Entrepeneurship

Panduan Lengkap Cara Dropship Aliexpress ke Shopee


Dropship adalah metode penjualan online yang relatif mudah, karena Anda tidak perlu menyimpan produk yang dijual dalam stok. Ketika Anda mendapatkan pesanan, Anda hanya perlu membeli barang dari supplier dan mengirimkannya langsung ke pembeli.

Anda juga tidak perlu menyewa pegawai dan mencari tempat untuk toko offline, sehingga usaha ini bisa dimulai dengan modal kecil. Jika Anda ingin memulai bisnis dropship, Aliexpress bisa menjadi supplier pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. 

Tutorial singkat ini disampaikan oleh Import Barang dari China

Kiat Dropship untuk Pemula

Berikut beberapa tips dropship dari Aliexpress ke Shopee untuk pemula yang perlu Anda ketahui:

  1. Tentukan Jenis Produk

    Pada langkah ini, Anda perlu melakukan riset. Caranya adalah dengan melihat produk apa saja yang paling laris di di Shopee, tapi yang juga tersedia di Aliexpress.

  2. Pantau Pesaing

    Setelah menemukan jenis barang dan toko yang paling ramai di Shopee, lakukan pemantauan secara teratur. Anda bisa memonitor akun shopee, situs web dan halaman media sosial dari pesaing untuk mengetahui model pemasaran, jumlah peminat, dan komentar para pembeli. Cara ini akan membuat Anda mengetahui jenis promosi yang disukai para konsumen dalam jenis produk yang akan Anda jual.

  3. Branding

    Pelanggan suka membeli dari tempat yang terpercaya. Bangunlah kepercayaan itu melalui citra merek Anda. Pertama, buatlah merk unik yang bisa menarik konsumen. Kemudian tingkatkan merk Anda melalui pelayanan yang memuaskan dan kualitas barang yang bagus. Citra merek yang kuat akan membantu meningkatkan nilai toko Anda dan membuat Anda berkesan di mata pelanggan.

  4. Beri Layanan Pelanggan yang Bagus

    Ada cara untuk menonjol ketika menjual produk yang sama dengan toko lain, yaitu dengan menawarkan layanan pelanggan yang bagus. Misalnya dengan menawarkan penukaran size/warna, online setiap hari, serta menanggapi pertanyaan pelanggan dengan ramah dan sopan.

  5. Pesan Sampel Produk

    Sebelum benar-benar memulai dropship, cobalah untuk merasakan produk dari supplier yang Anda pilih. Hal ini akan membantu Anda menulis deskripsi produk yang lebih akurat di akun Shopee, serta bisa menggunakan produk sampel untuk membuat video/foto produk.

Pilih Supplier dari Aliexpress

Pilihlah produk berkualitas dari supplier terpercaya di Aliexpress dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Pilih supplier yang jumlah penjualannya cukup tinggi, misalnya lebih dari 200. Banyaknya orderan menunjukkan bahwa supplier tersebut dapat diandalkan dan produknya disukai oleh para konsumen.
  • Pastikan bahwa supplier tersebut memiliki rating yang bagus, setidaknya 4 bintang. Hal ini untuk memastikan bahwa sebagian besar konsumen puas dengan layanan dan produk dari supplier tersebut.
  • Perhatikan dengan detail dan teliti mengenai barang-barang yang dijual oleh supplier, untuk memastikan bahwa barang tersebut ori.
  • Untuk menekan budget, sebaiknya carilah supplier yang menawarkan layanan free shipping. Dengan begitu, Anda bisa menjual kembali dengan gratis ongkir juga ke pelanggan. Biasanya, barang gratis ongkir memiliki lebih banyak peminat.

Tips penting lain yang perlu diperhatikan dropship pemula adalah mulailah dengan jumlah yang sedikit, misalnya 10 jenis produk dengan masing-masing stok adalah 10 pcs. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari kerugian besar jika misalnya produk Anda kurang laris.

Entrepeneurship
Mengenal Perbedaan Model Bisnis Online dan Bisnis Offline
Entrepeneurship
Tips dan Cara Aman Menghindari Penipuan Saat Belanja di Taobao
Entrepeneurship
Melirik Kegiatan Ekonomi Kecil Menengah di Kabupaten Tabanan
There are currently no comments.