Panduan Pendaftaran CPNS di SSCN BKN [+PDF]


Karinov
@karinovcoid
Panduan Pendaftaran CPNS di SSCN BKN [+PDF]

Saat ini, pemerintah sedang membuka pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri bahwa menjadi PNS merupakan impian bagi sebagian orang. Gaji tinggi dan jaminan pensiun membuat sebagian besar masyarakat Indonesia berlomba-lomba untuk menjadi seorang PNS.

Alur Pendaftaran CPNS 2019

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar CPNS, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Tentu, tahapan-tahapan tersebut harus dilakukan dan ditaati. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasan panduan pendaftaran CPNS di bawah ini.

  1. Akses web SSCASN BKN

    Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendaftar CPNS ialah dengan mengakses portal SSCASN terlebih dahulu di http://sscasn.bkn.go.id

  2. Buat akun SSCN

    Setelah masuk ke laman tersebut, maka Anda akan diminta untuk membuat akun SSCN 2019. Untuk bisa membuat akun, Anda harus menggunakan NIK serta Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga

  3. Login dengan akun tersbut

    Jika akun yang dibuat sudah jadi, maka Anda bisa langsung Log in dengan menggunakan NIK serta password yang telah didaftarkan sebelumnya

  4. Unggah foto sesuai ketentuan

    Nah, langkah berikutnya ialah dengan mengunggah foto diri sembari memegang KTP (Kartu Tanda Penduduk) dengan posisi landscape dan Kartu Informasi Akun. Harus diingat bahwa foto tersebut harus JPEG dengan kualitas maksimal 200 KB

  5. Lengkapi biodata

    Lengkapi biodata yang telah disediakan. Untuk pengisian biodata ini harus diisi sebenar-benarnya dan sesuai dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk) terutama nama lengkap Anda

  6. Pilih formasi jabatan

    Jika pengisian biodata telah usai, maka langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan memilih formasi dan jabatan yang sesuai dengan pendidikan

  7. Lengkapi data dengan benar

    Selanjutnya, lengkapilah data yang ada dengan sebenar-benarnya data

  8. Unggah dokumen pendukung

    Kemudian, Anda akan disuruh untuk mengunggah dokumen dan cek resume. Untuk dokumen yang harus Anda unggah biasanya berupa scan ijazah, transkip nilai, KTP (kartu Tanda Penduduk), surat lamaran, surat pernyataan, foto 4×6 dengan latar belakang merah dan persyaratan pendukung alinnya

Persyaratan dokumen untuk masing-masing instansi tentu saja berbeda. Anda hanya tinggal mengunggah persyaratan apa saja yang diminta.

  1. Apabila Anda sudah selesai mengunggah semua persyaratan yang dibutuhkan, maka Anda bisa langsung mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2019
  2. Berikutnya adalah verifikasi pendaftaran. Biasanya, untuk verifikasi ini akan berselang selama beberapa waktu
  3. Pengumuman Seleksi Administratif. Jika Anda berhasil lolos dari seleksi administratif, maka Anda berhak untuk melanjutkannya ke tes seleksi
  4. Sebelum tes seleksi ditetapkan, akan ada masa singgah dan pengumuman hasil singgahan
  5. Setelah itu, Anda harus menjalani masa tes seleksi seperti tes tertulis, tes psikologi, tes wawancara dan lain sebagainya
  6. Terakhir, pengumuman kelulusan.

Di atas merupakan alur pendaftaran CPNS 2019 mulai dari mendaftar di portal http://sscasn.bkn.go.id hingga pengumuman kelulusan. Nah, agar sukses mendaftar CPNS, Anda tidak hanya harus memperhatikan alurnya dengan baik. Namun, Anda juga harus memperhatikan bebeberapa hal yang harus disiapkan sebelum melakukan pendaftaran. Apa sajakah itu?

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Pendaftaran

Bagi Anda yang ingin mendaftar CPNS 2019, pastikan bahwa Anda telah mempersiapkan beberapa dokumen seperti:

  1. Kartu Keluarga (KK)
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Pendidikan dan Catatan Sipil
  3. Ijazah
  4. Transkip Nilai
  5. Pas foto
  6. Dokumen lainnya yang sesuai dengan ketentuan dari instansi yang akan dilamar.

Download Buku Panduan CPNS 2019

Untuk link download buku panduan pendaftaran CPNS 2019, Anda dapat mend\gunduh versi resminya via download button di bawah ini.

Tips Lolos CPNS

Bagi Anda yang ingin lolos CPNS, tentu ada beberapa tips yang harus Anda lakukan agar proses pendaftaran bisa berjalan dengan lancar. Berikut ada beberapa tips lolos CPNS yang bisa Anda lakukan.

  • Persiapkan Berkas Sejak Jauh-Jauh Hari

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan mempersiapkan berkas persyaratan sejak jauh-jauh hari. Terdapat beberapa jenis berkas yang harus Anda persiapkan mulai dari KTP (Kartu Tanda Penduduk), ijazah, transkip nilai, foto diri dengan latar belakang merah dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, pastikan pula bahwa Nomor Induk Kependudukan (NIK) sudah terdaftar di Dukcapil.

  • Tentukanlah Formasi yang Akan Anda Pilih

Langkah berikutnya ialah dengan memilih formasi yang akan Anda pilih. Pada pendaftaran CPNS kali ini, pemerintah membuka beberapa formasi yang bisa dipilih oleh calon pendaftar. Nah, formasi yang dibuka oleh pemerintah mulai dari tingkat kementerian, provinsi bahkan tingkat kabupaten/kota.

Perlu diketahui, bahwa untuk tingkat kementerian tentu memiliki saingan yang lebih berat jika dibandingkan dengan formasi di bawahnya. Jadi, bagi Anda yang ingin mendaftar di tingkat kementerian, Anda harus mempersiapkan mental yang gigih.

  • Pelajari Berbagai Macam Soal Seleksi CPNS

Saat seleksi tes CPNS, Anda diwajibkan untuk mengerjakan beberapa soal seperti Te Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Untuk TIU akan menguji kemampuan lisan, verbal dan numerik yang Anda miliki. Sementara, untuk TWK ialah tes yang berisi tentang berbagai macam nilai-nilai kebangsaan Republik Indonesia dan Pancasila. Terakhir ada TKP yang akan menguji kepribadian serta integritas yang Anda miliki.

  • Percaya Diri

Tips berikutnya yang harus Anda ialah percaya diri. Ketika Anda sudah mempersiapkan kelengkapan berkas dengan baik, menentukan pilihan formasi sampai menguasai ketiga bidang untuk tes CPNS. Maka, langkah berikutnya ialah Anda harus menumbuhkan rasa percaya diri.

Berikan sugesti yang positif bagi alam bawah sadar Anda bahwa diri Anda sendiri mampu untuk mengerjakan semua soal yang diajukan.

  • Mengatur Waktu Dengan Baik

Saat Anda mengerjakan soal CPNS, ternyata Anda tidak hanya mengerjakan dengan tepat namun Anda juga harus mengerjakan dengan cepat. Ini karena pada saat mengerjakan soal CPNS ada batasan waktu yang mana Anda tidak boleh melebihi batasan waktu tersebut.

Oleh karena itu, kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Jangan terlalu fokus dengan soal yang sulit, karena waktu Anda akan terbuang sia-sia. Berlatihlah di rumah dengan menggunakan contoh soal TIU, TWK dan TKP.

  • Survey Lokasi Ujian

Biasanya, ujian akan diadakan di beberapa kota besar. Nah, bagi Anda yang belum pernah datang ke kota tersebut, maka wajib bagi Anda untuk melihat di ruangan mana Anda akan melaksanakan tes. Datanglah ke tempat tersebut paling tidak satu hari sebelum tes dimulai.

  • Datang Lebih Awal

Biasanya, terdapat peraturan bahwa peserta yang datang terlambat tidak ada penambahan waktu. Oleh karena itu, Anda harus bisa datang lebih awal agar tidak terburu-buru dan bisa mengerjakan soal dengan fokus.

  • Kerjakan Soal Dengan Tenang

Berdoalah sebelum ujian dimulai dan kerjakan soal dengan tenang. Jika Anda mampu mengerjakan soal dengan tenang, maka Anda bisa lebih berkonsentrasi. Ada beberapa soal yang menjadi pengecoh pada saat ujian. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengerjakannya dengan tenang.

Untuk mendaftar CPNS tentunya dibutuhkan persiapan yang matang. Bukan hanya harus mempersiapkan berkas-berkas yang harus dikumpulkan, namun Anda juga harus mempersiapkan mental untuk mengikuti berbagai macam seleksi.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Berita

Podomoro Park: Peluang Investasi Properti bagi Milenial Bandung

Mengapa investasi properti? Investasi properti tak melulu untuk ditinggali. Jika kaum milenial jeli, mereka bisa meraup pundi-pundi dari investasi ini, contohnya dengan disewakan....

Posted on by Editorial Staff
Berita

Ini Daftar 5 Perusahaan / Bisnis Milik Sandiaga Uno

Sandiaga Uno kini menjadi Calon Wakil Presiden yang mendampingi Calon Presiden Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden 2019 yang akan datang. Bisa dibilang, Sandiaga Salahuddin...

Posted on by Editorial Staff

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam