Apa Itu Lembaga Bantuan Hukum (LBH) serta Fungsinya

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan peran penting lembaga bantuan hukum yang perlu Anda ketahui


Karinov
@karinovcoid
Apa Itu Lembaga Bantuan Hukum (LBH) serta...

Lembaga bantuan hukum pada dasarnya dihadirkan bukan tanpa alasan. Tujuan utama adalah untuk membantu masyarakat tanpa memandang status sosial dan ekonomi, terutama bagi mereka yang berkeinginan dalam penegakkan keadilan dan kedudukan yang sama di mata hukum. Apalagi jika kita amati lebih jauh lagi, kebanyakan kasus – kasus yang sering terjadi justru memperlihatkan kalau hukum saat ini mulai tumpul ke atas dan tajam ke bawah.

Mengenal Apa Itu Lembaga Bantuan Hukum

Secara umum pengertian lembaga bantuan hukum adalah sebuah lembaga yang sifatnya non profit. Didirikan khusus untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin secara gratis kepada mereka yang butuh bantuan hukum tetapi tidak mampu, atau buta hukum, maupun tertindas oleh kasus yang sedang dihadapinya. Namun meskipun demikian ada pula lembaga bantuan hukum yang mencari keuntungan. Oleh karenanya Anda harus meminta kejelasan yang pasti ketika pertama kalinya berkonsultasi.

Bantuan hukum secara cuma – cuma ini bahkan sudah dijelaskan dalam Undang Undang tahun 2011 No 16 Pasal 1 yang berbunyi, ‘Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh pemberi bantuan hukum (LBH) secara cuma-cuma kepada penerima bantuan hukum. Contoh lembaga bantuan hukum yang ada saat ini: Nurani.or.id. Lalu, penerima bantuan hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum’.

Selain itu, hak mendapatkan bantuan hukum bagi mereka yang kurang mampu, buta hukum, atau dengan alasan lainnya juga dinyatakan dalam SEMA tahun 2010 No 10 Pasal 27 yang berbunyi, ‘Seseorang yang berhak mendapatkan jasa dari pos bantuan hukum adalah orang yang tidak mampu membayar jasa advokat terutama perempuan dan anak-anak serta penyandang disabilitas, sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku’.

Melalui layanan hukum inilah diharapkan agar masyarakat semakin mudah dalam mencari keadilan seadil – adilnya. Apalagi sekarang sudah semakin banyak saja didirikan lembaga bantuan hukum di kantor – kantor pengadilan atau pos – pos di lingkungan sekitar masyarakat. Dengan begitu setiap keluhan dan laporan dari masyarakat bisa langsung ditampung dan dilayani dengan sebaik mungkin. Jika dilihat dari beberapa penjelasan tersebut, berikut ini adalah beberapa fungsi dan peran penting lembaga bantuan hukum yang harus Anda ketahui.

  • Public service
  • Social education
  • Perbaikan tertib hukum
  • Pembaharuan hukum
  • Pembukaan lapangan kerja atau labour market
  • Practical training

Bantuan lembaga hukum pada dasarnya meliputi menjalankan kuasa, mendampingi, mewakili, melakukan pembelaan, dan tindakan hukum lain untuk kepentingan hukum si penerima bantuan hukum. Tujuannya tidak lain untuk memberikan jaminan dan memenuhi hak penerima bantuan agar mendapat akses keadilan seadil – adilnya.

Mewujudkan hak konstitusional sesuai prinsip persamaan kedudukan di mata hukum yang ada, memberikan jaminan kepastian dalam penyelenggaraan bantuan hukum yang dilaksanakan secara merata, dan mewujudkan peradilan yang bisa dipertanggung jawabkan.

Tentu saja melalui lembaga bantuan hukum inilah masyarakat akan sangat diuntungkan sekali. Sebab, mereka kini tidak lagi harus membayar jasa advokat untuk mendapatkan jasanya. Namun meskipun demikian ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan jasa advokat secara gratis. Pertama, meminta bantuan hukum ke membaga bantuan hukum atau organisasi kemasyarakatan. Kedua, adalah dengan meminta bantuan hukum secara gratis kepada advokat langsung.

Hak mendapat bantuan hukum secara gratis juga dijelaskan dalam SEMA tahun 2010 No 10 Pasal 25 yang berbunyi, ‘Jasa bantuan hukum yang dapat diberikan oleh pos bantuan hukum berupa pemberian informasi, konsultasi, dan nasihat serta penyediaan advokat pendamping secara cuma-cuma untuk membela kepentingan tersangka atau terdakwa dalam hal terdakwa tidak mampu membiayai sendiri penasihat hukumnya’.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang lembaga bantuan hukum. Semoga informasinya bermanfaat.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Berita

Panduan Cara Bayar Zakat secara Online di Zakat.or.id

Bagi umat Islam, zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus ditunaikan baik oleh laki-laki dan perempuan. Hal tersebut karena zakat fitrah merupakan salah satu perintah Allah...

Posted on by Karinov
Berita

Airy Syariah, Hadirkan Nuansa Islami Saat Anda Menginap

Ketika merencanakan perjalanan, baik untuk kebutuhan berlibur atau urusan pekerjaan, memilih hotel adalah hal utama yang paling penting. Dengan kemudahan teknologi, hanya dengan...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam