Pengertian dan Isi Surat Pernyataan Perjalanan Dinas


Editorial Staff
@oto_id
Pengertian dan Isi Surat Pernyataan...

Apa itu surat perjalanan dinas dan seperti apa isi surat pernyataan perjalanan dinas? Oke, disini kita akan membahasnya!

Kita semua tentu tahu bahwa setiap dari pegawai pemerintahan baik yang bekerja di bawah pemerintahan daerah, pemerintahan pusat, atau bahkan bekerja untuk kemiliteran negara, bahkan seorang tenaga pendidik tentu tidak asing lagi dengan surat perjalanan dinas.

Surat perjalanan dinas merupakan surat resmi yang dikeluarkan sebagai tugas untuk diselesaikan karyawan atau keanggotaan demi keperluan dinas.

Surat resmi ini berisi tentang kaitannya dengan berbagai instansi demi memberikan titah dinas untuk seseorang. Lantas, seperti apa isi surat pernyataan perjalanan dinas?

Isi Surat Pernyataan Perjalanan Dinas

Jika kita bicara tentang isi surat pernyataan perjalanan dinas, kita akan menemukan beberapa bagian surat yang menjadi isi surat pernyataan perjalanan dinas.

bagian surat resmi

Bagian – bagian surat pernyataan perjalanan dinas sebagai berikut :

Kepala surat atau kop surat

Bagian kop surat ini berada paling atas pada sebuah surat resmi. Di bagian kop surat akan Anda temukan logo, nama dan juga alamat lembaga atau instansi.

Tanggal surat

Pada bagian tanggal surat, terdiri atas nama tempat dan tanggal dimana surat tersebut dibuat.

Nomor surat

Pada bagian nomor surat, terdiri atas kode, nomor surat yang dikeluarkan, identitas lembaga atau instansi dan juga tahun pembuatan surat.

Lampiran

Lampiran merupakan berkas pendukung yang akan disampaikan dan bisa berupa lembaran kertas atau dokumen yang lain.

Perihal atau hal

Perihal atau hal merupakan bagian pada surat resmi dimana pada bagian ini dituliskan mengenai isi pokok surat dinas. Disini ditujukan untuk siapa dan untuk apa surat tersebut dibuat.

Alamat surat

Terdapat dua macam penulisan alamat yang tertera pada surat dinas. Ada yang ditujukan untuk perorangan dan juga ada yang ditujukan untuk lembaga atau instansi yang lain.

Salam pembuka

Pada bagian ini tertera salam pembuka yang ditujukan untuk menunjukkan rasa hormat atau sopan santun kepada orang yang menerima surat dari pihak pengirim surat.

Isi surat

Isi surat harus sesuai dengan perihal yang ingin disampaikan. Isi surat pada surat resmi baiknya dibuat dengan EYD yang sesuai serta dibuat dengan penuturan yang padat, singkat dan jelas.

Salam penutup

Sama halnya dengan salam pembuka, salam penutup juga harus dibuat dengan sopan. Salam penutup sebagai bentuk rasa hormat dan menjadi akhir dari sebuah surat.

Nama

Berisi nama lengkap pihak yang mengirimkan surat

Tembusan

Pihak lain yang perlu mengetahui mengenai surat tersebut harus diberikan tembusan atau copy dari surat yang asli.

Contoh surat perjalanan dinas

Berikut sampel dari surat perjalanan dinas, untuk versi lengkap nya, dapat diakses di halaman contoh serta cara pembuatan surat dinas yang kami bahas di web utama.

PEMERINTAH KABUPATEN JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TENGAH
Jl. Raya Kudus, Telp (0321) 889122/889498

SURAT PERJALANAN DINAS
Nomor: Berisi nomor surat kedinasan

Yth. Kepala Sekolah SMK Negeri Kudus
Drs. Gatot Wachid
Di

SMK Negeri Kudus

Dalam rangka studi banding sekolah SMK di Jawa Tengah dengan sekolah SMK yang ada di Jawa Timur, dengan ini Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, memerintahkan kepada Kepala Sekolah SMK Negeri Kudus, Drs. Gatot Wachid dengan nomor NIP 19690119 2007012 011 untuk melakukan perjalanan dinas dengan tujuan sebagai berikut :

Tempat tujuan : SMK Negeri 1 Surabaya
Lama perjalanan : 3 hari
Tanggal berangkat : 15 September 2019
Tanggal kembali : 18 September 2019

Dimohon kepada kepala sekolah yang ditugaskan agar surat perintah perjalanan dinas ini dilaksanakan dengan sebaik mungkin dan dipertanggungjawabkan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
Drs. Andi Ma’ruf
NIP : 19690119 2007012 011

Itulah informasi untuk Anda tentang pengertian dan juga sekaligus isi surat pernyataan perjalanan dinas yang Anda harus tahu. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang menambah wawasan kita semua khususnya mengenai surat perjalanan dinas.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Berita

Pasar Sederhana Sukajadi Bandung Kebakaran Tadi Malam, 5 Oktober 2018

Bandung – Api berkobar di area Pasar Sederhana Sukajadi Bandung. Petugas turun tangan untuk memadamkan api. Pasar Sederhana terbakar pada Jumat (5/10/2018) malam, sekitar...

Posted on by Karinov
Berita

Ini Daftar 5 Perusahaan / Bisnis Milik Sandiaga Uno

Sandiaga Uno kini menjadi Calon Wakil Presiden yang mendampingi Calon Presiden Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden 2019 yang akan datang. Bisa dibilang, Sandiaga Salahuddin...

Posted on by Editorial Staff

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam