Kehidupan sejatinya adalah proses belajar tiada henti. Diawali dari kelahiran dan berakhir hingga kematian datang. Pendidikan menjadi bagian penting bagi hidup itu sendiri. Seperti halnya dengan makan dan bernafas pendidikan menjadi kebutuhan utama. Dalam masyarakat sekarang ini pendidikan tidak hanya diperoleh melalui pendidikan formal saja namun ada istilah pendidikan non formal.

Pendidikan ini tidak kalah penting dari pendidikan formal atau yang biasa dipahami dalam artian bangku sekolahan. Kedua jenis pendidikan ini menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam proses pembelajaran.

Pengetahuan Dasar

Pendidikan non formal yang diartikan dalam semua proses pembelajaran di luar lembaga pendidikan resmi atau selain dari pendidikan yang berasal dari sekolahan. Meski demikian pendidikan ini juga memiliki jenjang serta tingkatan yang diatur secara otonom dari lembaga non formal tersebut.

Menjadi lembaga pendidikan di luar pendidikan di sekolahan tidak membuat pendidikan non formal menjadi layu dan mudah terbawa angin. Ketentuan yang tegas dan jelas  yang akan diterapkan menjadi berbeda-beda tergantung institusi yang membentuk.

Manfaat Besar

Dalam pembentukan pribadi yang cerdas pendidikan non formal memiliki manfaat yang tidaklah kecil, diantara manfaatnya adalah :

Pengembangan Potensi Diri

pendidikan mengembangkan potensi diri

Pendidikan non-formal sebagai sarana pengembangan potensi

Waktu di luar jam pelajaran sekolah dan aturan yang fleksibel namun terarah ini membuat pendidikan non formal memiliki peran tersendiri untuk mengembangkan potensi dari setiap individu yang mengikutinya.

Setiap orang akan merasa lebih nyaman dan dapat memaksimalkan talenta yang dimiliki melalui pendidikan yang tidak bersifat resmi ini. Semua bakat akan dapat terasah sehingga secara tidak langsung akan meningkat pula kualitas sumber daya manusia yang diciptakan.

Media Sosialisasi

Pendekatan tidak hanya berhenti pada pengembangan potensi diri saja. Lebih dalam  dari itu pendidikan jenis ini juga dimaksudkan agar jaringan sosialisasi menjadi lebih luas. Banyak orang-orang baru yang akan dikenal saat mengikuti pendidikan di lembaga tidak resmi.

Ikatan persaudaraan yang kuat membentuk pribadi penyayang, samah dan peka terhadap lingkungan. Kebiasaan bersosialisasi dengan orang bayak akan menjadikan individu tumbuh lebih percaya diri.

Contoh Familiar Di Kehidupan Masyarakat

Banyak dijumpai jenis pendidikan non formal di masyarakat sekarang ini. Masyarakat yang dituntut untuk selalu dinamis mengikuti perkembangan zaman di kehidupan sekarang. Menjadi lebih haus akan pengetahuan dan keterampilan tambahan.

Jenis-jenis pendidikan ini yang telah dikenal luas, diantaranya:

Kursus

Tentu semua telah familiar dengan istilah kurus atau les.program tambahan pendidikan selain di sekolah ini menjadi cukup terkenal. Kursus pada umumnya memberikan materi yang sifatnya pengembangan keterampilan.

Pengembangan di sini pun tidak hanya mewakili satu bidang saja, namun semua bidang pengembangan. Seperti bidang karya seni, banyak kursus yang ditawarkan dengan banyak pula macamnya seperti  musik, drama, menari dan melukis.

Bidang olahraga, dan kegiatan harian seperti mengemudi, menahit dan memasak. Semua itu adalah bagian dari pendidikan tidak formal.

Bimbingan Pelajar

Pendalaman materi selama di sekolah dapat dibantu melalui program bimbingan belajar program ini menjadikan setiap individu menjadi lebih paham, mengerti dan memiliki pengetahuan yangg lebih saat pengadaan kelas di luar jam pelajaran disekolahan.

Karena bimbingan belajar dapat memberikan pengetahuan yang lebuh dalam untuk sebuat metari pelajaran.

Madrasah

Lembaga pendidikan ini lebih dikaitkan dengan lembaga pendidikan keagamaan. Tidak hanya pendidikan berupa ilmu pengetahuan non religius saja. Pendidikan ini menjadi sarana tepat dalam melakukan pengembangan karakter.

Terciptanya generasi berahlak dan penuh kasih antar sesama menjadi tujuan nyata dari adanya lembaga madrasah. Ilmu yang lebih spesifik mengenai keagamaan menjadi pembeda kghusus dengan lembaga pendidikan lainnya.

Banyak hal dari pendidikan yang kita pahami sebagai bentuk aktualisasi diri yang menjadi hak bagi setiap nyawa. Maka mengikuti banyak kegiatan ekstra akan menjadikan sebuah point khusus  dalam pembentukan pribadi yang handal berpengetahuan luas dan berjiwa sosial yang besar.

There are currently no comments.