Syarat Perpanjang dan Pembuatan Paspor Baru

Berikut syarat pengajuan paspor baru maupun perpanjangan berdasarkan peraturan MENKUMHAM RI No: 8 Tahun 2014.


Karinov
@karinovcoid
Syarat Perpanjang dan Pembuatan Paspor Baru

Ketika ingin liburan ke luar negeri paspor adalah dokumen penting yang wajib dibawa dan dimiliki seseorang. Bila tidak punya paspor akibatnya bisa fatal, karena perjalanan bisa ditolak oleh pihak imigrasi di bandara atau pelabuhan. Paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang berisi identitas pemegangnya. Paspor diterbitkan lembaga yang berwenang di sebuah negara dan berlaku sebagai identitas saat melakukan perjalanan antar negara. Oleh sebab itu, anda harus tahu apa saja syarat perpanjang dan pembuatan paspor baru yang harus dipenuhi.

Ini Dia Syarat Perpanjang dan Pembuatan Paspor Baru

Syarat perpanjang dan syarat pembuatan paspor baru mengacu pada peraturan MENKUMHAM RI No: 8 Tahun 2014. Berisi tentang prosedur mekanisme permohonan paspor elektronik dan paspor biasa. Serta syarat pembuatan paspor baru dan juga perpanjangan paspor lama. Jika anda ingin jalan-jalan ke luar negeri dan domisili di Indonesia bisa mengurus perpanjangan paspor dan juga pembuatan paspor baru di kantor imigrasi setempat.

Ketika paspor kurang dari 6 bulan masa berlakunya, sebaiknya anda perpanjang. Umumnya negara yang dikunjungi mengharuskan pendatang mempunyai paspor dengan masa berlaku minimal tersisa 6 bulan. Proses perpanjangan akan lebih mudah daripada mengganti paspor. Hal ini terkait dengan kelengkapan yang dibawa.

Saat anda membuat paspor baru, maka anda diminta membawa dokumen yang berkaitan dengan data diri untuk proses penyesuaian. Sementara saat perpanjang paspor anda hanya perlu membawa e-KTP dan paspor lama lengkap dengan fotokopinya. Paspor lama diserahkan ke pihak imigrasi lalu dikembalikan bersamaan dengan pengambilan paspor baru. Nomor yang terdapat di buku paspor baru akan berbeda dengan yang lama. Inilah yang mengakibatkan adagium tidak ada perpanjangan paspor yang ada adalah ganti paspor baru.

syarat perpanjang dan pembuatan paspor
Ilustrasi Paspor dan Cara Pembuatannya

Bedanya Perpanjang dan Pembuatan Paspor Baru

Lantas apa saja yang menjadi syarat perpanjang dan pembuatan paspor baru yang harus anda penuhi? Berikut ini adalah beberapa syarat yang bisa anda siapkan untuk membuat paspor baru atau memperpanjang paspor anda yang lama.

Bila anda ingin perpanjang paspor, maka syarat yang dibutuhkan berupa e-KTP lengkap dengan fotokopinya. Paspor lama dan surat keterangan proses untuk yang belum memiliki e-KTP.

Sementara bila anda ingin mengganti paspor baru, maka persyaratannya anda harus menyertakan KTP lengkap dengan fotokopinya. KK dan fotokopinya, akta kelahiran, ijazah terakhir, surat nikah atau surat baptis lengkap dengan fotokopinya. Surat Kewarganegaraan Indonesia bagi WNA yang menjadi Warga Negara Indonesia. Bila anda ingin ganti nama anda harus membawa surat penetapan ganti nama yang diterbitkan oleh pejabat berwenang. Membawa paspor lama bila anda ingin menukar dari paspor biasa ke e-paspor.

Proses Mengurus Perpanjang dan Pembuatan Paspor Baru

Agar bisa mendapatkan nomor antrian dalam mengurus paspor, anda harus mengurusnya lewat situs web antrian.imigrasi.go.id. Bisa juga dengan aplikasi pengurusan paspor yang dapat diunduh pada hp Android. Ambil antrian paspor juga dapat dilakukan secara elektronik dengan aplikasi Whatsapp. Namun ini baru beberapa kantor imigrasi yang melayaninya.

Jika anda sudah memperoleh nomor antrian, anda tinggal datang ke kantor imigrasi dan mengurus sesuai prosedur. Ambil formulirnya di loket, kemudian perpanjang paspor anda. Tak perlu mengisi formulir dan masukan paspor lama serta fotokopi e-KTP. Petugas akan mewawancarai anda kemudian mengambil foto serta sidik jari. Setelah itu, tanda terima akan diberikan lengkap dengan kode bayar. Pembayaran dilakukan maksimal 7 hari sesudah wawancara. Paspor akan selesai 5 hari kerja untuk yang biasa dan untuk paspor elektronik akan selesai 10 hari kerja.

Mudah bukan syarat perpanjang dan pembuatan paspor baru itu? Untuk biaya perpanjangan dan penggantian paspor sama. Paspor biasa sebesar Rp335.000 dan untuk paspor elektronik sebesar Rp655.000.

Show Comments (1)

Comments

  • Aldrich

    Sekarang lebih mudah ya urus paspor, jadi orang Indonesia lebih senang traveling dibanding jalan-jalan dalam negeri…

    • Article Author
    • Reply

Related Articles

Berita

[Panduan Lengkap] Sensus Penduduk Online 2020 di BPS.go.id

Sistem administrasi Indonesia sedang berbenah. Sistem administrasi Indonesia dari yang awalnya hanya mengandalkan sistem offline dimana hal tersebut tentu menyulitkan orang –...

Posted on by Karinov
Berita

Panduan Cara Bayar Zakat secara Online di Zakat.or.id

Bagi umat Islam, zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus ditunaikan baik oleh laki-laki dan perempuan. Hal tersebut karena zakat fitrah merupakan salah satu perintah Allah...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam