukan performa yang bagus, hal ini bisa kita lihat dari beberapa pameran perdagangan international yang terselenggara, salah satunya...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam