Cara Kerja Speaker Protector dalam Rangkaian Sederhana


Editorial Staff
@oto_id
Cara Kerja Speaker Protector dalam Rangkaian...

Sekarang ini terdapat berbagai macam produk speaker dan Anda para pengguna speaker tentu paham bahwa ada yang namanya speaker protector yang sangat erat kaitannya dengan speaker.

Apa itu speaker protector?

Speaker protector merupakan suatu alat pengaman untuk speaker yang digunakan dalam rangka mencegah terjadinya kerusakan speaker.

Speaker protector ini selain memiliki fungsi utama untuk mencegah kerusakan speaker, juga berfungsi menghilangkan suara hentakan atau suara letupan pada speaker ketika power pertama kali dinyalakan.

Baca juga: Bahaya Speaker Bila Menggunakan Power Kecil

Lantas, dengan semua fungsi tersebut bagaimana cara kerja dari speaker protector ini?

Cara Kerja Speaker Protector

Cara kerja protector ini cukup mudah. Cara kerjanya adalah dengan dilakukan delay atau penundaan selama beberapa detik. Hal tersebut terjadi supaya speaker tidak terkoneksi lebih dulu di bagian power ketika powernya sedang dalam kondisi ON.

Kemudian setelah beberapa detik power ON, baru speaker terkoneksi secara otomatis dengan bagian powernya. Selama ini, kondisi di lapangan memang sering sekali terjadi kerusakan di bagian power yang menjadikan operasional dari protectornya bermasalah.

Jika hal tersebut terjadi, maka spul speaker akan turut serta mengalami kerusakan atau terbakar. Hal tersebut karena adanya tegangan DC yang sangat besar kemudian keluar melalui output speakernya.

Nah, untuk mencegah hal ini, maka pemasangan speaker protector akan sangat diperlukan sebagai langkah pengamanan bagi speaker itu sendiri.

Jika kemudian terjadi kerusakan di bagian power amplifier, maka akan dilakukan pemutusan secara otomatis oleh protector yang digunakan tersebut. Ya, memang bisa dibilang bahwa cara kerja dari protector untuk speaker ini sangat mirip dengan rangkaian power supply.

Jadi, jika ada tegangan DC yang sangat besar kemudian keluar melalui output speaker, maka hal tersebut menjadikan rangkaian power supply pada speaker protector akan aktif dan secara otomatis memutus jalur speaker di bagian power amplifier melalui kontak relay.

Komponen yang bertugas dalam memutus serta menyambung jalur speaker ke bagian power amplifier secara otomatis merupakan bagian relaynya. Relay ini tidak akan dapat bekerja tanpa adanya suatu rangkaian control. Maka rangkaian control ini menjadi sensor sekaligus pemberi isyarat di relay untuk melakukan berbagai pekerjaannya.

Pada protector speaker sendiri, akan Anda temukan berbagai macam komponen. Adapun komponen – komponen yang dimaksud diantaranya :

cara kerja speaker protector

D1 – D4 = Dioda 6A atau komponen kiprok yang sesuai bersama amper trafoC1, C2 = 10000 uf/ 80v.
D5, D6 = Dioda 6A
C3 = 2200 uf/ 50A
ICI = 7812 / 7815

Jika terdapat suatu diagram yang memperlihatkan bagaimana masing – masing komponen tersambung, maka diagram penyambungannya bisa langsung terkonek di bagian supply dimana tegangannya 12v – ct – 12v di bagian trafo.

Pada gambar terlihat bahwa ada tambahan power supply dimana step down tegangan icnya sebesar 7815 yang dimanfaatkan dalam rangka menurunkan tegangan sampai 20 volt dari trafo untuk dijadikan sebagai tegangan dengan volt yang lebih.

Kemudian untuk supply speaker protectornya, dalam penggunaan dan pemasangan yang terbaru, Anda bisa manfaatkan IC 7815, 7812 atau 7818. Akan tetapi kalau dijadikan sebagai bahan perbandingan.

Jika harus dibandingkan antara ketiganya, dibandingkan 7818, lebih baik Anda memilih untuk menggunakan 7812 atau 7815.

Itulah bagaimana cara kerja speaker protector yang bisa dimanfaatkan dan memiliki banyak fungsi untuk sebagai protector dari speakernya. Jadi, pastikan rangkaian sistem komponen Anda pilih yang terbaik agar mendapatkan kinerja yang oke juga untuk speaker Anda.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Produk Bisnis

Ingin Sewa Nuna Leaf? Kenali Pilihan Modelnya

Bagi bunda yang sedang hamil tua dan sedang mempersiapkan persalinan, kebanyakan dari mereka sangat antusias menyiapkan segala perlengkapan dan peralatan untuk buah hatinya. Pada...

Posted on by Editorial Staff
Produk Bisnis

Manfaat Pasta Gigi Sasha, Produk Halal dari Kino

Kebiasaan membersihkan gigi memang sudah ada sejak jaman dahulu. Hanya saja dulu belum ada pasta gigi dan masyarakat pada saat itu memilih membersihkan giginya dengan menggunakan...

Posted on by Editorial Staff

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam