[HD] Gambar Virus Corona serta Peta Persebarannya

Kenali virus Corona secara lengkap mulai dari bentuk dan deksripsi, cara menanggulangi, hingga peta persebarannya di Indonesia.


Karinov
@karinovcoid
[HD] Gambar Virus Corona serta Peta...

Virus Corona atau yang memiliki nama resmi COVID-19 dari WHO, telah menjadi pandemi yang menyebar ke seantero bumi saat ini. Tak ayal berbagai pihak mulai dari saintis, pemerintah, lembaga sosial, hingga unsur militer ikut dilibatkan guna menanggulangi musibah ini.

Mungkin, tidak semua masyarakat awam seperti kita tahu apa dan bagaimana bahaya nya virus corona ini. Oleh karenanya, pada tulisan ini, Karinov Wiki secara singkat akan memberikan beberapa hal dasar yang perlu kita ketahui terkait virus Corona jenis baru ini.

Cara Mencegah Virus Corona

Sebelum masuk dalam pembahasan lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui dahulu bagaimana cara mencegah penularan virus corona ke dalam tubuh kita. Berikut beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan:

  • Virus merupakan protein dan dapat pecah (lisis) dengan bahan seperti sabun. Sering mencuci tangan dengan sabun adalah langkah sederhana yang paling tepat.
  • Virus ini dapat bertahan 2-12 jam di alam bebas (di permukaan logam, baju), sering mencuci baju serta menjemurnya langsung dibawah sengatan matahari dapat mematikan virus tersebut.
  • Virus corona tidak menempel di udara, tapi pada benda (dalam bentuk droplet/cairan/permukaan benda). Memastikan benda di sekitar tetap bersih dengan sterilizer alkohol adalah alternatif yang cukup baik.
  • Virus dapat masuk melalui lubang di tubuh terutama pada bagian wajah, menghindari untuk menyentuh bagian wajah adalah salah satu pencegahan yang tepat.

Apa itu Virus Corona (COVID-19)

Corona virus secara sederhana dapat diibaratkan sebagai makhluk hidup sejenis jamur (mould) yang memiliki kemampuan berkembang biak pada suhu dan medium tertentu.

Gambar dan Bentuk Virus Corona

Mengapa disebut Corona? Kata Corona menurut Sonia (seorang biochemistry scientist) berasal dari kata CROWN yang artinya bulat seperti mahkota. Agar lebih jelas, berikut beberapa foto visualisasi resmi dari Coronavirus yang diambil dari beberapa referensi terpercaya [https://www.state.gov].

Gambar Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) versi state.gov

Bagian-Bagian Virus COVID-19

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh health.mil, bentuk virus corona ini memiliki 3 elemen dasar, yaitu Protein E, Protein S, dan Protein M. Sebagaimana kita ketahui, salah satu ciri dari virus yang pling menonjol adalah strukturnya yang sangat simpel dan sederhana. Dia tidak memiliki kulit, bahkan sel seperti makhluk hidup lainnya. Satu-satunya ciri makhluk hidup yang terdapat pada virus adalah kemampuannya untuk berkembang biak dengan adanya RNA/DNA. RNA dan DNA sendiri adalah protein, sehingga elemen virus satu-satunya yaitu protein itu sendiri sebagaimana ilustrasi di bawah ini.

Bagian dan struktur virus COVID (health.mil)

Sedangkan menurut rujukan yang lebih umum seperti Wikipedia, ilustrasi bentuk COVID-19 digambarkan lebih detail tidak hanya elemen luar namun juga menggambarkan lapisan virus tersebut. Berikut ilustrasi 3 dimensi untuk virus corona yang dirilis pada tanggal 27 Januari 2020.

lapisan virus corona COVID-19
Lapisan virus corona COVID-19 (Wikipedia)

Dari ilustrasi medis di atas, dapat disimpulkan bahwa virus COVID-19 memiliki 4 elemen utama, keempat elemen tersebut adalah:

  • Spike Glycoprotein
  • RNA dan N Protein
  • Envelope (pembungkus)
  • Hemagglutinin-esterase dimer (HE)

[Update] Gambar Virus Corona Terbaru

Dari semua ilustrasi di atas, ada gambar virus corona setelah diperbesar berkali-kali dalam perbesaran komputer. Gambar ini bisa dibilang ilustrasi yang paling mendekati gambar virus corona yang sebenarnya mengingat baru diunggah di situs Wikipedia pada tanggal 9 Maret 2020.

Gambar virus Corona terbaru [9 Maret 2020]

Jumlah Kasus Corona di Indonesia

Setelah diumumkan pada tanggal 2 Maret 2020 bahwa virus corona positif telah memasuki Indonesia, tercatat data PDP (Pasien Dengan Pengawasan) terus berkembang. Berikut data terbaru jumlah kasus corona di Indonesia.

StatusJumlah
Terkonfirmasi96
Dalam Perawatan83
Sembuh8
Meninggal5

Peta Sebaran Virus Corona di DKI Jakarta

Sebagaimana himbauan serta manufer dari Gubernur DKI Jakarta yang patut diapresiasi, berikut data persebaran virus corona di Ibukota DKI Jakarta berdasarkan informasi dari Pemerintah Daerah setempat.

Jakarta Utara

  1. Tanjung Priok (positif)
  2. Penjaringan (positif)
  3. Kelapa Gading (positif)

Jakarta Timur

  1. Kramat Jati (positif)
  2. Pulo Gadung (menunggu pemeriksaan)
  3. Pasar Rebo (menunggu pemeriksaan)
  4. Matraman (menunggu pemeriksaan)

Jakarta Pusat

  1. Johar Baru (menunggu pemeriksaan)
  2. Menteng (menunggu pemeriksaan)

Jakarta Selatan

  1. Pancoran (positif)
  2. Kebayoran Baru (positif)
  3. Kebayoran Lama (positif)
  4. Mampang Prapatan (positif)
  5. Cilandak (positif)
  6. Jagakarsa (menunggu pemeriksaan)
  7. Setiabudi (menunggu pemeriksaan).

Jakarta Barat

  1. Cengkareng (positif)
  2. Kembangan (positif)
  3. Kebon Jeruk (positif)
peta sebaran virus corona
Peta sebaran virus corona di DKI Jakarta

Titik-titik yang ditandai denga warna merah menunjukkan di daerah tersebut positif telah ditemukan kasus corona.

Tentang Virus Corona di Indonesia

Di Indonesia, ada istilah-istilah serta pertanyaan umum yang sering diajukan terkait dengan informasi wabah corona virus, berikut diantaranya:

Apa itu ODP COVID-19?

ODP COVID-19 merupakan singkatan dari Orang dalam pengawasan virus corona

Apa itu PDP COVID-19?

PDP COVID-19 merupakan singkatan dari Pasien dengan pengawasan virus corona

Mengapa virus corona ini mulanya disebut sebagai novel coronavirus (nCOV)?

Karena virus yang muncul ini adalah virus jenis baru (novel) walaupun memiliki bentuk sebagaimana virus pada umumnya (bentuk corona/crown).

Apa itu lockdown yang ramai dibicarakan semenjak terjadinya wabah Corona di Indonesia?

Kata Lockdown diambil dari bahasa Inggris yang artinya kuncian. Artinya, negara atau wilayah yang terdampak virus corona harus mengunci akses keluar-masuk untuk mencegah penularan yang lebih luas. Istilah lockdown ini mencakup ditutup nya tempat-tempat umum seperti tempat wisata, sekolah, hingga tempat berkumpulnya banyak orang hingga wabah tertsebut mereda.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Berita

Rilis Fast and Furious 9 Ditunda serta Kembalinya Tokoh Lama

Eksekutif produser sekaligus bintang utama dari film Fast and Furious, Vin Diesel, memberi pengumuman besar bahwa film Fast and Furious 9 akan menghadirkan kembali dua sosok yang...

Posted on by Editorial Staff
Berita

BKN Perkenalkan Aplikasi E-Kinerja ke Daerah

Badan Kepegawaian Nasional atau BKN memperkenalkan sebuah sistem baru yang disebut dengan E-Kinerja. Tentu saja penggunaan sistem IT yang canggih ini nantinya diharapkan bisa...

Posted on by Editorial Staff

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam