App Store Lemot? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya


Karinov
@karinovcoid
App Store Lemot? Ini Sebab dan Cara...

Apa sebab App Store lemot, cara mengatasinya bagaimana? Mungkin menjadi pertanyaan yang terlintas di pikiran Anda saat Anda mengalaminya sendiri. Sudah berniat untuk menginstal aplikasi dan segera memakainya. Ternyata ketidaknyamanan berasal dari App Store nya sendiri. 

Bukannya tanpa sebab, pasti ada saja alasan mengapa aplikasi App Store lemot atau lambat. Karena memang App Store merupakan aplikasi biasa yang sama dengan aplikasi lainnya di hp Anda.

Cara Mengatasi App Store Lemot

App Store yang lemot saat dioperasikan tak lain alasannya adalah cache yang menumpuk. Cache atau sampah ini mungkin belum pernah atau sudah lama sekali tidak Anda bersihkan. Cache ini perlu dibersihkan supaya App Store bisa dioperasikan dengan cepat dan tidak lemot lagi. Itulah penyebab app lemot, cara mengatasinya berikut ini.

  1. Masuk ke App Store

    App Store apa yang terpasang di hp Anda? Apakah itu Play Store, iOS Store, atau yang lainnya? Apapun App Store yang terpasang, masuklah ke App Store untuk mulai membersihkan cache ini.

  2. Navigasi

    Saat sudah masuk ke App Store, di salah satunya ada ikon navigasi bukan? Ikon navigasi ini biasanya terletak di bagian kiri bawah. Jika Anda sudah menemukannya maka klik ikon tersebut sepuluh kali.

    Di bagian ujung navigasi yang terus ke bawah ini Anda akan melihat beberapa opsi seperti Top Charts, Featured, dan opsi lainnya. Anda harus mengklik navigasi sebanyak sepuluh kali ini dengan cepat. Jika berhasil, layar App Store Anda akan blank, menghitam atau menjadi putih beberapa saat saja.

    Jumlah ketukan ini berbeda untuk pertama kali pembersihan cache dan yang bukan pertama kali. Apa bedanya akan dibahas di bagian akhir.

  3. Proses Reload

    Jangan khawatir saat proses blank ini terjadi, karena ini baru permulaan dari membersihkan cache yang membuat lemot App Store. Setelah blank, proses reload akan segera dilakukan oleh App Store. Sayangnya biasanya prosesnya lambat sehingga Anda harus sabar menunggu.

  4. Membersihkan Cache

    Pada proses reload tersebut, App Store mulai membersihkan cache dalam aplikasi itu sendiri. Informasi pencarian App Store, aplikasi yang pernah dicari, aplikasi yang terkait, dan informasi lainnya akan dihapus.

    Ini sama halnya dengan saat Anda membersihkan cache pada aplikasi lain. Informasi dan data akan dihapus, namun data yang penting atau masih dibutuhkan tidak akan ikut terhapus.

  5. App Store Melakukan Download Ulang

    Setelah cache bersih, App Store dengan sendirinya akan melakukan download ulang. Download ulang ini akan membuat App Store seperti baru lagi, dan mungkin history pencarian Anda akan hilang.

Oleh karena itu, jika mungkin suatu saat Anda ingin mencari aplikasi yang pernah Anda cari sebelumnya Anda harus penuh mengetiknya atau tidak muncul di bagian bawahnya. Tenang saja, proses download ulang ini dilakukan sendiri oleh App Store yang habis dibersihkan cache nya. Anda tidak perlu melakukan apa-apa.

Proses pembersihan cache ini rupanya sedikit berbeda caranya untuk yang sama sekali belum pernah dibersihkan dan yang pernah. Untuk Anda yang sebelumnya belum pernah melakukan pembersihan cache pada App Store Anda perlu mengetuk tombol navigasi sepuluh kali. 

Apabila selanjutnya Anda ingin membersihkan cache lagi, maka Anda perlu mengetuk sembilan kali saja. Sudah jelas apa sebab App Store lemot, cara mengatasinya juga sudah Anda ketahui. Anda bisa langsung mempraktekkannya supaya App Store Anda kembali nyaman dioperasikan.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Produk Bisnis

Tempat Pembuatan Stempel Pilihan di Semarang

Bagi perusahaan, instansi, organisasi dan perkumpulan lainnya, membuat stempel adalah salah satu bentuk manajemen administrasi yang harus dilakukan. Bisa dikatakan bahwa stempel...

Posted on by Karinov
Produk Bisnis

Harga Brainking Plus Asli [Terbaru 2020]

Kesehatan sangat penting bagi kita. Ketika tubuh dalam keadaan tidak fit, maka hal ini dapat berpengaruh terhadap perkembangan daya pikir seseorang. Sehingga otak dan saraf tidak...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam