Ini 7 Pulau Wisata Terbaik di Indonesia

Menurut kamu, apa saja pulau di Indonesia dengan potensi wisata paling menawan?


Karinov
@karinovcoid
Ini 7 Pulau Wisata Terbaik di Indonesia

Sebagai negara maritim, Indonesia tentu memiliki gugusan pulau dari Sabang sampai Merauke. Pulau-pulau tersebut pun memiliki sejuta pesona alami, yang sontak saja menjadi destinasi wisata populer.

Berbicara tentang pulau wisata, tentunya pantai menjadi spot yang paling diburu. Meski demikian, beberapa pulau di Indonesia pun memiliki ragam pilihan wisata, yang tak melulu aktivitas air semata.

Pulau Menawan di Indonesia

Pemerintah Indonesia sedang menggalakkan potensi wisata nasional seluas mungkin. Itu sebabnya, sekarang ini semakin banyak pulau-pulau di Indonesia yang memiliki eksotika pariwisata tingkat dunia. Apa saja pulau di Indonesia dengan potensi wisata paling menawan?

Bali

Pulau dewata Bali rasanya selalu memuncaki daftar apa pun terkait pariwisata. Bagian selatan Bali memiliki garis pantai yang sangat indah dan senantiasa dijaga keasriannya. Beberapa pantai terkenal di Bali, seperti Kuta, Nusa Dua, Jimbaran, dan masih banyak lagi.

Bukan cuma pantai, agama Hindu yang menjadi mayoritas di Bali juga menyisakan banyak hal untuk dijadikan objek wisata. Ritual-ritual keagamaan di Bali selalu menyedot perhatian wisatawan dari berbagai negara. Tentunya, hal itu menjadi kekuatan budaya Indonesia yang harus dilestarikan.

Pulau Karimunjawa

Karimunjawa adalah kawasan kepulauan yang berlokasi di Laut Jawa dan termasuk dalam pemerintahan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini secara mendunia telah terkenal dengan keindahannya yang amat beragam. Maklum saja, terdapat 27 pulau di kawasan ini dengan kearifan masing-masing.

Wisata air di Karimunjawa adalah tujuan wisata utama. Kawasan yang menyandang gelar taman nasional ini menjadi rumah bagi 400 lebih spesies hewan laut, termasuk ikan hias.

Jenis fauna unik lain yang bisa ditemukan di Karimun Jawa adalah burung Delimukan Zamrud. Meski tidak tergolong terancam punah, namun burung ini memiliki pesona yang sangat cantik. Ia memiliki paduan bulu berwarna coklat dan hijau. Saat bermain di bawah sinar mentari, tubuhnya begitu mengkilap layaknya batu zamrud.

Pulau Nias

Sumatera memiliki sebuah pulau dengan kekayaan budaya tradisional yang masih terjaga. Pulau Nias, tentunya sangat terkenal dengan tradisi lompat batu yang telah tersohor hingga mancanegara.

Fakta menarik tentang tradisi ini, ternyata tidak dilakukan di semua penjuru Nias. Melainkan hanya beberapa kampung saja yang memelihara tradisi ini. Itu sebabnya, perlu perencanaan matang supaya waktu kunjungan bisa bertepatan dengan tradisi ini.

Nah, lompat batu atau yang disebut Fahombo oleh penduduk setempat, adalah sebuah ajang ketangkasan khusus kaum pria. Tujuannya adalah untuk membuktikan seorang pria sudah layak dianggap dewasa. Bahkan, jika mampu melompati susunan batu setinggi 2 meter, ia akan dianggap sebagai pemimpin dan pembela kampung di masa depan.

Kepulauan Seribu

DKI Jakarta memiliki wilayah yang berisi gugusan pulau. Kawasan tersebut dikenal dengan nama Kepulauan Seribu. Kawasan tersebut sering dijadikan sebagai tempat short getaway alias liburan instan oleh para penduduk Jakarta dan sekitarnya.

Pesona wisata di kawasan ini bisa dinikmati di Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Onrust, dan lain-lain. Setiap pulau pun memiliki daya tariknya tersendiri.

Pulau Pari misalnya, yang masih relatif sepi dan syahdu. Sedangkan Pulau Tidung sejak lama menjadi destinasi instagramable dan surga bagi para pesepeda. Sementara Pulau Onrust, disebut juga dengan pulau penjara, karena terdapat reruntuhan benteng dari jaman penjajahan Belanda.

Pulau Nusa Penida

Pulau ini terletak di Indonesia Tengah, tepatnya di dekat Pulau Bali. Nusa Penida menyimpan pesona keindahan yang masih jarang diketahui. Sehingga, nuansa liburan di sana akan semakin terasa menyenangkan, seolah seluruh pulau menjadi miliki pribadi.

Nusa Penida memiliki pantai yang indah, seperti Pantai Pandan serta Pantai Atuh. Suasana di Nusa Penida, bahkan menandingi keindahan yang ada di pulai Phi Phi Thailand sana.

Pulau Komodo

Indonesia harus merasa bangga karena mempunyai kawasan Pulau Komodo. Di sana, terdapat Taman Nasional Komodo, yang menjadi habitat asli dan satu-satunya di dunia milik satwa super langka, komodo. Anda bisa menyaksikan kehidupan liar spesias kadal paling besar tersebut, tentu dengan ditemani para ranger lokal.

Masih di kawasan yang sama, Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut yang luar biasa indah. Teumbu karang di kawasan ini masih sangat terjaga keasliannya. Bahkan menjadi proyek percontohan untuk kehidupan bawah laut di kawasan lain.

Kepulauan Derawan

Di Propinsi Kalimantan Timur, terdapat sebuah kawasan yang indah, bernama Kepulauan Derawan. Kawasan tersebut kian menjadi destinasi para pecinta wisata alam, mengingat kawasan ini memang sangat kaya akan pesona alamiah.

Sebut saja Pulau Derawan yang memiliki kawasan perairan yang jernih, hingga bisa melihat terumbu karang dengan mata telanjang dari permukaan. Kemudian Pulau Maratua, dengan sensasi romantis untuk tujuan bulan madu favorit. Dan, Pulau Kakaban yang memiliki danau tempat tinggal ubur-ubur jinak dan langka di dunia.

Itulah tadi 7 pulau wisata terbaik yang ada di Indonesia. Pesona dan keindahan pulau-pulau tersebut adalah anugerah Tuhan yang khusus diberikan untuk Indonesia. Sebagai bagian dari negara ini, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk turut memeliharanya, sekaligus menyempatkan diri untuk mengunjunginya. Setuju?

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Berita

Ini Daftar 5 Perusahaan / Bisnis Milik Sandiaga Uno

Sandiaga Uno kini menjadi Calon Wakil Presiden yang mendampingi Calon Presiden Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden 2019 yang akan datang. Bisa dibilang, Sandiaga Salahuddin...

Posted on by Editorial Staff
Produk Bisnis

Daftar Harga Paket Umroh Terbaru 2019-2020

Siapa sih yang tidak ingin datang ke tanah suci? Tentu semua umat muslim menginginkannya. Namun, terdapat beberapa kendala yang membuat seseorang gagal melaksanakan ibadah Umroh...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam