Akademik

Panduan Lengkap Penyetaraan Ijazah Luar Negeri


Bagi lulusan luar negeri, penyetaraan ijazah begitu penting dilakukan. Hal ini penting demi menentukan gelar apa yang akan diperoleh oleh lulusan tersebut setara dengan ijazah pada jenjang tertentu di Indonesia. Jadi, bukan persoalan diakui atau tidaknya pendidikan yang telah ditempuh di luar negeri.

Saat ini Kemenristekdikti juga sudah mengeluarkan terobosan baru, guna melakukan penyetaraan ijazah luar negeri. Anda bisa melakukan penyetaraan ijazah dengan sangat mudah melalui situs resmi secara online, asalkan telah mencukupi sejumlah persyaratan yang diberikan.

Persyaratan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Penyetaraan ijazah luar negeri yakni suatu proses penilaian terhadap semacam gelar tertentu untuk disamakan dengan gelar di Indonesia. Nantinya penyetaraan ijazah tersebut juga akan melihat sejauh mana sistem akademik, kualitas tugas akhir kuliah, jumlah kredit ditempuh dan sebagainya.

Sebelum melakukan penyetaraan, Anda akan diminta untuk mencukupi persyaratan terlebih dahulu. Setidaknya tidak sampai 10 macam persyaratan yang mesti Anda penuhi untuk melakukan proses penyetaraan ijazah dari kampus luar negeri.

  1. Perguruan tinggi yang ada di luar negeri serta prodi yang diambil harus diakui dan terakreditasi.
  2. Menyiapkan LoA atau Letter of Acceptance sebagai bukti penerimaan mahasiswa pada perguruan tinggi tersebut.
  3. Menunjukkan ijazah asli yang berwarna beserta versi terjemahannya. Tidak lupa ijazah terjemahan tersebut juga merupakan hasil terjemahan dari penerjemah tersumpah.
  4. Menunjukkan visa studi sekaligus paspor sebagai bukti keluar masuk negara selama masa studi berlangsung.
  5. Memiliki SK penyetaraan ijazah yang sudah diterbitkan Ditjen Dikti.
  6. Melampirkan katalog pendidikan yang sudah diterjemahkan baik ke dalam bahasa Inggris maupun Indonesia.
  7. Melampirkan disertasi bagi lulusan program S3, tesis bagi lulusan S2 dan tugas akhir bagi lulusan S1.
  8. Mencantumkan publikasi yang dimuat pada jurnal internasional bagi program S3.

Panduan Cara Menyetarakan Ijazah Luar Negeri

Proses Tata Cara Penyetaraan Ijazah
Proses Tata Cara Penyetaraan Ijazah

Saat ini penyetaraan ijazah dari luar negeri bisa dilakukan secara daring. Cara ini tentu terbilang sangat praktis dan bisa menghemat waktu Anda. Jika proses penyetaraan sudah selesai dilakukan, berikutnya Anda tinggal mengambilnya saja ke Kemenristekdikti.  

  • Buatlah akun terlebih dahulu melalui link berikut ijazahln.ristekdikti.go.id lalu masuk ke menu registrasi.
  • Lengkapi isian biodata pemohon.
  • Upload seluruh persyaratan yang diminta pada halaman tersebut. Persyaratan tersebut di antaranya scan ijazah asli, transkrip nilai, passpor dan visa, LoA, SK penyetaraan, akreditasi perguruan tinggi dan katalog pendidikan.
  • Tunggu sejenak sampai Anda mendapatkan email masuk yang menyatakan bahwa permohonan telah berhasil.
  • Lakukan cek status proses penyetaraan dari ijazah luar negeri Anda. Status proses penyetaraan biasanya akan bertahap mulai dari status draft, verifikasi data, validasi, dicetak, ditandatangani dan siap diambil.
  • Biarkan pihak terkait memeriksa berkas yang telah Anda unggah terlebih dahulu. Setidaknya membutuhkan waktu sampai 7 hari.
  • Berikutnya, Anda akan mendapatkan email masuk berisikan file SK yang sudah ditandatangani dan dicetak.
  • Datangi langsung Kemenristekdikti guna mengambil SK. Pengambilan berkas penting ini bisa diwakilkan dengan menyertakan surat kuasa.
  • Jangan lupa lakukan legalisir SK terlebih dahulu. Biasanya prosesnya 1 sampai 3 hari kerja. Pengambilan legalisir juga boleh diwakilkan dengan bukti surat kuasa.
  • Penyetaraan ijazah selesai dilakukan.

Tanya Jawab Seputar Penyetaraan Ijazah

Apa yang dimaksud Surat Keterangan Pendamping Ijazah?

Diploma Supplement atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah adalah dokumen yang berisikan tentang Capaian Pembelajaran (Learning Outcome) dari sebuah program studi.

Diploma Supplement juga berisikan informasi mengenai data mahasiswa yang mengikuti program tersebut, kualifikasi pendidikan yang diambil, jenjang pendidikan yang diambil, informasi mengenai daftar mata kuliah pada program tersebut, sistem penilaian, lama studi, dan informasi lain terkait dengan sistem pendidikan di negara setempat.

Bagaimana jika berkas akademik dan ijazah saya tidak dalam Bahasa Inggris?

Jika berkas-berkas TIDAK menggunakan Bahasa Inggris, maka dokumen-dokumen tersebut WAJIB diterjemahkan. Dokumen yang WAJIB diterjemahkan oleh PENERJEMAH TERSUMPAH atau SWORN translator adalah Ijazah, Transkrip Akademik. Berkas-berkas selain Ijazah dan Transkrip dapat diterjemahkan oleh non penerjemah tersumpah.

Catatan: Bagi lulusan China, CDGDC wajib diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah apabila berkas aslinya dalam bahasa Mandarin.

Apakah Ijazah terjemahan asli dari Perguruan Tinggi asal bisa digunakan?

Apabila Negara yang bahasanya bukan Bahasa Inggris, tapi perguruan tinggi menyediakan versi tejemahannya, maka terjemahan tersebut dapat diterima. Tetapi ijazah versi bahasa asli harus dilampirkan bersama-sama dengan versi terjemahan Inggris tersebut.

Bagaimana cara penyetaraan profesi dokter?

Untuk proses penyetaraan profesi dokter, setelah melalui tahap penilaian oleh Tim Penilai maka pengusul akan mendapatkan Surat Pengantar ke Kolegium Kedokteran Indonesia (KKI) untuk melanjutkan ke tahap adaptasi. Proses selanjutnya mengikuti tahapan yang telah ditetapkan oleh Kolegium Kedokteran Indonesia (KKI).

Kini melakukan penyetaraan ijazah dari luar negeri ke Indonesia sangat mudah dilakukan. Tentunya dengan adanya terobosan teknologi baru ini akan menjadikan segalanya kian praktis. Anda tidak perlu bolak-balik menyetorkan berkas persyaratan ke kantor langsung, melainkan cukup dengan online saja.

Referensi primer: kemdikbud.go.id

Akademik
Daftar IQ Tertinggi dan Tingkatan IQ Rata-Rata Manusia
Akademik
Contoh Cover Laporan Praktikum Akademik Standar PTN [DOC]
Akademik
Pembahasan Lengkap Proses Fotosintesis pada Tumbuhan [+Gambar]
There are currently no comments.