Mengenal Rumah Belajar Resmi Di Kemdikbud

Tidak mau kalah dari Ruangguru, pemerintah kini membuka dan menawarkan portal belajar digital yang dikenal dengan nama Ruang Belajar


Karinov
@karinovcoid
Mengenal Rumah Belajar Resmi Di Kemdikbud

Ada banyak sekali perubahan yang terjadi semenjak teknologi digital berkembang di tanah air, yang paling teranyar dan dibicarakan belakangan ini adalah portal pembelajaran yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Apa Itu Rumah Belajar?

Masyarakat yang tidak berhubungan dengan kepentingan pembelajaran baik dalam segi politik maupun sipil, mungkin baru pertama kali mendengar nama Rumah Belajar.

Rumah Belajar merupakan salah satu program yang dilakukan oleh Kemdikbud dalam upaya memajukan pendidikan di tanah air dengan menciptakan portal pembelajaran skala nasional yang bisa diakses oleh siapa saja secara online.

Istimewanya kegiatan pembelajaran yang dicanangkan Rumah Belajar bukan hanya ditargetkan untuk siswa tapi juga ditujukan bagi para guru. Sehingga baik guru maupun siswa bisa lebih menguasai materi-materi yang dibutuhkan mereka demi meningkatkan kecerdasan dan keterampilan.

Uniknya, portal ini turut dilengkapi dengan fitur komunikasi yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan seluruh orang yang tergabung dalam komunitas.

Lihat juga tempat belajar online di Ruangguru.co.id

4 Fitur Utama Di Rumah Belajar

Kemdikbud tidak hanya memberikan satu fitur pembelajaran tapi lebih sehingga seluruh visitor bisa mengakses fitur yang dibutuhkan dengan mudah. Berikut 4 fitur unggulan yang bisa Anda temukan di Ruang Belajar:

Bank Soal

Dahulu sebelum internet berkembang dan munculnya situs belajar termasuk Ruang Belajar, siswa hanya bisa mengerjakan soal-soal yang diberikan di kelas atau buku soal. Tapi kini menemukan soal latihan berikut pembahasannya sangatlah mudah.

Ruang Belajar menyediakan soal-soal latihan lengkap mulai dari SD, SMP, SMA, SMK hingga SLB. Yang semuanya bisa diakses secara gratis setiap hari. Selain membuka soal latihan, di Bank Soal Anda juga bisa melihat materi ujian.

Kelas Digital

Belajar secara online kini sudah menjadi gaya belajar masyarakat Indonesia, selain YouTube Anda kini bisa memanfaatkan kelas digital yang ditawarkan Ruang Belajar.

Sistem kelas digital yang dikembangkan di sini adalah LMS yang memungkinkan siswa atau guru memperoleh pembelajaran virtual tanpa berinteraksi secara langsung. Metode ini cukup ampuh terutama jika Anda lebih suka belajar sendiri tanpa pengawasan guru atau orang lain.

Sumber Materi Belajar

Sistem pembelajaran di tanah air masih berpaku pada kurikulum oleh karena itu Kemdikbud turut memfasilitas Ruang Belajar dengan fitur ini. Di mana, baik guru maupun siswa bisa membaca materi pembalajaran berbasis kurikulum.

Materi yang disampaikan bukan hanya dalam bentuk konten tulisan yang membosankan, melainkan dalam bentuk video, gambar unik, games, evaluasi, simulasi bahkan animasi.

Laboratorium Maya

Siswa yang punya ketakutan untuk mengikuti praktikum di laboratorium atau justru ketinggalan materi bisa belajar simulasi praktikum laboratorium di Ruang Belajar. Simulasinya dibungkus sebaik dan seprofesional mungkin bersama teori dan lembar kerjanya.

Perkembangan teknologi digital sudah sewajarnya dimanfaatkan untuk nilai-nilai positif, salah satunya memajukan pendidikan di tanah air. Dan dengan hadirnya portal pembelajaran Ruang Belajar, diharapkan siswa maupun guru mau belajar lebih giat lagi.

Karena dengan niat dan tekad yang kuat, semua siswa bisa menjadi siswa yang cerdas. Seluruh guru di tanah air bisa memiliki keterampilan yang lebih baik entah dalam menerangkan materi maupun dalam berinteraksi dengan para siswanya.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Pendidikan

Fungsi dan Cara Penggunaan Aplikasi Dapodik PAUD Terbaru

Brought to you by Ruangguru.co.id Aplikasi dapodik PAUD terbaru adalah salah satu pembaruan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan. Pembaruan ini bertujuan untuk memudahkan...

Posted on by Karinov
Pendidikan

Contoh Essai Beasiswa LPDP: Peranku bagi Indonesia

Pendidikan, Pondasi Kemajuan Bangsa Sejak kecil, Ibu saya telah sering menyampaikan pentingnya pendidikan, baik secara lisan maupun melalui sikap-sikap beliau dalam mendidik kami,...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam