Pendidikan

Alasan Utama Perjuangan Kapitan Pattimura dan Sikap Kepahlawanannya


Indonesia dengan sejarah perjuangannya yang luar biasa menyimpan kisah pahlawan dengan berbagai latar belakang, yang sikapnya patut diteladani. Mulai dari Sabang hingga Merauke, tanah Indonesia berusaha dibebaskan dari tangan para kolonial yang datang sejak lama oleh para pahlawan.

Terlepas dari kisah perjuangannya dulu, sekarang siapapun patut mensyukuri karunia tuhan atas kemerdekaan yang diperjuangkan oleh banyak pihak. Salah satu pihak yang berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan dengan sikap kepahlawanannya adalah Kapitan Pattimura.

Profil Singkat Kapitan Pattimura

Pattimura atau lengkapnya Thomas Matulessy adalah seorang pahlawan kemerdekaan Indonesia yang berjuang di daerah Timur, tepatnya di Maluku. Kerja kerasnya bersama penduduk setempat terbukti dapat memukul tunduk para penjajah.

Lahir di kota yang sama tepatnya 8 Juni 1783, Pattimura dipercayai merupakan keturunan bangsawan. Perjuangannya tertera di berbagai literatur Indonesia bahkan beberapa berada di Belanda. 

Inti dan Nilai Perjuangan Pattimura

Pattimura memiliki sederet sikap kepahlawanan yang bisa diteladani. Sikap inilah yang bisa menuntun kita pada keberanian melawan segala serangan buruk yang berpotensi merusak Negara Kesatuan Indonesia. Berikut 4 sikap kepahlawanan Pattimura yang bisa diteladani:

Monumen Untuk Mengenang Perjuangan Kapitan Pattimura
Monumen Untuk Mengenang Perjuangan Kapitan Pattimura

1. Pantang Menyerah dan Kerja Keras

Sikap pertama yang dapat diteladani yakni pantang menyerah dan kerja keras. Tentunya pantang menyerah akan hal yang baik. Salah satu yang dilakukan oleh Pattimura yakni pantang menyerah melawan Belanda dan sekutunya.

Ini dilakukan semata mata untuk membebaskan tanah kelahiran yang diinjak oleh orang lain tanpa izin. Implementasi sikap pantang menyerah bisa dilakukan sendiri bergantung pada lingkungan tempat tinggal saat ini.

2. Memegang Teguh Komitmen Kerakyatan

Memiliki kedudukan jenderal tidak membuatnya sombong apalagi mementingkan diri sendiri. Pattimura memegang teguh komitmen kerakyatan, dimana semua dipandang sama dengan tonggak toleransi.

Keberagaman justru dipandang sebagai sumber kekuatan untuk bisa mengusir penjajah dari tanah kelahirannya. Komitmen berbasis kerakyatan perlu diteladani hingga kini mengingat Indonesia terdiri atas beragam suku.

3. Pemimpin yang Berani

Pattimura seorang pemimpin yang sangat berani. Ia tidak takut untuk maju di garda paling depan guna memimpin pasukannya menyerang para penjajah. Keberanian ini yang dilihat oleh pengikutnya dan mampu membangkitkan semangat juang orang banyak.

Sikap inilah yang bisa diadaptasi pada kehidupan berbangsa di masa kini. Bukan hanya berani menjadi seorang pemimpin yang baik tapi juga berani memimpin diri sendiri ke arah yang lebih baik.

Potret Pahlawan Nasonal Kapitan Pattimura
Potret Pahlawan Nasonal Kapitan Pattimura

4. Rela Berkorban

Rasa simpati perlu ditumbuhkan sejak dini. Rasanya hidup tanpa rasa simpati dan empati akan membuat hidup semakin buram. Inilah yang ditunjukan oleh pahlawan Pattimura, yaitu rela berkorban bagi orang banyak.

Tidak melihat latar belakang siapa yang dibelanya, Pattimura menyamaratakan semua orang untuk satu tujuan yang baik. Rela berkorban tentunya bisa jadi sikap kepahlawanan baik yang bisa diteladani dalam keseharian.

5. Penegak Keadilan

Sikap kepahlawanan terakhir yakni penegak keadilan. Melihat kondisi kini, banyak pihak yang rela menutup mata atas jomplangnya keadilan. Berbeda dengan Pattimura, seorang dengan kedudukan tinggi yang berani menegakan keadilan.

Penegak keadilan sangat dibutuhkan kini untuk menciptakan keadilan sosial yang hakiki. Sikap kepahlawanan ini seharusnya bisa terlihat dari para pemimpin saat ini. Tidak hanya pemimpin yang duduk di kursi tinggi, menegakan keadilan bisa dimulai dari diri sendiri.

Sikap kepahlawanan Pattimura perlu diteladani mulai sejak usia dini. Tidak menutup kemungkinan rasa nasionalisme yang tinggi akan negara dengan sikap kepahlawanan dapat mendorong kemajuan negara di mata dunia. Hal terkecil bisa dimulai dari diri sendiri, sekarang juga.

Pendidikan
Ini SIPLah Belanja Kemdikbud dan Cara Daftarnya
Pendidikan
Cara Cek NISN Secara Online 2020 [Panduan Lengkap]
Pendidikan
Mengenal Rumah Belajar Resmi Di Kemdikbud
There are currently no comments.