Pendidikan

Mengenal Perbedaan Fisik Orang Maluku dan Kalimantan


Maluku dan Kalimantan adalah dua pulau di Indonesia yang letaknya berjauhan. Hal ini berpengaruh terhadap kondisi alam, kebiasaan hidup hingga bentuk fisik manusia yang tinggal di dalamnya.

Penggolongan manusia berdasarkan ciri fisik dapat diketahui bahwa Kalimantan dan Maluku tergolong dalam ras berbeda. Yuk gali lebih dalam perbedaan keduanya dalam pembahasan berikut.

Sifat dan Bentuk Fisik Orang Maluku

1. Memiliki Senyuman Khas

Salah satu karakter orang Maluku adalah murah senyum. Walaupun tampangnya terlihat sangar, akan tetapi senyum yang dilontarkan sangat manis dan tulus.  

2. Tubuh Atletis

Postur tubuhnya lebih atletis dan tegap daripada suku yang lain di Indonesia. Tampak pada kerangka tulangnya yang besar dan kuat.

Hal ini didukung dengan keadaan alam di Maluku yang membuat masyarakat banyak melakukan aktivitas fisik. Misalnya berlayar dan berenang.

Wilayah Maluku termasuk ras melanesoid yang pada umumnya memiliki ciri-ciri seperti warna kulit gelap (hitam), badannya tinggi, memiliki jenis rambut ikal dan bentuk mukanya oval.

Lihat pula: Mengenal Pakaian Adat Maluku

3. Suara Tinggi

Saat berbincang-bincang dengan orang Maluku Anda akan mendengar seolah-olah sedang berteriak. Suaranya sangat nyaring dan khas serta umum digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari.

Bagi Anda yang belum tahu mungkin akan beranggapan sedang marah karena volumenya tinggi. Namun, faktanya tidak sedang marah.

4. Mempunyai Rasa Kasih Sayang yang Tinggi

Tingginya jiwa kekeluargaan yang dimiliki membuat orang Maluku tidak pernah pandang bulu dalam menyayangi seseorang.

Meskipun berasal dari daerah berbeda namun dianggap dekat, sehingga mudah sekali untuk orang Maluku menyayangi seseorang. Hal ini berlaku untuk semua orang, baik saudara, teman hingga saat menjalin hubungan asmara.

5. Sosok Pemberani

Keberanian masyarakat Maluku selalu ditunjukkan baik ketika sendiri atau bersama dengan kelompok. Apalagi jika sedang memperjuangkan kebenaran tentu akan mengeluarkan keberaniannya dengan totalitas.  

Bahkan, tidak sedikit pula yang sampai berani mempertaruhkan nyawanya. Contoh nyatanya terlihat pada diri pahlawan bangsa bernama Pattimura dan Thomas Matulessy.  

6. Mampu Mengendalikan Emosi

Biasanya untuk melampiaskan kemarahan akan mengeluarkan 2 kali ultimatum. Jika Anda berbuat kesalahan dengan orang Maluku biasanya akan mudah untuk dimaafkan. Akan tetapi, apabila Anda mengulangi kesalahan yang sama hingga 3 kali, maka orang Maluku baru marah.

7. Selera Humor Tinggi

Adat Orang Maluku
Adat Orang Maluku / IndonesiaKaya

Karakter yang satu ini sangat khas, sangat mudah bagi orang-orang di Maluku untuk merangkai kata-kata humor yang memecah tawa. Bahkan tiada hari yang terlewat begitu saja tanpa tertawa.

Karakter Fisik dan Sifat Orang Kalimantan

Orang-orang di Kalimantan tergolong dalam ras Malayan-Mongoloid. Ras ini terbagi menjadi dua, yaitu Deutro Melayu dan proto Melayu yang tersebar di beberapa pulau seperti Jawa, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, Bali dan Kalimantan.

Adapun ciri-cirinya adalah kulit berwarna sawo matang, tubuhnya sedang, tidak terlalu tinggi dan bentuk mukanya bulat.

Tubuhnya juga kuat karena orang Kalimantan terkenal bersifat pekerja keras dan tidak mengenal usia. Tentu sifat ini patut untuk dijadikan contoh dan panutan.

Tidak sedikit pula yang senang berbisnis atau berdagang dan mudah untuk dipercaya. Tipe orang-orangnya baik hati, ramah dan setia kawan.

Di Kalimantan terdapat suku yang sangat terkenal bernama Suku Dayak. Orang-orang di sana bersifat lemah lembut dan ramah.

Perbedaan antara orang Kalimantan dan Maluku tampak jelas dari fisiknya, yaitu muka, warna kulit hingga tinggi badan. Sebenarnya perbedaan tidak hanya terjadi pada fisik saja, melainkan rutinitas sehari-harinya juga berbeda karena salah satunya dipengaruhi oleh letak geografis.

Akademik
Contoh Cover Laporan Praktikum Akademik Standar PTN [DOC]
Pendidikan
Contoh Cerpen tentang Pandemi Corona Berhikmah (2 Halaman)
Pendidikan
6 Tempat Les Privat Recomended di Surabaya
There are currently no comments.