Mengapa Dibutuhkan Pengacara dalam Kasus Perceraian

Pernikahan merupakan urusan personal kedua pasangan, lalu kenapa untuk bercerai membutuhkan bantuan pengacara? Simak ulasan berikut


Karinov
@karinovcoid
Mengapa Dibutuhkan Pengacara dalam Kasus...

Perceraian memang bukan hal yang disukai oleh siapaun dan memiliki beban sosial, namun saat masalah rumah tangga sudah meruncing dan tidak bisa diselesaikan dengan cara damai, perceraian menjadi keputusan final.

Di Indonesia, kasus perceraian sebenarnya bukan perkara baru mulai dari kalangan selebriti, pejabat atau orang biasa. Lalu, apakah perceraian membutuhkan pengacara? Ikuti pembahasan kita kali ini.

Alasan Perceraian yang Disetujui Undang-Undang

Setiap rumah tangga pasti memiliki masalah yang beragam, bila bukan masalah finansial, anak, perselingkuhan dan lainnya. Tapi dari seluruh permasalahan tersebut, pemerintah hanya menyetujui kasus perceraian dengan alasan berikut:

Tidak Bersama Selama 2 Tahun

Bagi pasangan suami istri melakoni long distance relationship ternyata ada batas waktunya. Seorang istri atau suami tidak bisa berpisah selama dua tahun tanpa jeda, terutama bila perpisahan tidak dilakukan dengan benar alias pergi tanpa pamit. Di mata hukum, kondisi ini sudah disahkan untuk melangsungkan perceraian.

KDRT

Kehidupan rumah tangga tidak bisa disebut harmonis dan damai jika salah satu pihak ada yang menderita baik secara fisik maupun mental. Kekerasan dalam rumah tangga bukanlah prilaku positif yang dibenarkan baik di mata agama maupun hukum. Sehingga, pihak yang mengajukan gugatan cerai karena alasan KDRT diperbolehkan oleh pemerintah. Tentunya sang penggugat harus memiliki bukti KDRT yang diterimanya.

Tidak Rukun

Sering bertengkar dan cekcok dan tidak pernah bisa didamaikan kembali. Kondisi yang tidak sehat seperti ini kerapkali menjadi alasan utama mengapa pasangan suami isteri memutuskan untuk mengajukan perceraian. Karena dari pada hidup bersama tidak bahagia, mereka lebih memilih saling melepaskan untuk mendapatkan kebahagiaan.

Salah Satu Pihak Sering Berbuat Maksiat

Ada banyak kategori maksiat yang tidak bisa dimanfaatkan terutama dalam hubungan rumah tangga seperti perzinahan. Selain salah satu pihak berbuat zina, perceraian juga bisa terjadi jika pihak tersebut berjudi, suka minum minuman keras dan perbuatan tercela lainnya yang sulit diobati.

Apakah Bercerai Harus Menyewa Jasa Pengacara?

Sidang perceraian sebenarnya tidak membutuhkan jasa dari pengacara berdasarkan ketetapan Pengadilan Agama. Dengan catatan, pihak penggugat hadir secara rutin dalam sejumlah sidang perceraian yang dijadwalkan.

Namun bila melihat rumitnya proses perceraian bahkan bisa sampai sidang 10x, tidak heran jika banyak orang yang lebih memilih menyewa jasa pengacara perceraian untuk menangani kasus perceraiannya.

Belum lagi masalah hukum lainnya yang membutuhkan jasa ahli hukum untuk menghandle-nya, sebut saja pembagian harta gono-gini atau hak asuh dan nafkah anak.

Jadi bila ditanya, harus atau tidak seseorang menyewa jasa pengacara perceraian maka itu tergantung dari keputusan masing-masing personal. Lantas, apa yang harus dilakukan seseorang untuk menemukan pengacara perceraian profesional? simak selengkapnya berikut.

Pengacara Memiliki Lisensi Resmi

Sebagai personil hukum sudah menjadi kewajiban bagi pengacara untuk memiliki lisensi resmi. Anda yang ingin menggunaakn jasa pengacara perceraian wajib mengetahui kondisi ini, jangan mau menggunakan pengacara baru yang tidak memiliki resmi.

Lisensi pengacara tidak diperoleh dengan mudah melainkan diberikan oleh organisasi advokat dengan berbagai pertimbangan tertentu. Pengacara terpercaya adalah pengacara yang memiliki lisensi resmi.

Berpengalaman

Selain sudah memiliki lisensi, ada baiknya jika Anda memilih pengacara, pilihlah yang terbukti berpengalaman. Cukup lihat dari berapa banyak kasus perceraian yang telah ditanganinya. Semakin banyak kasus yang diselesaikan  dengan baik artinya semakin profesional dan handal pengacara tersebut. Mengetahui banyak tidaknya kasus perceraian yang ditangani pengacara bisa dilihat dari profile masing-masing pengacara di kantor firma mereka.

Bisa Bersikap dan Tampil Profesional

Karena berhadapan dalam dunia hukum, tidak heran jika mayoritas pengacara memiliki karakter yang kaku dan serius. Tapi tahukah Anda jika karakter tersebut membantu mereka menarik perhatian klien? Karena hampir semua klien lebih suka menyewa jasa pengacara yang mampu bersikap profesional terutama saat berada di ruang persidangan.

Terlebih bila kasus perceraian tersebut bukan kasus yang mudah, ada sengketa anak atau harta gono-gini. Tidak mungkin Anda menyelesaikannya sendiri melainkan harus menggunakan jasa pengacara perceraian yang handal.

Tarif yang Masuk Akal

Untuk perceraian tidak ada standar pasti yang mengatur besarnya tarif pengacara, umumnya kedua belah pihak akan melakukan kesepakatan harga. Pengacara menawarkan dua skema pembayaran yang pertama tarif per jam dan selanjutnya pembayaran kontan. Klien dibebaskan untuk memilih menggunakan skema yang mana berdasarkan kemampuan finansialnya.

Keberadaan Kantor Mudah Dijangkau

Dan syarat terakhir sebelum memilih pengacara perceraian adalah keberadaan kantornya. Sebagai klien Anda wajib memilih pengacara yang memiliki firma resmi. Baiknya lagi pilih pengacara yang kantornya mudah untuk Anda jangkau, karena belakangan ini banyak pengacara yang mematok harga tinggi untuk klien luar kota.

Masih bingung tentang perlu tidaknya menggunakan jasa pengacara pada kasus perceraian? Jawabannya tergantung problem perceraian Anda. Jika kasusnya cukup sulit tidak bisa ditangani seorang diri maka baiknya pilih jasa pengacara.

Jasa pengacara juga dibutuhkan jika Anda sebagai penggugat tidak bisa menghadiri semua sidang perceraian. Meskipun harus membayar tarif pengacara, ini lebih baik daripada kasus perceraian Anda jalan di tempat bukan?

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Berita

BKN Perkenalkan Aplikasi E-Kinerja ke Daerah

Badan Kepegawaian Nasional atau BKN memperkenalkan sebuah sistem baru yang disebut dengan E-Kinerja. Tentu saja penggunaan sistem IT yang canggih ini nantinya diharapkan bisa...

Posted on by Editorial Staff
Berita

Apa Itu Lembaga Bantuan Hukum (LBH) serta Fungsinya

Lembaga bantuan hukum pada dasarnya dihadirkan bukan tanpa alasan. Tujuan utama adalah untuk membantu masyarakat tanpa memandang status sosial dan ekonomi, terutama bagi mereka...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam