Melirik Kegiatan Ekonomi Kecil Menengah di Kabupaten Tabanan

Mengenal Kabupaten Tabanan, lumbung pangan pulau Bali.


Karinov
@karinovcoid
Melirik Kegiatan Ekonomi Kecil Menengah di...

Tabanan merupakan sebuah kabupaten dengan wilayah terbesar kedua di Bali, yaitu sebesar 14,90% (839,33 km2) dari luas seluruh pulau Bali. Tabanan memiliki keragaman kondisi geografis, mulai dari wilayah persawahan, dataran tinggi pegunungan, dan wilayah pesisir laut. Pada dasarnya, kabupaten ini memiliki tanah yang terbilang subur dan kaya akan potensi alamnya.

Julukan Kabupaten Tabanan

28% dari wilayah Kabupaten Tabanan merupakan areal persawahan yang subur. Sehingga tidak mengherankan, jika Tabanan dijuluki “Lumbung berasnya” Bali, karena merupakan penghasil beras terbesar di Bali.

Artikel ini disponsori oleh Kampus LP3I Kuliah Siap Kerja

Kegiatan Ekonomi di Kabupaten Tabanan

Selain penghasil beras terbesar, kegiatan ekonomi lain di Kabupaten Tabanan adalah sebagai berikut.

Nelayan

Selain sumber daya alam yang dihasilkan dari sektor daratan, dari sektor perikanan pun memiliki keanekaragaman hayati di wilayah ini, yakni berupa ikan yang melimpah. Sehingga, warga Tabanan pun cukup banyak yang bekerja sebagai nelayan.

Restoran

Jika dilihat dari sisi restoran yang memproduksi makanan, restoran dapat berfungsi sebagai produsen, karena makanan tersebut dijual kepada masyarakat.

Selain itu, jika dilihat dari restoran yang membeli bahan pokok atau kebutuhan untuk memasak dari produsen maupun para pedagang, maka restoran di sini berperan sebagai konsumen.

Bidang Distribusi

Kegiatan ekonomi di Kabupaten Tabanan, khususnya di sektor distribusi yaitu berupa profesi sebagai pedagang. Setiap orang bisa memperdagangkan satu atau lebih jenis barang, sehingga cakupan pedagang ini sangat luas.

Bidang Konsumsi

Masyarakat Setempat

Masyarakat setempat tergolong konsumen dari barang yang dihasilkan produsen maupun yang dikonsumsi melalui seorang distributor barang.

Masyarakat Luar Negeri

Pulau Bali memang banyak dikunjungi wisatawan asing, sehingga sudah menjadi rahasia umum. Tak terkecuali di Kabupaten Tabanan ini yang seringkali didatangi wisatawan dari luar negeri.

Bidang Pariwisata

Kabupaten Tabanan memang memiliki sejumlah objek wisata yang sangat populer, yaitu :

  1. Danau Beratan Bedugul
  2. Tanah Lot
  3. Jatiluwih

Saat Anda mengunjungi Bali dan mampir di Kabupaten Tabanan, ketiga tempat tersebut menjadi agenda wajib untuk dikunjungi, karena keindahannya yang eksotik menjadikan bidang pariwisata di wilayah ini sangat terkenal.

Kegiatan ekonomi di Kabupaten Tabanan memang begitu beragam. Tentu saja hal tersebut tidak terlepas dari kekayaan sumber daya alam di dalamnya yang dikelola dan dirawat dengan baik oleh masyarakatnya.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Entrepeneurship

Mengenal Perbedaan Hosting dan Domain Untuk Pemula

Dalam membuat sebuah website, tentu Anda pernah mendengar tentang hosting dan domain. Kedua istilah itu memang saling berhubungan namun mempunyai peranan yang berbeda. Sayangnya,...

Posted on by Karinov
Entrepeneurship

Cara Sukses Membuat Bisnis Plan

Tak ada orang yang mau bisnisnya tidak berkembang atau malah sudah berjalan lama namun masih stuck disitu – situ saja. Tidak. Pastinya semua orang ingin agar bisnis yang...

Posted on by Editorial Staff

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam