Daftar UMR Kota Besar di Indonesia Tahun 2020

Pada tahun 2020, pemerintah menaikkan angka standar UMP nasional sebesar 8,51%. Bagaimana dampaknya terhadap upah minimum di kota-kota besar?


Karinov
@karinovcoid
Daftar UMR Kota Besar di Indonesia Tahun 2020
Posted by Karinov

Kenaikan gaji merupakan hal yang lumrah dan terjadi setiap tahun di Indonesia. Peraturan ini sudah dijalankan sejak lama dan tidak berubah sampai sekarang. Alasan utamanya karena kebutuhan masyarakat yang semakin besar, harga yang naik dan tingkat pertumbuhan serta perkembangan ekonomi lainnya. Saat bicara tentang kenaikan gaji, otomatis kita akan mengatakan beberapa istilah salah satunya UMR. 

Apa Itu UMR?

Upah Mininum Regional mengacu pada standar nilai-nilai kerja perusahaan, di mana pengusaha memiliki wewenang untuk menaikkan upah karyawan mereka. 

Dan karena Indonesia merupakan negara berkembang, ada banyak sekali pengusaha yang menjalankan bisnisnya dan mereka memiliki kewajiban untuk memenuhi standar kenaikan UMR di tiap-tiap kota. 

Mengikuti peraturan pemerintah UMR dibagi kembali menjadi dua bagian, yang pertama adalah UMP merujuk pada UMR tingkat I dan ada juga UMK merujuk pada UMR Tingkat II. 

Keunikannya jumlah gaji yang didapatkan oleh karyawan biasanya mengacu pada Upah Minimum Kabupaten/Kota. Tapi, masih banyak masyarakat yang mengalami kesulitan untuk membedakan antara ketiga istilah tersebut sehingga timbul kesalahpahaman. 

Jadi jika Anda bertanya berapa gaji yang didapatkan dalam sebulan maka lihatlah pada tabel UMK terbaru yang disebarkan oleh pemerintah. Masing-masing kota biasanya akan mengalami kenaikan gaji mengikuti kenaikan UMP yang diterima oleh masing-masing provinsi. 

9 Daftar Nilai UMR Kota Besar 2020

Di Indonesia, ada beberapa kota besar yang memiliki akses kuat dalam perekonomian negara juga merujuk pada jumlah penduduknya yang cukup tinggi. 

Kota besar menjadi salah satu tujuan penyelenggaran acara hiburan atau tempat wisata pilihan turis domestic dan mancanegara. Selengkapnya tentang perubahan nilai UMR masing-masing kota besar simak di bawah ini:

Jakarta

Dengan jumlah populasi lebih dari 10 juta, Jakarta merupakan kota besar dengan aktivitas perekonomian yang sangat sibuk. Ada banyak gedung tinggi yang bisa Anda temukan dengan mudah di sini. 

Provinsi DKI Jakarta sayangnya tidak menetapkan berapa taksiran UMK, mereka lebih berpatok pada angka UMP (Upah Minimum Provinsi) 2020 yang mencapai Rp 4,276,349.

Bandung

Tidak jauh dari DKI Jakarta, kita bisa dengan mudah menemukan Kota Bandung. Kota ini termasuk salah satu kota paling terpopuler di Jawa Barat, ada banyak tempat wisata yang bisa kita temukan di sini yang ikut membantu pertumbuha perekonomian Bandung.

Anda yang berencana bekerja di Kota Bandung maka akan mendapatkan UMK sekitar Rp 3,62 juta. Pemerintahan Provinsi Jawa Barat memutuskan untuk menaikkan Upah Mininum Provinsi Jabar 2020 menjadi Rp 1,810,350 yang secara signifikan merupakan UMK masing-masing kota.

Uniknya, bukan Kota Bandung yang mendapatkan kenaikan UMK tertinggi tapi justru Kabupaten Karawang dengan UMK sebesar Rp 4,59 juta. 

Surabaya

Provinsi Jawa Timur memutuskan untuk menetapkan UMP menjadi Rp 1,76 juta dengan UMK tertinggi jatuh pada Kota Surabaya. Kota Surabaya memang menjadi kota dengan jumlah populasi yang cukup tinggi kurang lebih 2,9 juta jiwa. 

Dan kini mayoritas pekerja di Kota Surabaya memiliki taraf hidup yang baik karena kenaikan UMK menjadi Rp 4,20 juta.

Medan

Medan merupakan salah satu kota terbaik dan terpopuler yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Tahun 2020 UMK Kota Medan mengalami perubahan menjadi Rp 3,222,556. Bila dibandingkan dengan beberapa kota lainnya di Sumatera Utara, UMK Kota Medan yang paling tinggi menyusul kemudian Deli Serdang dan Karo. 

Semarang

Anda yang tertarik pindah tempat kerja di Kota Semarang, wajib mengetahui berapa kisaran UMK yang diterima oleh kota tersebut. Nilai UMP 2020 untuk Provinsi Jawa Tengah adalah Rp 1,74 juta. 

Sementara Kota Semarang berada di urutan pertama kota yang menerima kenaikan gaji paling tinggi di Jateng dengan UMK sebesar Rp 2,71 juta

Makassar

Sebelum naik menjadi Rp 3,19 juta, UMK Kota Makassar di tahun 2019 lalu hanya mencapai Rp 2,94 juta. Tapi karena kebijakan pemerintah yang menaikknya UMK hingga 8,1 % masyarakat Kota Makassar khususnya pekerja aktif bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi lagi. 

Palembang

Kenaikan yang cukup tinggi tidak hanya dirasakan oleh Kota Makassar saja, mereka yang bekerja di Palembang juga merasakan kondisi yang sama. Ini karena UMK Palembang 2020 yang ditetapkan oleh pemerintah meningkat tajam menjadi Rp 3,16 juta

Batam

Sebagai salah satu kota yang bertetangga dengan Singapore, Batam memiliki banyak sekali keistimewaan terutama dari segi pariwisatanya. Pertumbuhan ekonomi di Batam pun banyak mengalami perubahan karena kondisi tersebut. Tidak heran jika UMK Kota Batam 2020 naik menjadi Rp 4,1 juta.

Malang

Kota Malang termasuk kota terbaik yang menjadi tujuan wisata banyak orang. Kota ini juga memiliki infrasturktur yang baik dan terus mengalami perbaikan sarana juga prasarana. UMK Kota Malang yang telah disetujui oleh pemerintah tahun 2020 ini adalah Rp 2,89 juta

Bicara tentang kenaikan UMR/UMP/UMK selalu terasa menyenangkan, karena artinya pekerjaan yang Anda lakukan mendapatkan apresiasi yang bagus dari orang lain. Maka ketika gaji yang didapat sudah mengalami peningkatan, pastikan pula untuk mengembangkan potensi Anda sehingga bisa bekerja dengan lebih baik lagi.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Berita

Panduan Cara Bayar Zakat secara Online di Zakat.or.id

Bagi umat Islam, zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus ditunaikan baik oleh laki-laki dan perempuan. Hal tersebut karena zakat fitrah merupakan salah satu perintah Allah...

Posted on by Karinov
Berita

Daftar Tunggu Haji dan Kuota Tiap Kota/Kab di Indonesia

Jika dilihat, daftar tunggu Haji yang sudah dirilis oleh Kemenag di tahun 2019 ini sudah semakin panjang. Hal ini karena meningkatnya keinginan masyarakat Indonesia untuk...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam