Pendidikan

Panduan Logo Tut Wuri Handayani untuk SD yang Benar [+Manual]


Logo Tut Wuri Handayani merupakan logo yang sangat terkenal karena digunakan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Jika Anda berencana menggunakan logo ini, Anda wajib mengikuti aturan yang berlaku untuk membuat logo semirip mungkin dengan aslinya.

Makna dari Semboyan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Tut Wuri Handayani memiliki bentuk segi lima dengan warna dasar biru muda. Hal ini bukannya kebetulan belaka karena logo tersebut menggambarkan kehidupan dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila.

Logo Resmi Tut Wuri Handayani Kemdikbud
Logo Resmi Tut Wuri Handayani Kemdikbud

Ki Hajar Dewantara menggunakan semboyan yang berbunyi Tut Wuri Handayani sewaktu menjalankan sistem pendidikan. Dengan menggunakan semboyan ini, Anda sebenarnya turut menghormati Ki Hajar Dewantoro, sang pencetus penggunaan semboyan tersebut untuk pendidikan.

Kaidah Logo Tut Wuri Handayani

Proses pembuatan logo ini harus diperhatikan baik-baik agar tidak terjadi kesalahan. Ikuti langkah-langkah di bawah untuk membuat logo Tut Wuri Handayani:

  • Membuat bentuk segi lima dengan sisi-sisi yang agak melengkung dengan warna biru muda sebagai latar belakang. Warna serta bentuk segi lima memiliki arti pengabdian yang tidak pernah putus dengan mempunyai pandangan hidup mendalam.
  • Menuliskan Tut Wuri Handayani dengan warna hitam pada bagian paling atas dari logo.
  • Menambahkan blencong atau api yang menyala dengan menggunakan warna kuning emas yang memiliki arti keluhuran dan keagungan pengabdian.
  • Menambahkan Burung Garuda dengan sayap serta ekor berwarna putih yang mewakili kesucian tanpa pamrih. Pastikan sayap serta ekor Garuda memiliki jumlah masing-masing 5 helai yang menggambarkan perbuatan Pancasila.
  • Menambahkan logo buku yang adalah sumber segala ilmu dan sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia.
Panduan Warna Logo Kemdikbud
Panduan Warna Logo Kemdikbud

Pastikan seluruh peraturan di atas sudah Anda ikuti dengan saksama sewaktu membuat lambang pendidikan Indonesia tersebut. Jangan ada yang terlewat sedikitpun karena setiap bagian atau elemen dari lambang tersebut membawa makna yang dalam. Untuk mengunduh versi PDF panduan logo kemdikbud ini, Anda dapat mengunduhnya lewat tautan download berikut:

Merupakan sebuah tindakan tidak hormat terhadap pahlawan pendidikan Indonesia, jika Anda mengubah sedikit saja penggunaan elemen pada logo Tut Wuri Handayani. Periksa ulang logo yang Anda buat dan pastikan semuanya sudah benar-benar sesuai dengan logo aslinya.

Pendidikan
Mengenal Daerah Asal Hewan Komodo, Dari Australia Atau Indonesia?
Pendidikan
Ini Suku Dan Daerah Asal Kerak Telor serta Kandungan Gizinya
Pendidikan
6 Tempat Les Privat Recomended di Surabaya
There are currently no comments.