Mengenal Sistem Transportasi di Negara Jepang

Ingin tahu bagaimana kondisi transportasi di Jepang? Yuk simak ulasan mearik berikut ini.


Karinov
@karinovcoid
Mengenal Sistem Transportasi di Negara Jepang

Jepang adalah salah satu negara paling maju di dunia. Untuk urusan alat transportasi pun Jepang menjadi panutan negara-negara berkembang karena kecanggihan teknologinya. Dalam hal transportasi publik, Jepang mempunyai sistem transportasi yang terbaik.

Pemerintah Jepang berusaha membuat alat transportasi massal yang cepat, nyaman dan aman bagi warganya. Mereka pun mengkondisikan supaya warganya tidak mudah memiliki mobil yaitu dengan cara membuat kebijakan harga mobil, bahan bakar dan pajak parker kendaraan yang mahal. Sehingga mau tidak mau warga Jepang akan menggunakan alat transportasi yang ada untuk bepergian.

Dalam kesempata kali ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui bagaimana sistem transportasi pemerintah Jepang disegala bidang, baik untuk transportasi darat, udara, dan juga laut.

Transportasi darat

Kereta 

Alat transportasi darat yang paling populer di Jepang adalah kereta api. Sistem kereta api berkembang dengan sangat baik sehingga kemana pun kita mau bepergian bisa dijangkau dengan kereta. Layanan kereta di Jepang sebagian besar dikelola oleh Japan Railway (JR). Biasanya stasiun kereta di Jepang dilengkapi dengan papan rute dan tarif.

Tiket dapat dibeli di mesin tiket otomatis yang akan memberitahu kita rute yang kita pilih serta waktu pemberangkatan. Kereta di Jepang terkenal dengan kecanggihan serta kenyamanannya. Bagi kita yang baru datang ke Jepang awalnya pasti akan sedikit kesulitan untuk menggunakan alat transportasi yang satu ini karena kerumitan sistem pembelian tiket ataupun cara melihat rute yang berada di papan peta yang mempunyai warna yang berbeda-beda.

Jepang mempunyai shinkansen atau yang dikenal sebagai kereta peluru. Tidak heran dijuluki kereta peluru karena bentuknya yang seperti peluru dan lajunya yang super cepat. Selain itu ada kereta subway atau kereta bawah tanah yang selalu penuh di jam-jam sibuk.

Bus

Di Jepang, layanan bus hampir 24 jam tersedia. Kondisi di dalam bus juga dibuat sedemikian rupa agar membuat nyaman penumpang. Perusahaan bus menyediakan tempat duduk khusus untuk orang tua, ibu hamil dan penumpang yang berkebutuhan khusus. Terminal atau pemberangkatan bus hampir selalu ada di dekat stasiun kereta. Para calon penumpang bus harus naik dan turun di halte bus karena bus dilarang berhenti di sembarang tempat. Calon penumpang harus membeli tiket dahulu yang dapat dibeli di terminal ataupun secara online.

Taksi

Taksi merupakan alat transportasi yang bisa diandalkan meskipun dari segi biaya lebih mahal dari kereta ataupun bus. Taksi dapat mengantarkan kita tepat di tempat tujuan. Pintu taksi dibuka dan ditutup secara otomatis dan semua taksi di Jepang adalah taksi anti asap rokok.

Transportasi Air

Jepang mempunyai kapal laut atau ferry untuk menghubungkan satu pulau ke pulau yang lain serta menghubungkan pelabuhan-pelabuhan utama. Meskipun tidak secepat kereta tetapi kapal ferry yang tersedia di Jepang jumlahnya banyak dan cukup banyak diminati sebagai alat transportasi massal. Kapal ferry hanya tersedia pada sore dan malam hari. Rute perjalanan laut di Jepang melayani rute dalam dan luar negeri.

Transportasi Udara

Dengan hampir 90 bandara yang ada, Jepang melayani penerbangan rute domestic maupun luar negeri. Pelayanan yang memuaskan membuat para wisatawan merasakan kenyamanan selama penerbangan. Bandara Narita adalah salah satu bandara tersibuk di dunia. Bahkan menjadi bandara paling sibuk di Asia. 

Meskipun terkenal dengan alat transportasinya yang canggih dengan teknologi tinggi, namun banyak orang Jepang yang masih memilih untuk berjalan kaki ke tempat tujuan. Jumlah pejalan kaki termasuk sangat banyak di negara ini. Selain berjalan kaki, bersepeda ke tempat tujuan menjadi pilihan favorit untuk mereka yang memilih bepergian dengan mudah dan murah.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Berita

Ini 7 Pulau Wisata Terbaik di Indonesia

Sebagai negara maritim, Indonesia tentu memiliki gugusan pulau dari Sabang sampai Merauke. Pulau-pulau tersebut pun memiliki sejuta pesona alami, yang sontak saja menjadi...

Posted on by Karinov
Berita

BBM Naik Lagi: Harga Pertamax Naik Jadi Rp 10.400 Siang Ini

Harga bahan bakar minyak (BBM) PT Pertamina (Persero) Pertamax Cs naik mulai hari ini. Kenaikan ini dipengaruhi kenaikan harga minyak mentah dunia. “Penyesuaian harga BBM...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam