Marketing

Cara Mudah Membuat Artikel SEO Masuk Google

Untuk membuat artikel SEO friendly bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi, untuk bisa masuk ke dalam...

· 3 min read >
cara mudah menulis artikel seo

Untuk membuat artikel SEO friendly bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi, untuk bisa masuk ke dalam kategori SEO friendly, artikel tersebut harus bisa memenuhi beberapa kriteria yang diterapkan oleg Google. Hal ini karena Google mempunyai standar tersendiri untuk bisa mengurutkan beberapa artikel yang ada pada hasil pencarian.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, apakah tidak bisa membuat sebuah artikel biasa saja? Membuat artikel yang biasa saja ternyata tidak cukup untuk bisa masuk dalam pencarian teratas. Maka dari itu, penting untuk belajar cara membuat artikel SEO yang bisa membantu Anda agar artikel tersebut bisa lebih mudah ditemukan di halaman pertama mesin pencarian Google.

Beberapa cara yang harus Anda lakukan pun tampaknya juga tidak sesederhana seperti yang ada dalam pikiran Anda. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik, agar artikel tersebut bisa masuk dalam kategori SEO friendly. Nah, apa saja hal yang bisa Anda lakukan?

Menggunakan Keywords yang Banyak Dicari Audiens

Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah dengan memilih kata kunci untuk para audiens. Jadi, Anda harus tahu dan paham terlebih dahulu siapa target audiens yang akan dituju. Nah, untuk memilih kata kunci yang tepat dan banyak dicari oleh orang, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Gunakan bantuan dari beberapa situs untuk mengetahui banyaknya orang yang mencari kata kunci tersebut.
  2. Langkah berikutnya, Anda harus tahu betul apa yang diinginkan oleh para pencari melalui kata kunci tersebut.
  3. Terakhir, pastikan pula bahwa Anda memiliki sumber yang baik dan data lengkap untuk menyaingi beberapa artikel yang berada di halaman utama.

Buat Artikel yang Menjawab Pertanyaan Para Audiens

Ada beberapa indikator yang menjadi patokan Google untuk mengetahui apakah para pembaca puas dengan artikel yang Anda buat. Salah satunya yaitu dengan mengetahui seberapa lama pembaca membaca artikel (Avg time on site).

Oleh karena itu, buatlah sebuah artikel yang kiranya bisa menjawab beberapa pertanyaan melalui kata kunci yang Anda pilih. Semakin lengkap pembahasan yang Anda berikan, maka pembaca akan semakin lama untuk membaca artikel tersebut. Hal ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan poin dari Google.

Focus Keyword yang Digunakan Harus Wajar

Satu hal yang sangat penting ialah, artikel yang Anda tulis merupakan artikel yang dibaca oleh manusia. Oleh sebab itu, buatlah artikel yang disesuaikan dengan logika pembaca. Jangan lupa pula untuk membuat artikel yang bermanfaat dan informative. Setelah itu, jangan lupa baca ulang dengan menggunakan perspektif dari mesin pencarian Google.

Membuat Artikel yang Layak Baca

Tidak sedikit orang yang hanya memperhatikan aturan dari mesin pencarian itu sendiri. Hal ini membuat artikel terkesan lebih aneh dan tidak enak dibaca. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat sebuah artikel yang layak dibaca serta bermanfaat. Menggunakan bahasa yang informatif menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Gunakan Link Internal dan Eksternal

Menggunakan link internal dan link eksternal juga merupakan cara yang baik untuk membuat sebuah artikel yang SEO friendly. Fungsi dari link internal ini adalah untuk membantu pembaca agar bisa membaca artikel Anda yang lainnya dan berkaitan dengan topic yang sedang dibahas.

Sedangkan, untuk fungsi dari artikel link eksternal ini sendiri ialah membantu pembaca untuk melihat website ataupun blog lain. Dengan demikian, pembaca akan percaya bahwa artikel yang Anda buat tersebut sudah melakukan riset terlebih dahulu. Dengan adanya link internal akan membuat pembaca menghabiskan waktu lebih lama di blog Anda.

Perhatikan Beberapa Elemen Penting dalam Blog

Di dalam sebuah artikel yang ada di blog tak hanya terdiri atas beberapa kalimat ataupun paragraf saja. Akan tetapi, ada pula beberapa elemen lainnya yang harus Anda perhatikan dengan baik, yakni URL, judul serta heading.

Nah, buatlah URL yang lebih singkat. Sama halnya untuk judul blog, pastikan bahwa Anda tidak menulis sebuah judul yang terlalu panjang. Buatlah judul yang lebih pendek namun sudah menggambarkan garis besar dari isi artikel. Pastikan pula bahwa judul tersebut mengandung fokus keyword.

Untuk heading juga sama, Anda juga harus memasukkan focus keyword ke dalamnya namun jangan berlebihan.

Melakukan Optimasi Gambar

Gambar juga menjadi bagian yang cukup penting terutama bagi artikel yang panjang. Ini merupakan langkah yang bagus untuk membuat pembaca agar tidak  mudah bosan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya gambar tersebut bisa berfungsi secara optimal, seperti:

  • Pastikan bahwa nama file dari gambar yang digunakan sudah sesuai dengan focus keyword yang digunakan.
  • Tulis alt text gambar yang sesuai dengan focus keyword.
  • Lakukan optimasi gambar dengan cara memperkecil file size gambar tersebut, ini bertujuan agar proses loading page bisa berjalan lebih cepat.

Unggah Konten yang Anda Buat secara Berkala

Dengan mengunggah artikel yang Anda buat secara berkala, ini akan membantu pembaca untuk bisa mendapatkan informasi dari artikel yang lebih aktual serta faktual. Tak hanya itu, bahkan Google juga akan memberikan nilai yang lebih kepada beberapa blog yang sering mengunggah artikel secara rutin.

Sudut Pandang yang Unik

Agar artikel yang Anda buat tidak terlihat membosankan, maka gunakan sudut pandang yang lebih unik. Tentu saja, ada banyak sekali pembahasan yang bisa dibahas dalam satu kata kunci. Anda mungkin bisa menggunakan pengalaman pribadi yang pernah dialami untuk mengembangkan isi dari keyword tersebut.

Jangan Lupakan Struktur Artikel

Jangan lupa untuk membuat sebuah struktur artikel yang baik. Umumnya, struktur yang dimiliki oleh artikel itu sendiri terdiri atas:

  • Prolog (pembuka)
  • Isi
  • Epilog (kesimpulan).

Dengan menggunakan struktur artikel ini akan membantu pembaca agar lebih mudah untuk menemukan apa yang mereka butuhkan. Misalkan, ketika pembaca ingin langsung mengetahui isi artikel, maka pembaca tersebut bisa langsung menuju bagian isi.

Panjang Artikel yang Optimal

Sebuah artikel yang baik memiliki panjang minimal 300 kata. Sedangkan untuk angka maksimalnya berbeda-beda menurut pembahasan oleh beberapa ahli. Orbit Media Study menjelaskan bahwa untuk panjang maksimal dari sebuah artikel di dalam blog adalah 1.142 kata.

Akan tetapi, CoSchedule menjelaskan jika artikel yang Anda buat ingin menduduki pada halaman pertama di mesin pencarian Google, maka paling tidak artikel tersebut memiliki jumlah kata hingga 2.500 kata.

Promosikan Artikel yang Buat

Jangan lupa pula untuk melakukan promosi terhadap artikel yang Anda buat tersebut. Meski bagian yang satu ini bukan menjadi salah satu bagian dari cara membuat artikel SEO, namun Anda bisa melakukannya agar artikel yang dibuat memiliki jangkauan pembaca yang luas.

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi dari blog yang Anda buat tersebut. Dengan demikian, blog pun bisa memiliki banyak pengunjung.

Nah, di atas merupakan beberapa cara membuat artikel SEO yang mudah dan praktis. Meski tampaknya mudah, namun dibutuhkan ketelatenan agar artikel yang Anda buat bisa SEO friendly. Selamat mencoba.

Written by Editorial Staff
Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *